Sukses


Daftar Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bulu Tangkis

Bola.com, Jakarta - Bulu tangkis atau badminton merupakan satu di antara olahraga yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan (untuk ganda). Di Indonesia, bulu tangkis termasuk olahraga populer.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bulu tangkis adalah permainan dengan memakai raket dan kok yang dipukul melampau jaring yang direntangkan di tengah lapangan.

Seperti cabang olahraga lain, bulu tangkis termasuk olahraga yang menyehatkan jika dilakukan secara rutin. Hal itu karena bulu tangkis termasuk satu di antara jenis olahraga kardio.

Dalam olahraga ini tidak hanya membutuhkan keterampilan, tetapi juga gerakan tubuh yang lincah dan kuat. Selain itu, ada beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai.

Saat bermain bulu tangkis, ada sejumlah perlengkapan yang wajib ada untuk memaksimalkan permainan. Maka itu, penting mengetahui perlengkapan atau sarana dan prasarana dalam permainan bulu tangkis.

Berikut ini daftar sarana dan prasarana dalam permainan bulu tangkis yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (10/5/2022).

2 dari 5 halaman

Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bulu Tangkis

1. Lapangan

Seperti diketahui, bulu tangkis merupakan satu di antara olahraga yang membutuhkan ruang cukup luas maka lapangan penting dan dibutuhkan.

Lapangan dalam olahraga bulu tangkis umumnya memiliki ukuran standar, yakni lebar 6,10 meter dan panjang 13,40 meter dengan bentuk persegi panjang.

Bermain bulu tangkis di tempat atau lapangan yang tepat akan lebih baik dan juga mengaplikasikan pula teknik dasar permainan bulu tangkis.

2. Net

Fungsi utama net ialah sebagai pembatas area permainan. Net bulu tangkis pada umumnya memiliki tinggi kurang lebih 155 cm, panjang 610cm, dan lebar 76 cm.

Dengan adanya net tentu untuk pelambungan kok tidak bisa sembarangan dan harus lebih tinggi dari net supaya tidak tersangkut.

3 dari 5 halaman

Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bulu Tangkis

3. Kok/Shuttlecock

Kok merupakan perlengkapan yang harus ada dalam permainan bulu tangkis. Hal itu karena kok atau shuttlecock yang menjadi ciri khas dari olahraga ini.

Kok pada umumnya terbuat dari bahan berupa bulu angsa. Berat kok menurut standar IBF adalah sekitar 5,67 gram.

Ada sebuah gabus tempat tertancapnya bulu-bulu angsa secara rapi dan gabus tersebut terlapis oleh kulit putih.

Bulu angsa yang ditancapkan di sana ada sekitar 14-16 buah yang kemudian diikat dengan dua buah tali melingkar.

Untuk panjang kok secara umum adalah 8,8 cm, yakni dari ujung kepala kok sampai dengan ujung daun bulu. Sementara 6,5 cm adalah panjang batang daun kok dan 2,3 cm adalah panjang kepala kok.

4. Raket

Raket bulu tangkis merupakan perlengkapan vital dalam permainan bulu tangkis. Raket dalam olahraga bulu tangkis berperan sebagai pemukul shuttlecock.

Pada zaman sekarang ini, raket untuk bulu tangkis sangat beragam dengan jenis dan bahan yang bervariasi. Harga raket juga beragam tergantung bahan yang digunakan untuk membuatnya.

4 dari 5 halaman

Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bulu Tangkis

5. Dekker/Alat Pelindung

Dekker merupakan perlengkapan tambahan yang tidak harus ada dalam permainan bulu tangkis. Hanya, bagi beberapa orang, dekker penting sebagai pelindung dari cedera.

Seperti diketahui, bulu tangkis penuh dengan gerakan berlari, melompat dan menjatuhkan diri untuk mengembalikan kok.

Dekker yang tersedia bervariasi, ada yang bentuknya seperti gelang untuk melindungi bagian sendi tangan. Selain itu ada pula yang dalam bentuk pelindung lutut.

6. Sepatu

Bagi orang yang bermain bulu tangkis hanya sekadar hobi, tentu tak menjadi masalah memakai sepatu atau tidak. Namun, demi menghindari cedera, pakailah sepatu khusus untuk bulu tangkis dengan sol yang kuat dan terbukti tidak licin.

7. Kaos Kaki

Selain sepatu, pemain sebenarnya membutuhkan kaos kaki yang nyaman dipakai ketika bermain bulu tangkis. Asalkan bahannya gampang menyerap keringat maka kaki akan terhindari dari bau tak sedap.

5 dari 5 halaman

Sarana dan Prasarana dalam Permainan Bulu Tangkis

8. Baju dan Celana

Untuk permainan bulu tangkis rumahan, tentunya baju dan celana tak perlu harus memakai yang khusus. Namun, bagi para atlet, perlu baju dan celana khusus.

Biasanya pemain akan mengenakan baju serta celana yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat sehingga nyaman dikenakan selama pertandingan.

9. Handuk

Saat bermain bulu tangkis, para pemain biasanya akan lebih cepat berkeringat karena gerakan-gerakannya yang teramat dinamis. Maka itu, penting untuk menyediakan handuk bersih untuk membersihkan keringat.

Untuk para atlet pun ada baiknya membawa handuk lebih dari satu.

 

Sumber: Kemdikbud

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer