Sukses


7 Pebalap F1 yang Mengukir Debut Sensasional

Bola.com, Jakarta - Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, akan menjalani debut pada balapan Formula 1 (F1) di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, 20 Maret 2016. Masyarakat Indonesia berharap Rio Haryanto bisa mendapatkan hasil bagus pada debutnya.

Tentunya tak akan mudah bagi Rio Haryanto untuk melakukannya, karena jarang ada debutan yang bisa langsung meraih hasil bagus pada balapan pertamanya.

Meski demikian, bukan tak mungkin pebalap berusia 23 tahun itu langsung tampil apik. Dalam sejarah F1, ada beberapa pebalap yang pernah melakukannya.

Sebut saja Lewis Hamilton dan Jacques Villeneuve. Bahkan, kedua pebalap tersebut langsung naik podium saat menuntaskan balapan pertamanya di F1.

Berikut ini 7 pebalap F1 yang tampil sensasional pada debutnya:

Giancarlo Baghetti
Debut: GP Prancis 1961
Finis: 1

Pebalap asal Italia ini merupakan rookie paling sukses di ajang F1. Bagaimana tidak, dia langsung menjadi juara pada balapan pertamanya.

Ketika itu dia membela tim FISA pada ajang F1 1961. Baghetti tak menyia-nyiakan kesempatan yang ada dengan memenangi balapan GP Prancis.

2 dari 4 halaman

2

Jacques Villeneuve
Debut: GP Australia 1996
Finis: 2

Jacques Villenueve memutuskan turun pada ajang F1 pada musim 1996. Saat itu, dia berstatus sebagai juara IndyCar pada tahun sebelumnya.

Tanda-tanda kesuksesan Villeneuve pada balapan debut sudah terlihat pada babak kualifikasi GP Australia. Pebalap asal Prancis itu menjadi yang tercepat dan berhak menempati pole position. Sayangnya dia gagal mempertahankan posisi terdepan dan akhirnya finis di posisi kedua saat balapan keesokan harinya.

Mark Webber
Debut: GP Australia 2002
Finis: 5

Tak ada yang memprediksi Mark Webber bisa sukses pada debut perdananya bersama Minardi Asiatech pada F1 2002. Apalagi setelah dia menyelesaikan babak kualifikasi pada posisi ke-18 di GP Australia.

Namun, Webber menjawab keraguan itu dengan tampil luar biasa di depan pendukungnya sendiri. Pebalap asal Australia itu mampu membuat kejutan dengan finis di posisi kelima.

3 dari 4 halaman

3

Jean Alesi
Debut: GP Prancis 1989
Finis: 4

Pada tahun 1989, Jean Alesi mendapat kesempatan untuk turun di ajang F1. Ketika itu, dia bergabung dengan tim Tyrrell Racing Organisation.

Debut pebalap asal Prancis ini terjadi di tanah kelahirannya. Hasilnya, Alesi membuat penonton di Prancis pulang dengan senyuman meski hanya finis keempat.

Sebastian Vettel
Debut: GP Amerika Serikat 2007
Finis: 8

Sebastian Vettel membuat debutnya di F1 pada usia 19 tahun pada 2007. Ketika itu dia mendapat jatah wild card dari Sauber F1 Team.

Vettel yang turun pada balapan GP Amerika Serikat membuat orang berdecak kagum meski hanya finis di posisi ke-8. Banyak yang menilai  Vettel punya bakat untuk jadi pebalap besar. Prediksi itu terbukti saat ini.

4 dari 4 halaman

4

Clay Regazzoni
Debut GP Belanda 1970
Finis: 4

Clay Regazzoni mengawali debutnya di ajang F1 pada balapan GP Belanda, 21 Juni 1970. Pebalap asal Italia tersebut membela tim Ferrari.

Status Regazzoni sebenarnya hanya pebalap pengganti. Namun, dia justru mampu memperlihatkan kemampuan membalapnya dengan finis di posisi keempat.

Lewis Hamilton
Debut: GP Australia 2007
Finis: 3

Setelah menjuarai ajang GP2 Series 2006, Lewis Hamilton lantas bergabung dengan tim McLaren. Banyak orang yang sudah menaruh harapan besar kepada pebalap asal Inggris ini.

Apalagi setelah dia membuat debut sensasional pada balapan GP Australia. Ketika itu, Hamilton mampu finis di posisi ke-3. Hebatnya lagi, posisi itu dia dapat setelah menyalip sang juara bertahan, Fernando Alonso, yang kebetulan merupakan rekan timnya.

Video Populer

Foto Populer