Sukses


MotoGP Assen: Demi Hasil Bagus, Lorenzo Curi Data Rossi

Bola.com, Assen - Duo Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, meraih hasil yang bertolak belakang pada sesi kualifikasi MotoGP Assen, Sabtu (25/6/2016). Lorenzo terpuruk di posisi ke-11, sedangkan Rossi menempati peringkat kedua.

Posisi start Lorenzo naik satu tingkat ke posisi 10 karena rider Ducati, Andrea Iannone, terkena hukuman start paling belakang. Bagi Lorenzo, hasil tersebut menandai peringkat start terburuknya sejak musim 2008. Pada musim debutnya di MotoGP itu, Lorenzo dua kali start dari posisi ke-17.

Lorenzo terpuruk pada sesi kualifikasi karena tak percaya diri saat mengendarai motor Yamaha YZR-M1 dalam kondisi basah. Sebaliknya, Rossi bisa meraih hasil bagus karena lebih pintar dalam menyiasati kondisi cuaca.

"Saya harus percaya diri terhadap ban jika ingin tampil cepat. Kalau tak ada grip, saya kesulitan tampil kompetitif. YZR-M1 bukan motor yang gampang dikendarai saat grip kurang bagus. Sayangnya, cuma saya yang mengalami masalah ini, sedangkan Rossi tidak," kata Lorenzo kepada GPOne.

Karena itu, Lorenzo berharap balapan MotoGP Assen pada Minggu (26/6/2016) berlangsung dalam kondisi kering. Jika hujan kembali turun, pebalap asal Spanyol itu pesimistis bisa bersaing di depan.

"Jika hujan, semua tergantung kecepatan motor. Kalau motor kompetitif, saya bisa memperbaiki posisi. Jika tidak, posisi saya tak akan berubah atau bahkan dilewati pebalap lain. Kalau kering, start saya harus bagus supaya bisa melewati beberapa pebalap untuk mencoba mendekati rider terdepan," ujar Lorenzo.

"Namun, tak ada pebalap yang sempurna, entah itu saya, Marc Marquez atau Valentino Rossi. Yang pasti saya harus memecahkan masalah yang ada agar bisa lebih cepat lagi saat lomba, minimal meningkat satu detik. Tanpa keajaiban, rasanya sulit meraih hasil bagus di balapan basah," tutur Lorenzo.

Lorenzo pun mengharapkan bantuan dari Rossi yang tampil bagus di kualifikasi. Kebetulan, kedua pebalap Tim Garpu Tala itu selalu berbagi data di setiap lomba.

"Seperti biasa, saya dan Valentino Rossi selalu berbagi data. Kali ini dia sangat cepat. Tentu menarik untuk melihat datanya supaya performa saya pada balapan MotoGP Assen bisa meningkat," kata Jorge Lorenzo.

Video Populer

Foto Populer