Sukses


Marquez Bisa Juara karena Belajar dari Rossi

Bola.com, Motegi - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengakui ada peran Valentino Rossi di balik keberhasilannya merebut titel MotoGP 2016.

Marquez sempat kesulitan beradaptasi dengan ban depan Michelin pada awal musim. Si Bayi Alien baru bisa memahami ban depan Michelin usai belajar dari Rossi pada seri ketujuh di Catalunya.

Dalam balapan di Circuit de Catalunya, Montmelo, Marquez membuntuti Rossi yang jadi juara hampir sepanjang lomba. Selama berada di belakang Rossi, Marquez ternyata memerhatikan cara Rossi mengendalikan ban depan Michelin.

"Sangat sulit memahami ban depan Michelin karena rasanya selalu berbeda pada setiap balapan. Saya baru mengerti setelah balapan di Montmelo," kata Marquez seperti dikutip dari Crash.

"Di Montmelo, untuk pertama kalinya saya membuntuti Valentino hampir sepanjang lomba. Kebetulan dia tahu banyak soal ban Michelin karena pernah memakai ban tersebut cukup lama. Saya melihat beberapa hal selama di belakang Valentino dan dari situlah saya mulai bisa memahami ban Michelin," ujar Marquez.

Setelah memahami ban Michelin, performa Marquez terus membaik. Apalagi Honda juga semakin dominan pada paruh kedua musim karena sudah mampu memaksimalkan elektronik motor.

"Sejak balapan di Brno, akselerasi motor kami membaik. Salah satu hal yang cukup membantu adalah pemasangan winglet besar di motor yang terbukti mampu mengurangi wheelie," kata Marquez.

Marc Marquez menyegel titel MotoGP 2016 pada akhir pekan lalu setelah jadi juara di Motegi, sedangkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo crash out. Keunggulan 77 poin Marquez atas Rossi tak mungkin bisa dikejar lagi pada tiga seri tersisa.

Video Populer

Foto Populer