Sukses


3 Bintang Filipina yang Siap Tebar Ancaman kepada Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam matchday terakhir Grup B Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (25/11/2018).

Skuat Garuda dipastikan gagal melaju ke semifinal karena berada di peringkat keempat Grup B dengan nilai tiga. Mereka terpaut empat poin dari Filipina dan Thailand, yang masing-masing menghuni urutan kedua dan pertama.

Meski bukan pertandingan yang menentukan, Timnas Indonesia bertekad meraih kemenangan. Laga pun disinyalir bakal berlangsung dengan tensi tinggi dan juga atraktif.

Akan tetapi, skuat Garuda diprediksi bakal sulit mewujudkan ambisi tersebut. Saat ini Filipina sedang dalam performa apik. Dari tiga laga Piala AFF 2018, mereka tidak terkalahkan dengan rincian dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Materi skuat mumpuni menjadi satu di antara faktor yang membuat Filipina tampil gemilang. Banyaknya pemain berdarah Eropa membuat performa The Azkals kian atraktif, serta didukung ramuan taktik mumpuni dari Sven-Goran Eriksson.

Setidaknya, Filipina memiliki tiga pemain yang siap menebar ancaman kepada Timnas Indonesia. Siapa sajakah mereka? Berikut ini adalah ulasannya.

Sajian liputan eksklusif Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 bisa pembaca nikmati dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Martin Steuble

Martin Steuble merupakan pemain langganan memperkuat timnas Filipina. Sejak debut pada 2014, sosok 33 tahun itu sudah melakoni 36 pertandingan plus torehan tiga gol di berbagai kompetisi.

Pemain keturunan Swiss itu kerap mendapat kepercayaan karena piawai tampil di berbagai tempat. Dia tercatat bisa bermain di empat posisi, antara lain gelandang serang, tengah, bertahan, maupun bek sayap kiri.

Kemampuan yang dimiliki Steuble tak ayal membuatnya tetap diandalkan pada era Eriksson. Timnas Indonesia lantas wajib mewaspadai sosok ini agar terhindari dari kemungkinan terburuk saat pertandingan.

 

3 dari 4 halaman

Alvaro Silva

Filipina memiliki bek sarat pengalaman yang tampil di Piala AFF 2018. Dia adalah Alvaro Silva. Usianya memang sudah tidak lagi muda, mengingat telah menginjak 34 tahun.

Meski begitu, Alvaro merupakan pemain jebolan akademi klub Spanyol, yakni Malaga. Dia pun sempat tampil bersama skuat utama Filipina dalam 46 pertandingan di berbagai kompetisi.

Pengalamanan serta kemampuan Alvaro dalam mengawal lini pertahanan Filipina tentunya tidak dapat diragukan. Performa apiknya pun mendapat apresiasi dari Eriksson.

"Silva bek fantastis. Menurut saya, dia bisa bermain di semua level. Silva memiliki kecerdasan. Selain itu, tandukannya juga mematikan di depan gawang. Untuk ukuran pemain bertahan, Silva memiliki kecepatan mumpuni. Dia sosok yang sangat penting bagi kami," kata Eriksson, dikutip dari Fox Sports Asia.

 

4 dari 4 halaman

Phil Younghusband

Siapa yang tidak mengenal Phil Younghusband. Bomber 31 tahun itu merupakan pemain jebolan akademi Chelsea. Dia merupakan andalan sejak menjalani debut bersama Filipina pada 2006.

Tercatat sudah 101 pertandingan dilaluinya di berbagai kompetisi. Torehan 52 gol pun disumbangkannya untuk The Azkals. Performa apik membuat Phil kembali dipercaya memimpin rekan-rekannya di Piala AFF 2018. 

Dalam dua pertandingan Piala AFF 2018, Phil juga telah menyumbang satu gol untuk negara-nya. Timnas Indonesia, khususnya lini pertahanan, wajib menaruh perhatian ekstra kepada penyerang sarat pengalaman ini demi meraih hasil maksimal.

 

Video Populer

Foto Populer