Sukses


    Fakta Menarik Singapura Vs Timnas Indonesia dalam Angka, Jelang Semifinal Piala AFF 2020: Modal Besar untuk Kejutkan Tuan Rumah

    Bola.com, Jakarta - Semifinal Piala AFF 2020 mempertemukan antara Singapura kontra Timnas Indonesia. Untuk leg pertama akan dihelat di National Stadium, Kallang, Rabu (22/12/2021) malam WIB.

    Pertemuan kedua tim jelas bukanlah laga biasa, meski bertajuk semifinal dan menentukan langkah ke partai puncak. Singapura dan Timnas Indonesia adalah dua kekuatan besar di Asia Tenggara dan bakal menyajikan duel sengit.

    Pertemuan paling menjadi memori yang sulit dilupakan adalah saat partai final pada Piala AFF edisi 2004. Tim Merah-putih dipaksa menyerah dua kali oleh Singapura baik dalam laga kandang maupun tandang dan kalah agregat 2-5.

    Menjelang duel di edisi 2020 ini, Singapura adalah tim yang berstatus tuan rumah dan menempati grup A pada babak penyisihan. Namun tim besutan Tatsuma Yoshida hanya mampu menjadi runner-up di bawah Thailand.

    Adapun Timnas Indonesia justru berhasil menjadi juara grup B dengan nilai 10, meski memiliki nilai yang sama dengan Vietnam sebagai pesaingnya. Namun pasukan Shin Tae-yong unggul dalam produktivitas gol.

    Cukup menarik untuk disimak adalah fakta unik dalam angka yang membalut duel antara Singapura kontra Timnas Indonesia. Yuk scroll ke bawah untuk melihat fakta menarik sajian dari Bola.com di bawah ini:

     

    2 dari 6 halaman

    4

    Singapura dan Timnas Indonesia punya catatan pertemuan dengan hasil yang tidak berimbang dalam enam perjumpaan terakhir. Hasilnya, Singapura sudah meraih empat kali, ketimbang Indonesia baru baru mengalahkan dua kali.

    Sejak tahun 2007, Singapura empat kali mengatasi Indonesia dengan skor 1-0, 2-0, 3-1, dan 1-0. Sedangkan Timnas Indonesia baru menang dua kali atas Singapura sejak tahun 2007. Masing-masing 1-0 dan 2-1.

    Kemudian angka 4 juga merupakan jumlah trofi Piala AFF yang sudah diraih Singapura, bahkan sejak masih bernama Piala Tiger. Sedangkan Indonesia menjadi tim dengan jumlah peraih runner-up terbanyak yaitu 5 kali dan belum meraih satu kali pun juara.

    3 dari 6 halaman

    13

    Timnas Indonesia boleh bangga menjelang pertemuan melawan Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Pasukan Shin Tae-yong lebih gacor dalam urusan mencetak gol ketimbang Singapura.

    Timnas Indonesia tercatat sudah mencetak 13 gol dalam empat pertandingan di babak penyisihan grup meski kebobolan empat gol. Artinya, Ezra Walian dkk memiliki rata-rata 3,25 gol di setiap pertandingannya.

    Jumlah itu jauh melebihi Singapura sebagai tuan rumah yang hanya mengoleksi tujuh gol di empat laga. Gawang mereka juga sudah kebobolan tiga gol. Catatan ini akan menjadi modal berharga bagi tim Merah-putih.

    4 dari 6 halaman

    3

    Adalah jumlah gol yang sudah ditorehkan Irfan Jaya, gelandang sayap andalan Timnas Indonesia sekaligus menjadi pencetak gol terbanyak skuad Garuda saat ini.

    Pemain PSS Sleman itu mencetak satu gol ke gawang Laos dan dua lainnya adalah saat Timnas Indonesia menang telak 4-1 atas Malaysia di laga terakhir penyisihan grup B.

    Irfan Jaya memborong dua gol ke gawang Malaysia dan sekaligus memastikan tiket lolos ke semifinal bagi Timnas Indonesia. Adapun Singapura memiliki Ikhsan Fandi sebagai pencetak gol terbanyak mereka saat ini dengan dua gol.

    5 dari 6 halaman

    2

    Jumlah ini merupakan assist terbanyak yang sudah dicatatkan oleh para pemain kedua tim. Timnas Indonesia memiliki Pratama Arhan, Evan Dimas, Irfan Jaya, dan Witan Sulaeman yang sudah mengoleksi dua assist.

    Adapun Singapura menempatkan dua pemainnya yang juga memiliki dua assist, yaitu Safuwan Burhanudin dan Shahdan Sulaeman. Tentu akan menjadi pertarungan menarik bagi para pemain kedua tim di atas lapangan nanti.

    6 dari 6 halaman

    19

    Baik Singapura dan Timnas Indonesia sama-sama memiliki pemain berusia paling muda 19 tahun. Ilhan Fandi adalah pemain termuda di Singapura dengan usia 19 tahun, sedangkan Indonesia menempatkan nama Elkan Baggott.

    Untuk pemain tertua kedua tim, Singapura memiliki Hasan Sunny, penjaga gawang yang berusia 36 tahun. Sementara Timnas Indonesia menempatkan sosok Victor Igbonefo sebagai pemain paling tua dengan usia 37 tahun.

    Video Populer

    Foto Populer