Sukses


Manfaat Daun Ketumbar bagi Kesehatan, Perlu Anda Ketahui

Bola.com, Jakarta - Berbagai tumbuhan yang ada di alam memberikan manfaat bagi kesehatan kita. Satu di antaranya ialah daun ketumbar. Bagi Anda yang gemar memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun satu ini.

Ya, daun ketumbar digunakan untuk menambah cita rasa dalam masakan. Penampilan daun ketumbar sepintas mirip dengan daun seledri. Hal ini karena daun ketumbar, yang bernama latin Coriandrum sativum ini, masih berasal dari keluarga sama, yakni keluarga Apiaceae atau peterseli.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, sama halnya bijinya, daun ketumbar digunakan sebagai campuran dalam masakan untuk menambah cita rasa masakan Anda.

Tidak hanya itu, daun ketumbar juga telah digunakan untuk keperluan medis sejak zaman dahulu. Anda pun bisa menggunakan daun ketumbar, yang memiliki banyak kandungan gizi, untuk memberi manfaat pada kesehatan Anda dan keluarga.

Anda bisa memasukkan daun ketumbar ke bumbu olesan daging, mencampurnya ke sup, atau menambahkannya secara langsung ke saus dan salad.

Apa saja manfaat kesehatan yang bisa diberikan daun ketumbar apabila digunakan secara tepat?

Berikut rangkumannya, manfaat daun ketumbar bagi kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Senin (24/1/2022).

2 dari 3 halaman

Manfaat Daun Ketumbar bagi Kesehatan

1. Mengontrol gula darah

Satu di antara manfaat daun ketumbar yang terkenal adalah mampu mengontrol gula darah. Daun ini dapat merangsang kelenjar endokrin yang akan membantu pankreas memproduksi lebih banyak insulin sehingga gula darah akan turun.

Karena manfaatnya tersebut, orang-orang dengan tingkat gula darah yang rendah atau sedang mengonsumsi obat antidiabetes tidak boleh mengonsumsi daun ketumbar secara berlebihan.

2. Antinyeri dan Antiradang

Ketumbar ditemukan dapat memberikan efek analgesik dan antiradang dalam penelitian menggunakan tikus.

Hal tersebut diduga terjadi karena ekstrak ketumbar memiliki efek yang memengaruhi sistem opioid sehingga dapat membantu menurunkan sensasi nyeri.

3. Mengatasi infeksi jamur

Satu di antara studi pada 2014 menguji efek minyak esensial dari daun ketumbar terhadap Candida albicans — satu di antara jamur yang paling umum menginfeksi manusia.

Penelitian tersebut berhipotesis, minyak esensial daun ketumbar memiliki efek antijamur sehingga dapat membantu mengatasi infeksi jamur di kulit.

4. Mencegah kanker

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyebut, bumbu dapur herbal — termasuk ketumbar — dapat mencegah daging yang dimasak membentuk heterocyclic amine atau HCA.

HCA merupakan senyawa yang terbentuk akibat memasak daging dalam suhu tinggi. Mengonsumsi makanan yang mengandung HCA tinggi sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko kanker.

3 dari 3 halaman

Manfaat Daun Ketumbar bagi Kesehatan

5. Meningkatkan kesehatan otak

Mengonsumsi daun ketumbar dihubungkan dengan penurunan tingkat keparahan gejala penyakit kognitif seperti Alzheimer dan Parkinson.

Penelitian pada tikus mendapati, ekstrak daun ketumbar dapat mengurangi kejang, meningkatkan daya ingat, dan menurunkan risiko kerusakan sel saraf. 

Meski begitu, manfaat daun ketumbar yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

6. Menyehatkan kulit

Manfaat lain daun ketumbar untuk kesehatan, yakni dapat menyehatkan kulit. Hal ini dibuktikan dalam studi yang terbit pada 2015 di Journal of Medicinal Food.

Studi yang meneliti kemampuan ekstrak daun ketumbar untuk melindungi kulit itu menyebutkan, daun ketumbar dapat mencegah atau mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit.

Tak heran, sekarang sudah banyak produk perawatan wajah yang menggunakan ekstrak daun maupun biji ketumbar sebagai satu di antara bahan alaminya.

7. Pengawet alami dan aktibakteri

Ekstrak minyak daun ketumbar bisa menghambat proses oksidasi pada makanan sehingga membuatnya tidak cepat kedaluwarsa.

Komponen dodecanal yang ada dalam biji dan daun ketumbar juga diduga memiliki sifat antibakteri. Senyawa tersebut bahkan disebut bisa membasmi Salmonella lebih efisien dibandingkan gentamisin (antibiotik).

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 5/1/2021)

Dapatkan artikel manfaat dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer