Sukses


Manfaat Timun Suri bagi Kesehatan, Buah Segar untuk Berbuka Puasa

Bola.com, Jakarta Timun suri adalah buah yang berasal dari keluarga labu. Timun suri sering ditemui menjelang atau selama bulan Ramadan untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Dengan kandungan air yang begitu banyak, timun suri menjadi satu di antara takjil favorit bagi masyarakat Indonesia.

Terlebih lagi daging buah timun suri yang lembut dan menyegarkan bisa menjadi pelepas dahaga ketika Magrib tiba.

Selain menyegarkan, timun suri juga memiliki berbagai macam khasiat untuk tubuh yang sangat penting. Bahkan timun suri bisa mencegah datangnya penyakit-penyakit berbahaya.

Oleh karena itu, dengan kelezatan yang ditawarkan serta banyaknya manfaat bagi kesehatan tubuh kamu, tidak ada salahnya mengonsumsi timun suri secara rutin, terutama saat berbuka puasa.

Penting mengetahui manfaat timun suri untuk berbuka puasa. Apa saja manfaat timun suri bagi kesehatan?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat timun suri bagi kesehatan, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (20/4/2022).

 

 

 

 

2 dari 5 halaman

1. Sumber Antioksidan

Seperti dinukil dari Mayo Clinic via Klikdokter, timun suri mengandung zat-zat antioksidan, seperti beta karoten, vitamin C, flavonoid, lignan, dan triterpen yang punya sifat antiinflamasi.

Vitamin C sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh, sedangkan beta karoten bermanfaat untuk penglihatan mata.

Penelitian pada 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists juga mengungkapkan manfaat buah timun suri. Menurut penelitian, setiap buah yang berasal dari keluarga labu (Cucurbitaceae) dapat membasmi radikal bebas di tubuh.

Seperti Anda tahu, radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh.

3 dari 5 halaman

2. Mencegah Alzheimer

Timun suri kaya akan vitamin K. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga baik untuk membatasi kerusakan neuronal di otak.

Oleh karena itulah, mengonsumsi timun suri dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu Anda terhindar dari Alzheimer.

4 dari 5 halaman

3. Zat Anti-kanker

Timun suri juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang dimuat dalam Scientific World Journal, para ilmuwan menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu menghambat jalur sinyal yang penting untuk mencegah timbulnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.

5 dari 5 halaman

4. Bantu Sistem Pencernaan

Seperti telah disebutkan di atas, tekstur buah timun suri kaya air dan serat. Jadi tak heran kalau buah ini baik untuk pencernaan.

Bagi Anda yang sering susah BAB dan menderita mag dapat makan buah timun suri.Selain enak dan menyegarkan untuk buka puasa, manfaat timun suri amat banyak bagi tubuh.

Namun ingat, hindari menambahkan terlalu banyak gula ke dalamnya. Dengan demikian manfaat timun suri bisa Anda dapatkan dengan lebih optimal.

Disadur dari: Klikdokter (Published: 21/5/2019)

Dapatkan artikel manfaat lainnya dengan mengklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer