Sukses


5 Pelatih Terhebat di Sejarah Liga Inggris Versi Neil Warnock: Ferguson Posisi Keempat, Kalah dari Jurgen Klopp

Bola.com, Jakarta - Mantan beberapa klub Liga Inggris dan pundit sepak bola, Neil Warnock, membuat daftar lima pelatih terhebat dalam sejarah Premier League. Di luar dugaan, Jurgen Klopp menempati posisi lebih baik dibanding manajer legendaris Manchester United, Sir Alex Ferguson. 

Sir Alex Ferguson pensiun dari jabatannya di Manchester United pada 2013 setelah 26 tahun mencatatkan karier gemilang di Old Trafford.

Pria asal Skotlandia itu mengoleksi 38 trofi, 13 di antaranya gelar Liga Inggris. Setan Merah juga mendulang lima trofi Piala FA dan dua gelar Liga Champions. 

Namun, Warnock hanya menempatkan Ferguson di peringkat keempat daftar manajer terbaik dalam sejarah Premier League.  Menurutnya, Arsene Wenger lebih layak menempati posisi teratas dalam daftar tersebut.  Apa alasannya? 

Berikut ini daftar lima pelatih terbaik dalam sejarah Liga Inggris ala Warnock, seperti dikutip dari Sportbible.  

 

2 dari 6 halaman

5. Jose Mourinho

Posisi kelima dalam daftar ala Warnock ini ditempati Jose Mourinho, yang pernah mengarsiteki Chelsea dalam dua periode, Manchester United, dan Tottenham Hotspur. 

Warnock mengagumi Mourinho karena ahli mengani media di masa-masa paling sulit. 

"Apa yang saya suka tentang dia adalah caranya berurusan dengan media pada saat-saat yang paling sulit, tapi saya akan tetap menempatkan dia di nomor lima," kata Warnock. 

 

3 dari 6 halaman

4. Sir Alex Ferguson

Seperti dijelaskan di atas, Warnock menempatkan Ferguson di urutan keempat. Dia mengalahkan Mourinho hanya karena faktor lebih lama masa kerjanya. 

"Keempat, saya mungkin akan memilih Sir Alex [Ferguson] tepat di depan Jose Mourinho karena dia sudah melakukannya lebih lama," ujar Wanock. 

"Saya hanya berpikir dia berada di era semua tentang manajemen manusia - itu tidak tergantung pada semua staf di belakang layar- dan Sir Alex mungkin yang terbaik dalam hal itu."

 

4 dari 6 halaman

3. Jurgen Klopp

Warnock menempatkan Jurgen Klopp di posisi ketiga daftar ini. Apa alasannya? 

Klopp dipuji atas pengaruhnya di Liverpool saat The Reds merebut gelar Premier League dan trofi Liga Champions sejak kedatangannya di Anfield pada 2015.

Warnock dengan berani menyatakan pelatih Jerman berusia 54 tahun itu memiliki masa depan 10 tahun lagi di Premier League. Dia bahkan bisa melampaui Wenger ke posisi teratas di masa depan.

“Saya akan menempatkan Klopp di urutan ketiga karena saya pikir dia baru memulai dan dia akan menjadi lebih baik lagi,” katanya.

"Tapi pandangannya dan semua yang telah dia lakukan di klub dan masa depan pemain - saya pikir dia punya 10 tahun lagi ke depan." 

"Jadi saya pikir dia berada di urutan ketiga saat ini, tetapi bisa dengan mudah menjadi nomor satu dalam beberapa tahun ke depan," sambung Warnock. 

 

5 dari 6 halaman

2. Pep Guardiola

Warnock mengklaim pelatih Manchester City saat ini, Pep Guardiola, menempati urutan kedua dalam daftarnya, dengan mengatakan pengaruhnya di Premier League fantastis. 

"Saya melihat timnya secara langsung tahun lalu dan saya belum pernah melihat tim dengan pergerakan seperti itu," kata mantan pelatih Leeds United dan Queens Park Ranger itu. 

“David Silva adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat di Premier :eague dan saya pikir Pep baru saja mengambil semuanya. Dia sudah beberapa tahun di sini, tapi saya pikir dia luar biasa.

"Pengaruhnya di liga-liga bawah juga sangat fantastis, jadi saya menempatkan Pep di urutan kedua," imbuhnya. 

 

 

 

 

6 dari 6 halaman

1. Arsene Wenger

Peringkat nomor satu pada daftar ini ditempati manajer legendaris Arsenal, Arsene Wenger. Apa alasannya? 

"Saya akan memilih Arsene Wenger sebagai nomor satu karena dia mengubah keseluruhan wajah sepak bola modern," kata Warnock.  

"Dia membaa semua hal yang tak terpikirkan. Ahli gizi, ahli kebugaran, video, teknologi. Dia mengubah seluruh hal ketika datang ke Premier League," terangnya. 

Sumber: Sportbible

Video Populer

Foto Populer