Sukses


    Seharian Mengelilingi 8 Stadion Piala Dunia 2022 Qatar: Cuma Butuh Waktu 9 Jam Sudah Dapat Semua

    Laporan Ade Yusuf Satria dan Hendry Wibowo dari Qatar

    Tak terasa Piala Dunia 2022 memasuki fase akhir. Tugas kami pun tinggal menghitung hari.

    Saat waktu senggang meliput, kami mencoba untuk mengelilingi delapan stadion yang digunakan untuk Piala Dunia 2022 dalam waktu sehari. Transportasi Metro atau MRT pun menjadi andalan.

     

    Metro Qatar memiliki tiga menjadi jalur yaitu merah, hijau, dan emas. Jalur merah memiliki 18 stasiun dengan panjang 40 km. Sementara hijau memiliki 11 stasiun dengan panjang 22 km. Lalu jalur emas memiliki 11 stasiun dengan panjang 14 km.

    Selama Piala Dunia 2022, semua pengunjung yang memiliki kartu Hayya bisa menaiki transportasi ini secara gratis.

     

    2 dari 7 halaman

    Dalam 1 Jam Sudah 2 Stadion

    Perjalanan dimulai pada pukul 9:30 pagi dari stasiun Al Sadd, Doha. Satu di antara stadion terjauh, Al Bayt di kota Al Khor menjadi tujuan pertama kami.

    Untuk sampai ke Al Bayt, jalurnya satu arah dengan stadion Lusail. Untuk mencapai stadion Lusail sangat gampang, posisinya tepat di depan stasiun Metro Lusail QNB. Stasiun ini merupakan pemberhentian terakhir metro dengan jalur merah. 

    Dari Lusail menuju Al Bayt, kami harus melanjutkan perjalanan kurang lebih 30 menit menggunakan bus penghubung. Jadi hingga pukul 10:40 kami sudah berhasil mengunjungi dua stadion yaitu Lusail dan Al Bayt. 

    3 dari 7 halaman

    Al Janoub

    Pukul 11.30, kami melanjutkan perjalanan menuju ke stadion Al Janoub, letaknya di kota Al Wakrah dan masih ada di jalur merah metro.

    Berangkat dari Stasiun Lusail QNB, butuh waktu sekamir 1,5 jam untuk tiba di Al Janoub. Sama seperti Al Bayt, kami harus melanjutkan perjalanan menggunakan bus untuk ke stadion Al Janoub. 

    Dari stadion Al Janoub, kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju stadion-stadion yang letaknya di tengah kota Doha, supaya mudah diakses menggunakan metro.

    4 dari 7 halaman

    6 Jam 5 Stadion

    Berikutnya dua stadion yang posisinya ada di metro dengan jalur hijau. Dua stadion itu adalah Ahmad Bin Ali yang posisinya persis di depan Mall Al Riffa lalu ada stadion Education City yang letaknya di dekat Qatar University.

    Dua stadion ini sangat mudah diakses dengan menggunakan metro, hanya berjalan kaki kurang lebih lima menit saja. Saat waktu menunjukkan pukul 14.30, kami sudah mengunjungi lima stadion berbeda.

    5 dari 7 halaman

    Stadion Khalifa dan Stadion 974

    Selanjutnya, kami pindah ke jalur emas untuk bisa mengakses dua stadion lainnya, yaitu stadion Khalifa dan Stadion 974. Sama seperti dua stadion sebelumnya, letak kedua stadion berada persis di dekat stasiun metro. Khalifa Stadium di depan stasiun Sport City, sedangkan stadion 974 ada di depan stasiun Ras Bu Abboud.  

    Hari sudah gelap dan waktu sudah menunjukkan pukul 17.00, kami memutuskan untuk kembali ke metro jalur merah untuk bisa menjangkau stadion Al Thumama. Seperti Al Bayt dan Al Janoub, untuk bisa ke Al Thumama, kami harus melanjutkan menggunakan bus.

    6 dari 7 halaman

    Kurang dari 9 Jam

    Pukul 18.30 kami akhirnya tiba di stadion Al Thumama. Jadi jika dihitung dari waktu awal kami berangkat dari stasiun Al Sadd, butuh waktu kurang lebih 9 jam untuk menggapai semua stadion penyelenggara Piala Dunia di Qatar. 

    Bagi kami, sangat memungkinkan apabila para fans ingin menonton lebih dari satu pertandingan dalam sehari.

    Dengan lokasi stadion yang saling berdekatan, kami bahkan bisa menonton dua sampai tiga pertandingan Piala Dunia dalam satu hari di stadion yang berbeda-beda.

    7 dari 7 halaman

    Laporan Langsung dari Qatar

    <p>Liputan Langsung Bola.com Pesta Bola 2022 (Bola.com/Adreanus Titus)</p>

    Nikmati sajian liputan eksklusif Piala Dunia 2022 Bola.com langsung dari Qatar. Yuk merapat, klik tautan ini.

    EMTEK Group sebagai pemegang hak siar Piala Dunia 2022 Qatar menayangkan seluruh pertandingan mulai penyisihan hingga final di berbagai flatform. Sobat Bola.com bisa menyaksikan aksi bintang-bintang dunia di SCTV, Indosiar, Vidio, Moji TV, Champion TV, Mentari TV, dan Nex Parabola. Detail jadwal lengkap siaran langsung dan live streaming klik tautan ini. Jangan sampai terlewat!

    Jangan sampai terlewat update klasemen dan hasil pertandingan Piala Dunia 2022. Info detailnya klik tautan ini.

     

    Video Populer

    Foto Populer