Sukses


8 Cara Jitu Menjaga Kesehatan Jantung

Bola.com, Jakarta - Jantung adalah satu di antara organ vital di dalam tubuh yang harus selalu dijaga karena jantung merupakan organ yang memompa darah ke seluruh tubuh dan tumpuan tubuh kita.

Sama seperti penyakit lainnya, tak ada seorang pun ingin terkena penyakit jantung lantaran jika jantung mengalami masalah, itu akan memengaruhi keadaan tubuh secara keseluruhan.

Penyakit jantung merupakan satu di antara penyebab kematian paling banyak di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung, seperti pola hidup yang tidak sehat dan faktor keturunan.

Pola hidup yang tidak sehat sangat bepengaruh pada kondisi kesahatan jantung. Terlalu sering merokok, meminum minuman beralkohol, dan kurang waktu tidur, dapat merusak kinerja jantung.

Selain pola hidup yang tidak sehat, faktor usia pada seseorang ikut berpengaruh dengan kemunculan penyakit jantung. Pria di atas 45 tahun dan wanita di atas 55 tahun memiliki risiko terkena penyakit jantung yang lebih tinggi.

Dengan itu semua, jagalah kesehatan jantung Anda sejak dini, sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi sewaktu-waktu.

Berikut delapan cara menjaga kesehatan jantung, yang dapat Anda lakukan mulai saat ini, seperti dikutip dari Cleavlandclinic dan Medlineplus, Kamis (18/2/2021).

2 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

1. Rutin Mengonsumsi Ikan

Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak omega-3 dapat membantu menjaga penyakit jantung. Banyak ikan, seperti salmon, tuna, sarden, dan herring, kaya akan asam lemak omega-3.

Cobalah makan ikan setidaknya dua kali seminggu. Jika Anda khawatir tentang efek samping yang didapatkan ketika mengonsumsi ikan, kabar baiknya adalah, menurut penelitian, manfaat baik ikan cenderung lebih besar daripada risikonya.

2. Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan menambah risiko terkena serangan jantung serta penyakit kronis lainnya.

Jika Anda adalah perokok, segera berhenti atau kurangi frekuensi merokok, dan bagi Anda yang tidak merokok, jangan pernah memulainya. 

3 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

3. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah yang cukup tinggi merupakan satu di antara faktor menurunnya kesehatan jantung. Hal terpenting yang dapat Anda lakukan adalah selalu memeriksa tekanan darah secara teratur.

Jika memiliki tekanan darah tinggi, mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi dan berolahraga secara rutin.

4. Mengonsumsi Lemak Baik Bukan Trans

Kita membutuhkan lemak dalam makanan kita, termasuk lemak jenuh, tak jenuh ganda, dan tak jenuh. Satu lemak yang tidak kita butuhkan adalah lemak trans, yang dikenal dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke seumur hidup.

Lemak trans yang menyumbat arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Dengan menghentikan konsumsi lemak trans, Anda meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lemak trans adalah lemak produksi industri yang sering digunakan dalam makanan yang dipanggang dalam kemasan, makanan ringan, margarin, dan makanan cepat saji.

4 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

5. Mengurangi Minuman Beralkohol

Mengurangi minuman beralkohol dapat menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah.

Selain itu, minum terlalu banyak alkohol dapat menambah kalori yang cukup signifikan ke dalam tubuh dan menyebabkan berat badan terus bertambah.

Tekanan darah tinggi dan berat badan yang berlebih adalah beberapa faktor munculnya penyakit jantung pada seseorang, maka kedua hal tersebut harus Anda jauhi.

6. Memiliki Tidur yang Cukup

Tidur adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Jika Anda tidak cukup tidur, Anda mungkin berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, berapa pun usia Anda atau kebiasaan kesehatan lainnya.

Satu studi yang mengamati 3.000 orang dewasa di atas usia 45 tahun menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam per malam dua kali lebih mungkin terkena stroke atau serangan jantung dibandingkan orang yang tidur enam hingga delapan jam per malam.

5 dari 5 halaman

Cara Menjaga Kesehatan Jantung

7. Berolahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat memiliki banyak manfaat, satu di antaranya dapat menyehatkan jantung dan menjauhkan dari risiko munculnya penyakit jantung.

Saat berolahraga, aktivitas fisik yang Anda lakukan tersebut dapat meningkatkan fungsi kerja jantung dan melancarkan sirkulasi darah yang ada di dalam tubuh.

Olahraga secara rutin dapat membantu Anda untuk mengontrol berat badan dan gula darah, yang biasanya juga sebagai penyebab munculnya penyakit jantung.

8. Hindari Duduk Terlalu Lama

Dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan bahwa duduk terlalu lama dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda, tidak peduli seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan.

Hal ini adalah berita buruk bagi banyak orang yang duduk di tempat kerja sepanjang hari. Ketika melihat hasil gabungan dari beberapa studi observasi yang melibatkan hampir 800 ribu orang, para peneliti menemukan pada mereka yang paling banyak duduk, ada peningkatan terkait kejadian kardiovaskular sebesar 147 persen dan peningkatan kematian sebesar 90 persen yang disebabkan oleh kejadian ini. 

 

Sumber: Cleavlandclinic, Medlineplus

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer