Sukses


Macam-Macam Menu Sahur yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Bola.com, Jakarta - Sahur menjadi satu di antara waktu makan penting saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. Saat sahur, Anda mendapatkan energi untuk menjalani aktivitas sepanjang hari.

Maka itu, apa yang Anda konsumsi saat sahur penting untuk Anda perhatikan. Anda tentu tidak ingin makanan yang Anda konsumsi justru menghambat ibadah puasa yang Anda jalankan bukan?

Ada yang beranggapan, saat sahur, Anda harus makan sebanyak mungkin agar kenyang dan bisa berpuasa tanpa merasakan lapar maupun haus. Padahal, kenyataannya tidak seperti itu. Tubuh manusia telah diprogram untuk mengolah makanan satu kali, sedikit ataupun banyak. 

Hasilnya, perut akan tetap kosong setelah 6-8 jam dan akan merasa lapar kembali. Maka itu, dibandingkan kuantitasnya, lebih baik Anda fokus terhadap jenis makanan yang dikonsumsi.

Pilihlah menu sahur yang bergizi seimbang dan bisa memberikan efek kenyang sekaligus pasokan energi yang cukup. 

Makanan yang membuat kenyang lebih lama biasanya yang kaya akan protein dan serat, tetapi rendah kalori.

Di bawah ini macam-macam menu sahur yang bisa memberikan efek kenyang alias membuat kenyang lebih lama, disadur dari Klikdokter, Sabtu (16/4/2022).

2 dari 5 halaman

Menu Sahur yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Nasi merah

Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna.

Nasi ini biasanya dikonsumsi untuk mengatasi diabetes karena mengandung indeks glikemik yang rendah dibandingkan nasi putih. Namun demikian, menu sahur ini juga bisa Anda konsumsi karena bertahan lebih tahan lama di perut Anda.

Daging sapi

Daging adalah makanan yang sangat mengenyangkan karena mengandung banyak protein dan nutrisi penting lainnya.

Sebuah penelitian mengungkap, orang-orang yang makan siang dengan menu daging akan makan malam lebih sedikit dibanding dengan mereka yang tidak.

Ikan

Indonesia merupakan satu di antara negara yang kaya akan berbagai jenis ikan. Ikan kaya akan nutrisi, termasuk protein kualitas tinggi. 

Kandungan protein tersebut membuat Anda merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsinya.

Selain itu, ikan mengandung asam lemak omega 3, yang dapay mencegah penyakit jantung dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

3 dari 5 halaman

Menu Sahur yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Telur

Telur satu di antara makanan paling bernutrisi dan tinggi protein sehingga yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Setiap butir telur mengandung 6 gram protein termasuk 9 jenis asam amino esensial.

Berbagai penelitian telah menunjukkan kemampuan telur dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi tubuh. 

Kebanyakan nutrisinya berada di bagian kuning dari telur, termasuk antioksidan lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan berbagai komponen lainnya. 

Selain itu, sayuran banyak mengandung protein dan serat sehingga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama jika dimakan saat sahur.

Ditambah lagi, Anda harus mengunyah sayuran lebih lama untuk menghancurkannya sebelum ditelan. Hal itu akan makin membuat anda merasa kenyang saat makan sayur.

Sop ayam

Anda mungkin berpikir mengonsumsi sup ayam akan membuat Anda lebih cepat lapar karena banyak mengandung air. Sebaliknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan sup dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. 

Selain itu, sup ayam mengandung banyak nutrisi yang berasal dari bahan rempah dan ayam itu sendiri. 

4 dari 5 halaman

Menu Sahur yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Buah-buahan

Buah-buahan mengandung kalori yang sedikit, tetapi kaya serat dan nutrisi penting lainnya. 

Kandungan serat buah akan membuatnya makin lama untuk dicerna sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama.

Coba menu sahur buah seperti apel atau jeruk saat sahur karena mengandung nutrisi yang sangat tinggi. Ingat, untuk mengkonsumsi buah ini secara langsung, bukan dengan di jus.

Alpukat

Buah ini memiliki lemak baik dan tinggi serat sehingga bagus untuk menurunkan berat badan sekaligus menurunkan kenaikan gula darah. 

Manfaat lainnya, alpukat akan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi pada saat sahur.

Kacang almond

Selain enak, makanan ini tinggi vitamin E sehingga dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal lainnya, kacang almond termasuk makanan yang membuat kenyang lebih lama.

Jika tidak ada kacang almon, Anda dapat memilih kacang-kacangan yang lain, seperti pistachio, mete, dan kacang tanah.

5 dari 5 halaman

Menu Sahur yang Membuat Kenyang Lebih Lama

Quinoa (biji gandum)

Quinoa terkenal sebagai superfood karena bebas gluten, tinggi protein, dan mengandung semua asam amino esensial.

Kandungan protein dan seratnya akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga baik dikonsumsi saat sahur.

Oatmeal

Oatmeal merupakan satu di antara makanan sehat untuk dikonsumsi karena kaya serat, tetapi rendah kalori. Memilih menu sahur oatmeal akan memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Selain itu, rutin mengonsumsi oatmeal akan membantu Anda untuk mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes dan jantung koroner.

Greek yoghurt

Dibandingkan jenis yoghurt lain, greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental karena  mengandung lebih banyak protein dan serat. Dua nutrisi ini akan memberikan sensasi kenyang lebih lama jika dikonsumsi saat sahur.

Greek yoghurt juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan. Tak hanya itu, makanan ini rendah karbohidrat dan membantu menghalau rasa haus.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 7/5/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer