Sukses


5 Kejadian Menarik Saat Tes Pramusim MotoGP 2016 di Sepang

Bola.com, Sepang - Tes Pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, telah berakhir, Rabu (3/1/2016). Beberapa kejadian menarik tersaji sepanjang tes yang dimulai pada 1 Februari hingga 3 Februari 2016.

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, tampil perkasa pada tes kali ini. X-Fuera itu selalu mencatatkan waktu lap tercepat ketimbang dua pesaing beratnya, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Itu bukan satu-satunya kejadian menarik pada tes resmi pramusim pertama pada 2016 ini. Beberapa insiden mewarnai tes kali ini.

Berikut 5 kejadian menarik yang terjadi pada tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia:

Rossi Kembali Adu Cepat dengan Stoner

Sebelum tes pramusim MotoGP 2016 dimulai, Ducati mengumumkan hal mengejutkan. Casey Stoner diberi kesempatan untuk menjajal Desmosedici GP16 pada tes hari kedua dan ketiga.

Padahal, Stoner sebelumnya hanya dijadwalkan menjajal motor Desmosedici GP15 pada 30-31 Januari 2016, di luar tes resmi MotoGP.

Keputusan Ducati ini memicu hal yang menarik. Untuk kali pertama sejak pensiun dari MotoGP pada 2012, Stoner berada satu lintasan dengan rivalnya, Valentino Rossi.

Seperti yang bisa diprediksi, Stoner tak mampu menyaingi kecepatan Rossi. Dalam dua tes yang dilakoni, catatan waktu lap The Doctor selalu lebih unggul ketimbang pebalap asal Australia tersebut.

Sayangnya, kedua pebalap veteran itu tak akan bersaing dalam suatu balapan resmi MotoGP. Stoner mengaku tak berniat untuk turun sebagai pebalap.

"Saya tak punya niatan untuk membalap. Senang rasanya bisa kembali ke trek bersama Ducati, terutama dalam upaya memperoleh data. Tetapi saya rasa akan tetap menikmati balapan di sisi lintasan dan menontonnya, ketimbang terlibat di dalamnya," tegas Stoner seperti dikutip Sport Fan, Rabu (3/2/2016)

2 dari 3 halaman

2

Kecelakaan Parah Loris Baz

Hari kedua tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang diwarnai kecelakaan yang menimpa pebalap Avintia Ducati, Loris Baz. Beruntung, pebalap asal Prancis tersebut tidak mengalami cedera parah.

Seorang reporter AFP yang menjadi saksi insiden tersebut mengatakan ban belakang motor Baz meledak, sebelum sang rider turun dari motornya. Peristiwa ini menjadi kado pahit Baz yang baru saja merayakan ulang tahun ke-23 pada 1 Februari 2016.

Insiden yang dialami Baz membuat ban Michelin kembali mendapat sorotan tajam. Banyak pihak yang meragukan hasil produksi pabrikan yang jadi pemasok tunggal ban baru di MotoGP 2016 tersebut.

Perkasanya Lorenzo atas Rossi dan Marquez

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, begitu mendominasi tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 1-3 Februari.

Pada tiga hari tes, hanya satu kali Lorenzo gagal menjadi yang tercepat. Itu terjadi pada hari kedua, Selasa (2/2/2016), di mana Lorenzo menempati posisi ketiga.

Hasil ini memperlihatkan betapa perkasanya Lorenzo saat ini. Valentino Rossi dan Marc Marquez yang jadi pesaing pada balapan MotoGP 2016 telah diberi sinyal untuk waspada.

"Ini baru dua hari, baru di Sepang. Kami harus melihat apa yang pada tes di Phillip Island dan Qatar. Tetapi kesimpulan dari dua hari terakhir, saya merasa lebih baik ketimbang tahun lalu," kata Lorenzo seperti dikutip Crash, Rabu (3/2/2016).

"Saya belum tahu apakah akan terus merasa demikian, tapi untuk saat ini saya merasa lebih baik dengan ban Michelin dibandingkan dengan Bridgestone," tambahnya.

3 dari 3 halaman

3

Kejutan Danilo Petrucci

Pebalap Octo Pramac, Danilo Petrucci, membuat kejutan pada hari kedua tes pramusim MotoGP 2016 di Sirkuit Sepang, Malaysia. Petrucci menjadi pebalap tercepat pada tes tersebut.

Menggeber motor Desmosedici GP15, Petrucci mencatatkan waktu terbaik 2 menit 0,095 detik. Dia mengungguli pebalap hebat seperti Jorge Lorenzo (posisi ketiga), Marc Marquez (posisi keempat), Dani Pedrosa (posisi kedelapan), dan Valentino Rossi (posisi kesembilan).

"Saya senang dengan hasil ini. Kami cepat. Sangat senang bisa menciptakan waktu lap tercepat meskipun jelas belum sepenuhnya representatif," kata Petrucci seperti dikutip Crash.

"Peningkatan? Ya, dibandingkan dengan hari Senin, kami telah membuat suatu kemajuan. Keyakinan terhadap motor dan ban, tumbuh. Begitu juga dengan sistem elektronika," tambah pebalap asal Italia tersebut.

Marquez Dapat Kado Spesial dari Fan Indonesia

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mendapat kejutan saat menjalani hari pertama tes pramusim MotoGP di Sepang, Malaysia, Senin (1/2/2016). Marquez mendapatkan kado spesial dari fan setianya.

Penggemar tersebut adalah Sasha Pratista, warga negara Indonesia yang tengah bekerja di Malaysia. Kepada Bola.com, Sasha mengaku memberikan kado berupa pajangan plat motor untuk pebalap idolanya itu.

Plat itu bertuliskan "Marquez93" dilengkapi tanggal lahir sang pebalap "021793". Kado ini diberikan dara berusia 23 tahun tersebut sebagai hadiah untuk Marquez yang berulang tahun pada 17 Februari 2016.

Tak hanya plat, Sasha juga memberikan kado spesial lainnya, yitu sebuah kecupan di pipi pebalap asal Spanyol itu. Hadiah yang disambut hangat oleh Marquez.

Video Populer

Foto Populer