Sukses


4 Debutan Termuda Premier League Sebelum Ethan Nwaneri: Kini Cemerlang atau Tenggelam?

Bola.com, Jakarta - Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri, baru saja mencatatkan rekor sebagai pemain termuda sepanjang sejarah Premier League saat menjalani debutnya bersama The Gunners. Ethan Nwaneri mencatatkan debutnya di Premier League pada usia 15 tahun 181 hari.

Ethan Nwaneri menjalankan debutnya di Premier League ketika Arsenal melakoni laga kontra Brentford pada pekan kedelapan. Saat itu Nwaneri masuk menggantikan Fabio Vieira pada masa injury time babak kedua.

Dalam laga tersebut, Arsenal mampu menaklukkan Brentford dengan skor telak 3-0. Kemenangan itu juga menjadi kado tambahan untuk rekor debutan Nwaneri di Premier League.

Rekor Ethan Nwaneri juga mengalahkan rekor pemain sebelumnya yang dipegang oleh pemain Liverpool, Harvey Elliott, yang mencatatkan rekor itu saat masih berseragam Fulham.

Berikut empat pemain debutan yang berstatus termuda di Premier League:

2 dari 6 halaman

Aaron Lennon

Mantan penyerang Timnas Inggris, Aaron Lennon, masuk dalam lima besar debutan termuda Premier League. Lennon melakukan debutnya di Premier League pada usia 16 tahun 4 bulan dan 7 hari.

Lennon melakukan debutnya bersama Leeds United di Premier League pada musim 2003/2004. Ketika itu Leeds United bertamu ke markas Tottenham Hotspur pada pekan kedua Premier League.

Lennon masuk menggantikan Mark Viduka pada menit ke-77. Namun, Lennon harus rela debutnya di Premier League diakhiri dengan kekalahan 1-2 dari Spurs.

Dua musim setelah itu, Lennon justru bergabung bersama Spurs. Ia juga pernah menjadi pemain Everton dan Burnley hingga akhirnya kehabisan kontrak pada musim ini.

3 dari 6 halaman

Izzy Brown

Izzy Brown menduduki posisi empat debutan termuda di Premier League. Pemain kelahiran Peterborough ini melakukan debut pada usia 16 tahun, 3 bulan, dan 27 hari.

Brown menjalankan debutnya bersama West Bromwich Albion. Brown diturunkan pada menit ke-86 saat West Brom menyerah 2-3 dari Wigan Athletic.

Setelah melakukan debutnya, karier Brown cukup mengambang dengan sering berpindah-pindah tim, seperti Chelsea dan Leeds United tercatat pernah dibela Brown.

Saat ini, Brown yang masih berusia 25 tahun berstatus bebas transfer. Sebelumnya Brown bermain bagi tim Championship, Preston North End, selama satu musim.

4 dari 6 halaman

Matthew Briggs

Pemain berkebangsaan Guyana, Matthew Briggs, menjadi debutan termuda ketiga di Premier League. Briggs memainkan laga perdananya di Premier League pada usia 16 tahun, 2 bulan, dan 7 hari.

Briggs melakukan debutnya bersama Fulham pada musim 2007/2008. Saat itu, Briggs masuk pada menit ke-77 menggantikan Moritz Volz.

Namun, karier sepak bola Briggs justru menurun setelah melakukan debutnya di Premier League. Briggs lalu lalang di Championship hingga sempat beberapa kali tidak memiliki klub untuk bermain.

Briggs yang saat ini berusia 31 tahun tercatat bermain bagi Gasport Borough.

 
5 dari 6 halaman

Harvey Elliott

Turunnya Ethan Nwaneri saat laga Arsenal melawan Brentford memecahkan rekor debutan termuda milik Harvey Elliott. Pemain Liverpool ini sudah tiga musim memegang gelar debutan termuda Premier League.

Elliott melakukan debut pada musim 2019/2020 saat masih berseragam Fulham. Elliott memainkan laga perdananya di Premier League pada usia 16 tahun, 1 bulan.

Karier sepak bola Elliott jauh lebih baik dibandingkan debutan sebelumnya. Setelah bermain bersama Fulham, Elliott direkrut Liverpool pada musim 2019/2020.

Elliott saat ini sudah memainkan 29 laga bersama Liverpool. Badai cedera yang menerpa Liverpool pada musim ini menjadi ajang untuk Elliott unjuk gigi.

Sumber: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Ahmad Daerobby/Asad Arifin, published 20/9/2022)

6 dari 6 halaman

Persaingan di Premier League Saat Ini

Video Populer

Foto Populer