Sukses


    Mengulik Tuah Kostum Warna Merah-Putih Bagi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020: Bawa Semangat Tersendiri

    Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan menjalani partai puncak Piala AFF 2020, dengan bertemu Thailand. Duel sengit dua tim penuh rivalitas dan sejarah panjang itu akan dimainkan dalam dua leg.

    Laga leg pertama akan berlangsung pada Rabu (29/12/2021) malam WIB. Sementara laga leg kedua akan berlangsung pada 1 Januari 2022 mendatang. Kedua pertandingan itu akan dilangsungkan di Stadion Nasional Singapura.

    Bola.com mencoba mengulik sedikit mengenai kostum Timnas Indonesia. Pada kedua leg babak final nanti, kemungkinan besar tim asuhan Shin Tae-yong bisa menggunakan kostum kandang kebesaran yakni jersey merah, celana putih dan kaus kaki merah.

    Sebab, Thailand di tahun ini menggunakan warna biru sebagai warna untuk jersey utama mereka. Dengan demikian, kemungkinan besar kedua tim akan mengenakan jersey kandang kebanggaan masing-masing di dua laga final nanti.

    Kombinasi warna itu memang sangat identik dengan Indonesia. Kombinasi itu sangat mewakili bendera kebangsaan Indonesia yang berisi warna merah dan putih.

     

    2 dari 3 halaman

    Membawa Semangat

    Entah ada hubungannya atau tidak, Timnas Indonesia kerap tampil lebih baik ketika mengenakan kostum merah-putih. Paling tidak itu terlihat dari ajang Piala AFF 2020.

    Indonesia sudah berlaga enam kali di ajang Piala AFF 2020. Dari enam laga itu, tiga kali Asnawi Mangkualam dan kolega mengenakan kostum kandang merah-putih.

    Hebatnya, dari tiga kesempatan itu Indonesia selalu meraih kemenangan. Kamboja jadi korban pertama Indonesia. Di laga itu Tim Garuda menang 4-2.

    Tuah kostum kandang kembali terlihat saat Indonesia jumpa Malaysia di laga terakhir fase grup. Di laga itu, Malaysia berhasil dihancurkan dengan skor telak 4-1.

    Terakhir kali Indonesia mengenakan jersey kandang adalah saat mereka jumpa Singapura di leg kedua babak semifinal. Di laga itu Indonesia berhasil mengamankan skor 4-2.

    3 dari 3 halaman

    Tak Kalah Mentereng

    Sementara itu, seragam tandang yang berwarna putih-hijau juga sudah digunakan Indonesia sebanyak tiga kali di Piala AFF 2020. Dari tiga laga itu, Indonesia hanya meraih satu kemenangan dan dua hasil imbang.

    Satu-satunya kemenangan diraih saat Indonesia menang 5-1 atas Laos di babak fase grup. Sementara itu saat jumpa Vietnam dan Singapura, tim asuhan Shin Tae-yong hanya bisa meraih hasil imbang.

    Skor imbang 0-0 jadi skor akhir yang diraih atas Vietnam. Sementara saat jumpa Singapura di leg pertama semifinal, Indonesia harus berbagi angka 1-1 dengan The Lions.

    Warna hijau sendiri sebenarnya cukup identik dengan Timnas Indonesia terutama di era 1950 an. Namun, warna itu sempat menghilang dari aksen seragam Timnas Indonesia.

    Baru mulai tahun 2007 tepatnya di ajang Piala Asia 2007, warna hijau kembali jadi salah satu identitas di seragam tempur Timnas Indonesia. Warna hijau kerap digunakan sebagai aksen pelengkap jersey tandang Timnas Indonesia dari tahun tersebut hingga saat ini.

    Video Populer

    Foto Populer