Sukses


    Piala AFF 2020: Peran Vital Nadeo Argawinata di Bawah Mistar Gawang Timnas Indonesia, Siap Hadapi Adu Penalti?

    Bola.com, Jakarta - Nadeo Argawinata menjadi pilihan utama Shin Tae-yong untuk mengawal gawang Timnas Indonesia dalam tiga laga terakhir di Piala AFF 2020. Pertandingan itu dihadapi melawan Vietnam dan Malaysia pada babak penyisihan Grup B, serta semifinal leg pertama menghadapi Malaysia.

    Dalam tiga laga itu, terlihat peran vital dari Nadeo. Setidaknya, Timnas Indonesia tidak terkalahkan karena bermain imbang 0-0 dengan Vietnam, menang 4-1 atas Malaysia, dan seri 1-1 saat bersua Singapura.

    Diprediksi, peran vital Nadeo akan kembali terlihat pada laga leg kedua babak semifinal menghadapi Singapura. Pertandingan dijadwalkan berlangsung Sabtu (25/12/2021), di National Stadium, Singapura.

    Prediksi tersebut berdasarkan statistik dalam tiga pertandingan yang dijalani Nadeo. Statistik yang dihimpun dari laman Lapang Bola, membuat Nadeo Argawinata besar kemungkinan kembali mendapat kepercayaan Shin Tae-yong.

    Berikut sajian ulasan peran vital kiper Bali United itu dalam tiga partai sebelumnya. Hal ini buat acuan memprediksi bagaimana kontribusi Nadeo pada leg kedua nanti.

     

    2 dari 4 halaman

    Kontra Vietnam

    Awalnya, Nadeo turun di pertandingan ini sebagai kiper cadangan. Dalam Daftar Susunan Pemain (DSP), tertera nama Ernando Ari Sutaryadi yang menjadi starter.

    Namun saat pemanasan, Ernando mengalami cedera. Oleh karena itu, Nadeo langsung dimasukkan sebagai kiper utama dalam pertandingan yang berlangsung di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12).

    Hasilnya lumayan, Timnas Indonesia mampu menahan gempuran Vietnam dan bermain imbang 0-0. Nadeo mencatat succesful passes 23 kali dan penyelamatan langsung satu kali. Rating yang diberikan 6.56.

    Kontra Malaysia

    Kali ini, Nadeo tampil sebagai kiper utama setelah melihat performa apiknya ketika menghadapi Vietnam. Ia memang kebobolan lewat tembakan jarak jauh dalam pertandingan yang digelar di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12) ini.

    Tapi setelah itu, kiper berusia 24 tahun ini berhasil bangkit dan mengamankan gawang Timnas Indonesia dari serbuan para pemain Malaysia. Hasilnya, skuad Garuda mampu berbalik menang 4-1.

    Lapang Bola memberikan rating buat mantan kiper Borneo FC ini dengan angka 6.18. Nadeo membukukan penyelamatan dua kali, dan successful passes 14 kali.

    3 dari 4 halaman

    Kontra Singapura

    Nadeo kembali kebobolan. Namun bukan murni kesalahannya karena ia sudah berusaha menutup ruang gerak Ikhsan Fandi yang lolos dari penjagaan pemain belakang.

    Kebobolan satu gol itu juga tak menutupi penampilan apiknya di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Ia masih mampu mencatat dua penyelamatan krusial dan successful passes 13 kali dalam laga yang dihelat di National Stadium, Rabu (22/12).

    Lapang Bola memberikan Nadeo rating 6.0. Masih cukup lumayan untuk pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

    4 dari 4 halaman

    Prediksi Semifinal Leg Kedua

    Dengan kepercayaan dalam tiga laga menghadapi tim berat sebelumnya, Shin Tae-yong diyakini tetap menyerahkan gawang Timnas Indonesia kepada Nadeo. Apalagi, kiper kelahiran Kediri ini dirasa sudah panas dan menyatu dengan atmosfer Piala AFF 2020.

    Nadeo juga pasti sudah siap untuk pertandingan leg kedua melawan Singapura. Pengalaman di laga internasional dan penampilan apik bersama Bali United di BRI Liga 1 2021/2022, menjadi modal yang bagus untuk partai nanti.

    Potensi terjadinya adu penalti bila skor kembali imbang bakal siap dihadapi Nadeo. Mental dan kepercayaan dirinya juga sudah bagus.

    Video Populer

    Foto Populer