Sukses


Valentino Rossi Ungkap Detail Cerita Dirinya Nyaris Banting Setir ke F1: Ditawari Gabung Minardi, Lalu ke Ferrari

Bola.com, Jakarta - Bukan sebuah rahasia, di era jayanya, Valentino Rossi sempat ditawari banting setir dari MotoGP ke ajang Formula 1 (F1). 

Namun berbicara melalui podcast Gianluca Gazzoli, Valentino Rossi menceritakan lebih detail bahwa dirinya sempat mendapat tawaran gabung Minardi sebelum mentas bersama Ferrari di ajang F1. 

Valentino Rossi mengisahkan tawaran untuk gabung Minardi, yang kala itu berstatus tim B dari Ferrari datang pada tahun 2004.

"Memang benar, pada tahun 2004 ketika saya juara dunia bersama Yamaha, Stefano Domenicali (Prinsipal Ferrari saat itu) menelepon saya dan dia berkata 'Saya harus membuat Anda mencoba mobil F1'," kata Valentino Rossi.

"Kami pergi ke Fiorano untuk menguji mobil tersebut. Saya cukup cepat dan mencatat waktu kurang dari satu menit - 59,1 detik." 

“Saya ingat para mekanik bertaruh apakah saya akan melakukan lap di atas atau di bawah satu menit dan, pada akhirnya, saya berhasil," lanjutnya. 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Tawaran Gabung Minardi

Nah usai tes di Fiorano, menurut Valentino Rossi, dirinya kembali terlibat pada tes F1 bersama Ferrari di Mugello dan Valencia. 

Usai kedua tes inilah, dirinya ditawarkan gabung Minardi. Jika kompetitif bersama Minardi, musim berikutnya, ia akan mendapat kursi di Ferrari yang kala itu tim sangat menakutkan bersama Michael Schumacher. 

"Kemudian setelah tes di Fiorano, saya pergi ke Mugello. Saya juga melakukan tes nyata di Valencia," kisah Valentino Rossi. 

"Dan di sana saya harus memilih. Jika saya menjawab ya, saya akan balapan dengan Minardi, tim B. Jika saya melaju cukup cepat, tujuan dan jalurnya adalah balapan dengan Ferrari," tambahnya. 

3 dari 3 halaman

Alasan Rossi Ogah ke F1

Pada akhirnya semua tahu, sampai memutuskan pensiun di ajang MotoGP, Valentino Rossi sama sekali tidak pernah banting setir ke F1. 

Namun The Doctor-julukannya membeberkan alasannya menolak opsi ke F1 pada tahun 2004 silam. Menurutnya ia saat itu masih ingin merasakan lebih banyak kemenangan di ajang MotoGP. 

"Kala itu saya masih berusia 27 tahun dan saya belum merasa ingin melakukan lompatan ke F1," kata Rossi. 

"Karena saya tahu saya bisa memenangkan beberapa gelar lagi dan mendapatkan kepuasan dari balap motor. Bagi saya balap motor selalu menjadi yang terbaik," tambahnya.

Sumber: Crash 

Video Populer

Foto Populer