Sukses


6 Efek Negatif Tidur Sore untuk Kesehatan, Jangan Sepelekan

Bola.com, Jakarta - Salah satu cara mengembalikan energi yang hilang dengan tidur. Setelah beraktivitas mulai pagi hingga siang hari, tidur sore merupakan waktu yang dirasa tepat untuk mengistirahatkan tubuh. 

Tidur yang baik dan sehat juga sangat terkait dengan persoalan waktu. Waktu tidak sekedar berkaitan dengan berapa lama waktu tidur, misalnya pagi, siang, sore, petang atau malam, atau secara lebih detail, jam berapa sebaiknya kita melakukan aktivitas tidur. 

Melansir dari kesga.kemkes.go.id, tidur yang dianjurkan baik menurut agama, tradisi (budaya) dan kesehatan (medis) adalah selepas waktu Isya (kira-kira setelah jam 20.00) dan di sepanjang malam hingga waktu subuh (kira-kira jam 04.00). Bisa juga di siang hari antara jam 10.00 hingga jam 15.00. Di luar waktu itu, tidur tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan efek yang tidak baik. 

Donna Arand, Ph.D., psikolog eksperimental di Pusat Gangguan Tidur Kettering di Dayton, Ohio, Amerika Serikat berpendapat sebaiknya menghindari tidur antara pukul 4-6 sore. Melansir dari merdeka.com, peneliti menemukan bahwa tidur di sore hari ternyata dapat meningkatkan risiko kematian.

Berikut 6 efek negatif tidur sore bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (24/1/2020). 

 

2 dari 7 halaman

1. Sulit Tidur di Malam Hari

Dampak buruk tidur sore bagi kesehatan pertama akan memengaruhi tidur di malam hari. Ketika bangun setelah tidur sore tersebut, sangat memungkinkan Anda akan mengalami susah tidur pada malam harinya.

Melansir dari kesga.kemkes.go.id, tidur yang paling baik adalah sepanjang malam hingga matahari terbit.

 

3 dari 7 halaman

2. Sakit Kepala

Efek negatif tidur sore lainnya dapat membuat Anda sakit kepala. Kondisi ini mungkin saja akan cepat hilang, namun enggak menutup kemungkinan akan terjadi selama berhari-hari.

Efek domino yang akan kamu rasakan akibat sakit kepala setelah bangun tidur juga dapat memengaruhi mood Anda.

 

4 dari 7 halaman

3. Badan Jadi Lemas

Dampak buruk lainnya dari tidur sore adalah badan menjadi lemas setelah bangun. Hal ini dikarenakan tubuh kekurangan asupan oksigen.

Biasanya tubuh lemas setelah tidur sore akan berakibat hingga malam bahkan keesokan harinya.

 

5 dari 7 halaman

4. Kualitas Daya Ingat Menurun

Terlalu lama tidur sore dan bangun di malam hari membuat beberapa orang merasakan sensasi tubuh yang aneh dan kerap kebingungan. Tak jarang dari mereka yang tidur sore mengalami hilang ingatan untuk sementara waktu.

Hal ini disebabkan oleh tubuh yang tidak menyadari perubahan siang menjadi malam, sehingga memicu kebingunan dan gangguan daya ingat ini.

 

6 dari 7 halaman

5. Berisiko Terkena Diabetes

Penelitian di China menemukan bahwa orang yang tidur di sore hari, tepatnya setelah makan siang lebih dari 30 menit berkemungkinan lebih tinggi mengalami diabetes tipe-2. Namun peneliti belum yakin apakah diabetes yang menyebabkan kebiasaan tersebut atau sebaliknya.

Hal ini disebabkan oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat oleh terganggunya produksi insulin pada tubuh akibat dari kondisi tubuh yang tidak banyak bergerak. Selain itu, tidur terlalu sore juga dapat mengganggu siklus alami tubuh yang bisa memengaruhi produksi insulin.

 

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Kolesterol

Dampak buruk tidur sore lainnya adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan metabolisme sedang berada di titik maksimal.

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur sore dan telah merasakan dampak negatifnya, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, sebaiknya segera mengubah kebiasaan tersebut. Tidur sore bisa digantikan di waktu siang atau paling utama saat malam hari. 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Nisa Mutia Sari/Editor Nanang Fakhrudin, pulished: 23/1/2020). 

Highlights Pertarungan Tinju Mike Tyson Vs Roy Jones Jr yang Berakhir Imbang

Video Populer

Foto Populer