Sukses


Kisah Manchester United 10 Tahun Memburu Raphael Varane: Ferguson dan Mourinho Gagal, Sukses di Tangan Solskjaer

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, benar-benar girang ketika membicarakan keberhasilan menggaet Raphael Varane dari Real Madrid. Bukan hanya karena menemukan bek tangguh untuk menambal lubang di lini belakangnya, tapi karena perburuan Varane selama 10 tahun berujung happy ending

Manchester United sudah mencapai kesepakatan soal transfer Raphael Varane, nilainya 34 juta pounds (Rp684,9 miliar) dan bisa naik hingga 43 juta pounds (Rp866,8 miliar). Pemain asal Prancis itu tinggal menjalani tes medis dan meneken kontrak. 

"Dia terbukti seorang juaraa dan pemain yang kami ikuti selama bertahun-tahun. Saya tahu Sir Alex Ferguson sudah sangat-sangat dekat untuk merekrutnya dan kali ini kami mendapatkannya, pada akhir lain kariernya," kata Solskjaer, mengomentari kesepakatan yang tercapai untuk merekrut Varane, seperti dilansir The Telegraph, Kamis (29/7/2021).   

Sudah bukan rahasia lagi, Manchester United sudah bertahun-tahun mengincar Varane. Tapi, fans mungkin tak menyadari, Varane hampir gabung ke Old Trafford dalam beberapa kesempatan, bukan hanya sekali. 

Bukan hanya Ferguson yang coba memboyongnya, tapi juga Jose Mourinho ketika menjadi manajer Setan Merah. Keduanya terbukti gagal. 

Varane menunjukkan bakatnya ketika bermain di klub Prancis, Lens. Dia perlahan menjadi sorotan berkat tampilan mengesankan di sana. 

Varane mencatatkan penampilan di tim senior Lens pada 2010. Saat itu, ia berusia 17 tahun. Dia mendapat promosi dari tim junior untuk mengisi lubang karena badai cedera di lini belakang.  Saat musim itu berakhir, beberapa klub ternama Eropa sudah mencium bakatnya, termasuk Manchester United

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 3 halaman

Ferguson Langsung ke Prancis, tapi Dipecundangi Zidane

Sir Alex Ferguson dan Manchester United sangat ingin memboyong Varane. Ferguson saat itu langsung pergi ke Prancis untuk mencoba membujuk sang youngster.

Tetapi, taktik Ferguson kalah dari Zinedine Zidane yang menangani Real Madrid. Dia berhasil membujuk Varane hijrah ke Prancis setelah mengajaknya tur melihat fasilitas Los Blancos.  

Dalam bukunya yang terbit pada 2015, Leading, Ferguson menulis: "Saya naik kereta dari Euston ke Lille untuk mengontrak bek muda Prancis Raphael Varane." 

“David Gill sudah masuk ke poin lanjut kontrak dengan Lens, ketika Zinedine Zidane mengetahui hal ini dan entah bagaimana membawanya ke Real Madrid di depan hidung kami," imbuh Ferguson, seperti dilansir Daily Star

Varane gabung Real Madrid dan berhasil masuk tim utama. Tapi, debutnya di tim senior mungkin tidak akan datang cepat jika bukan karena Jose Mourinho.

Mourinho memberikan Varane debutnya di Los Blancos dan memercayainya dalam pertandingan besar, seperti duel Liga Champions dengan Manchester City di musim keduanya di Spanyol.

"Varane adalah bek tengah terbaik di dunia. Dia masih muda, tapi saya pikir dia yang terbaik. Sudah, ya. Saya pikir dia bek terbaik," komentar Mourinho satu tahun setelah meninggalkan Real Madrid.

 

3 dari 3 halaman

Jose Mourinho Juga Gagal

Jadi, tak  heran The Special One mencoba mengontrak Varane ketika dia menjadi manajer Manchester United. Pada 2017, Mourinho berniat memperkuat lini belakang. Tawaran pun diluncurkan ke Varane. Tetapi, lagi-lagi pemain Prancis itu menolak pindah ke Old Trafford. 

“Sungguh tersanjung mendengar ketertarikan United. Mourinho adalah orang yang membuat saya datang ke Real Madrid dan mereka adalah klub hebat,” kata Varane kepada Canal Plus pada 2017.

“Tetapi saat ini klub [Madrid] dan saya selaras dan saya tidak memiliki pertanyaan untuk ditanyakan. Saya selalu mengatakan merasa baik di Madrid. Tidak mudah untuk mengatakan tidak kepada Jose Mourinho, tetapi Anda harus mempertimbangkannya. Pro dan kontra."

Manchester United ternyata tidak patah arah. Empat tahun berselang mereka kembali mencoba mendekati Varane. Kali ini, kendali tim ada di tangan Solskjaer. 

Raphael Varane kini sudah berusia 28 tahun. Usia yang matang, dan telah makan asam garam di Real Madris selama satu dekade. 

MU butuh partner ideal untuk mendampingi Harry Maguire di posisi bek tengah. Kali ini, MU tak bertepuk sebelah tangan. 

Kontrak Varane di Real Madrid tinggal tersisa setahun. Kedua pihak mulai tak sejalan. Permintaan gaji yang diminta Madrid tak direspons positif oleh El Real. 

Raphael Varane akhirnya tergoda oleh tawaran Manchester United. Apalagi, ini menjadi tawaran ketiga dari Setan Merah, yang masih gigih maju meski sudah dua kali ditolak. 

Kepindahan Raphael Varane diiringi harapan tinggi dari Manchester United, termasuk Solskjaer yang berhasil mewujudkan mimpi lama Ferguson. 

Yang jadi pertanyaan, apakah penantian Manchester United selama sekitar satu dekade atas kedatangan Varane benar-benar bernilai? Hanya waktu yang bisa menjawabnya.   

Sumber: Telegraph, Daily Star 

Video Populer

Foto Populer