Sukses


    Mencicipi Makanan Khas Qatar Saat Piala Dunia 2022: Wow! Kenapa Porsinya Banyak Banget?

    Laporan langsung Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Doha, Qatar

    Berkunjung ke luar negeri tidak akan lengkap rasanya jika tak mencicipi menu khas dari negara atau daerah tersebut. Hal itu pula yang dilakukan jurnalis Bola.com dan SCTV di sela-sela meliput Piala Dunia 2022 di Qatar.

    Setelah lebih dari dua pekan berada di Qatar untuk meliput Piala Dunia 2022, tentu beberapa menu makanan lokal sudah dicicipi. Tak hanya rasa dan menunya yang menarik, tapi yang perlu diperhatikan adalah ukuran yang disajikan dalam satu porsi. Ternyata besar!

    Boleh dibilang satu porsi makanan di Qatar sangat mencukupi untuk 2 atau 3 orang di Indonesia. Hal tersebut yang juga dirasakan oleh kameramen SCTV, Tikno.

    "Kami biasanya selalu pesan satu porsi untuk berdua jika makan di restoran. Enggak sanggup kalau menghabiskan satu porsi sendirian," ujarnya.

    Makanan khas Qatar, misalnya Machboos, yang merupakan nasi yang berasal dari beras basmati dan dimasak dengan berbagai rempah dan daging ayam atau kambing, disajikan dengan porsi yang sangat besar. Belum lagi potongan daging ayam yang ukurannya pun besar.

    Harus diakui memang akan sangat kenyang ketika melahap satu porsi makanan itu seorang diri di sela-sela aktivitas yang cukup padat meliput Piala Dunia 2022.

     

     

    2 dari 4 halaman

    Semua Restoran Punya Porsi Besar

    Menariknya, tak hanya restoran bernuansa Timur Tengah yang menyajikan makanan dengan porsi yang besar. Sejumlah restoran khas dari negeri lain di sana, termasuk restoran Asia lainnya pun punya porsi yang serupa.

    Restoran Filipina, Nanyong Filipino, misalnya. Restoran yang cukup sering menjadi persinggahan jurnalis Bola.com di sela-sela liputan Piala Dunia 2022 ini juga menyediakan makanan dengan porsi ukuran jumbo. Boleh dibilang, nyaris tidak ada menu dengan standar restoran di Indonesia.

    Jurnalis Bola.com, Hendry Wibowo, pernah punya pengalaman memesan satu porsi LoMie, sejenis mi rebus. Porsinya sangat besar, bahkan cukup untuk mengenyangkan 3 orang.

    "Saya tidak menyangka mendapatkan mi dengan porsi sebanyak itu. Kebetulan saat itu lagi makan sendiri, jadi ya terpaksa dihabiskan daripada mubazir," kisah Hendry.

    3 dari 4 halaman

    Kebiasaan Masyarakat Qatar Saat Makan

    Selain terbiasa menyajikan makanan dengan porsi yang besar, masyarakat Qatar memang pada umumnnya memiliki kebiasaan untuk makan bersama dalam satu tempat besar seperti nampan.

    "Jadi wajar kalau mereka memiliki porsi makan yang lebih banyak dari orang Indonesia, karena selain ukuran tubuh yang lebih besar, mereka juga punya tradisi menjamu para tamu dengan makan sepiring bersama. Ini cara mereka untuk memuliakan tamunya," ujar Bachtiar, seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah belasan tahun berada di Qatar.

    4 dari 4 halaman

    Eksklusif Piala Dunia 2022

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer