Sukses


Sirkuit Mandalika Membahana, Ada Corak Batik dan Jokowi Siap Jajal Hari Ini

Bola.com, Jakarta - Mata para penggemar otomotif di seluruh Indonesia, juga dunia, akan tertuju ke Indonesia hari ini, tepatnya di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Hal itu berkaitan dengan rencana peresmian Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika.

Kabar dari istana, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo sudah terbang ke Lombok guna memastikan semua persiapan di Mandalika berjalan baik. Apalagi, pada akhir pekan ini dan minggu depan, Mandalika berstatus tuan rumah bagi perhelatan akbar Asian Talent Cup 2021 dan Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) musim ini.

Keberadaan Jokowi di Sirkuit Mandalika memberi magnet tersendiri. Sudah pasti, Jokowi akan membuat dua balapan semakin spesial, setidaknya dari sisi publikasi dan jalan komunikasi.

Maklum, Sirkuit Mandalika sudah membahana dalam dua tahun terakhir, terutama ketika bentuk alias lay-out sudah beredar di kalangan umum. Selain itu, kondisi pada saat sentuhan akhir juga membuat publik penasaran, bagaimana sebenarnya wajah asli dari sirkuit yang nantinya juga berstatus jalan raya di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika tersebut.

Faktor lain yang membuat Sirkuit Mandalika menjadi pusat perhatian adalah kehebohan 'unboxing' kargo milik tim pabrikan asal Italia, Ducati. Meski dua pihak sudah memberi klarifikasi, tak urung publik, terutama netizen, sudah ramai. Sebagian besar dari mereka menghujani kritikan terhadap sang pembuat video, dan ada juga yang menyindir pengelolaan sumber daya manusia.

 

2 dari 3 halaman

Jadi Magnet

Kini, setelah masalah 'unboxing' kelar, segala persiapan akhir menjadi sorotan publik. Apalagi, Jokowi sendiri yang akan langsung memeriksa kesiapsiagaan sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

Menurut rencana, Jokowi akan melakukan serangkaian 'checking', mulai dari area paddock sampai kans menjajal aspal Mandalika sebelum dipakai latihan bebas di segmen Asian Talent Cup.

Urusan menjajal aspal Sirkuit Mandalika juga ramai di dunia maya. Hal itu berlatar tersebarnya motor balap retro bertuliskan 'RI-1' dengan ornamen warna dominan hijau. Menurut rencana, Jokowi akan berkeliling lintasan menggunakan motor tersebut, meski belum ada konfirmasi resmi motor tersebut dipakai atau tidak.

Satu yang pasti, kini publik Indonesia dan seluruh dunia akan mendapatkan nuansa baru berkat kehadiran sirkuit jalan raya Mandalika. Selain gelaran Superbike, tahun depan giliran MotoGP yang menjadi tamu.

Hebatnya, otoritas pengelola MotoGP sudah menyebarkan promosi keren terkait penyelenggaraan MotoGP 2022 di Mandalika. Para pebalap seperti Pol Espagaro sampai Valentino Rossi mengaku bangga serta tak sabar menjajal lintasan di pinggir pantai yang menawan.

 

3 dari 3 halaman

Zona Ekonomi

Sisi menawan Sirkuit Mandalika memang menjadi rangkaian tak terpisahkan dari keberadaan pemilik 17 tikungan tersebut. Biaya Rp1,1 triliun yang digelontorkan seolah terbayar dengan beberapa ornamen penarik perhatian.

Satu di antaranya adalah mosaik kreatif di area run-off Sirkuit Mandalika. Pada zona tersebut, panitia penyelenggara dan pengelola sepakat menyematkan cat dengan motif batik.

Unggahan Instagram PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau ITDC, menunjukkan hasil pengecatan area run-off sirkuit tersebut yang spesial. "Bagaimana nih menurut kalian tampilan finishing dari Run Off Area Pertamina Mandalika International Street Circuit? Cantik bukan?," tulis laman @itdc_id di Instagram pada Sabtu (6/11).

Corporate Communication ITDC, Esther Ginting mengatakan jika motif batik di sirkuit ini terinspirasi kain tenun ikat khas Sasak. "Ya, motif tersebut terinspirasi dari motif ukiran dan kain tenun ikat khas Sasak," katanya. Area tersebut mendapat sentuhan cata berwarna merah, putih dan hijau.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memrediksi perhelatan balapan di Sirkuit Mandalika akan memunculkan efek berganda bagi perekonomian. Setidaknya, perputaran uang akan menembus angka hingga Rp500 miliar setiap tahunnya, atau setiap penyelenggaraan balap.

Sumber : WSBK, Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer