Sukses


7 Manfaat Seledri untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

Bola.com, Jakarta - Seledri sering digunakan sebagai pelengkap untuk lebih menyedapkan masakan. Memiliki bau yang khas, seledri kerap digunakan sebagai tambahan sup, soto, bakmi, atau bakso.

Selain sebagai penyedap makanan, sayuran dengan nama ilmiah Apium graveolens ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Seledri kaya akan berbagai kandungan gizi, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K, kalium, asam folat, dan juga sangat sedikit kalori.

Meski memiliki bau yang terbilang menyengat, seledri juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan. Sudah diketahui, seledri diyakini berkhasiat untuk rambut, khususnya untuk menyuburkan rambut.

Seledri juga bermanfaat untuk perawatan kulit jika dikonsumsi secara teratur. 

Anda pun bisa mengolah seledri menjadi jus maupun masker wajah untuk mendapatkan manfaatnya bagi kecantikan.

Berikut ini beberapa khasiat seledri untuk kecantikan yang sayang dilewatkan, dikutip dari Stylesatlife, Kamis (22/10/2020).

2 dari 4 halaman

Manfaat Seledri untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

1. Menyuburkan rambut

Manfaat seledri pertama untuk kecantikan adalah dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Mengonsumsi seledri juga dapat meningkatkan tekstur rambut dan membuat kulit kepala tetap terhidrasi serta  mengatasi ketombe

Manfaat ini didukung karena seledri mengandung air dan vitamin A.

2. Cegah rambut rontok

Manfaat kedua dari seledri adalah mencegah kerontokan rambut. Bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, seledri bisa menjadi solusinya.

Caranya, dengan mencampurkan seledri dengan teh hijau serta tambahan sedikit air lemon, lalu teteskan ramuan tersebut pada rambut Anda. Pijat lembut rambut dan kulit kepala selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi ketombe

Seledri mampu mengatasi ketombe. Anda cuku menyiapkan 10 helai batang seledri, lalu potong kecil-kecil dan rebus hingga mendidih. Saring air rebusannya, tambahkan cuka secukupnya, dan aduk rata.

Setelah itu, teteskan ramuan tersebut secara merata pada rambut sambil melakukan pemijatan. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air sampai bersih.

3 dari 4 halaman

Manfaat Seledri untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

4. Mengatasi kulit berminyak

Seledri bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Jika Anda memiliki kulit berminyak, rentan muncul jerawat. Kemunculan jerawat dapat mengganggu penampilan harian Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa pakai ramuan berbahan seledri.

Caranya, ambil tiga buah seledri, cuci bersih dan iris kecil-kecil. Taruh di wadah serta tuangkan dengan air mendidih. Dinginkan di kulkas dan pakai ramuan ini untuk membilas wajah sebelum tidur.

Ramuan seledri ini aman untuk digunakan setiap hari karena menggunakan bahan alami.

5. Mengatasi jerawat

Memiliki masalah kesehatan kulit wajah seperti jerawat dapat mengganggu penampilan harian Anda dan mengurangi rasa percaya diri. Cobalah membuat masker wajah dari seledri untuk mengatasi masalah tersebut.

Caranya, haluskan seledri menggunakan blender dan campurkan dengan minyak tea tree secukupnya. Lalu, oleskan pada wajah dan leher Anda. Diamkan sampai kering dan bilas dengan air bersih.

Seledri memiliki kandungan yang penting untuk melembapkan dan mengatasi masalah kulit dari dalam.

4 dari 4 halaman

Manfaat Seledri untuk Kecantikan yang Sayang Dilewatkan

6. Mencegah penuaan dini

Seperti dibahas di awal, seledri mengandung beragam vitamin dan kandungan lainnya. Kandungan yang ada dalam seledri berguna untuk membantu produksi kolagen.

Kolagen memiliki peran penting untuk menjaga elastisitas kulit dan mencegah kerutan.

7. Melembabkan kulit

Manfaat selanjutnya seledri untuk kecantikan adalah bisa melembapkan kulit Anda. Anda hanya perlu mengonsumsi jus seledri secara rutin.

Seledri diketahui memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga baik untuk menjaga sel kulit agar terhidrasi dengan baik.

 

Sumber: Stylesatlife

 

Dapatkan kumpulan artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer