Sukses


Macam-Macam Olahraga yang Bisa Dilakukan saat Diet, Bakar Banyak Kalori

Bola.com, Jakarta - Diet merupakan cara yang digunakan untuk mengatur pola makan yang sehat. Diet juga menjadi satu di antara cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, diet ialah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter).

Memiliki bentuk tubuh yang ideal dan proporsional mungkin menjadi dambaan banyak orang. Namun, untuk bisa mewujudkannya bukan perkara mudah. Banyak orang yang menyerah di tengah jalan saat menjalankan program diet.

Agar diet berjalan lancar, perlu menyeimbangi antara makan sehat dan olahraga. Olahraga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

Perlu diketahui, diet disertai dengan berolahraga dapat memperbaiki mood, memperkuat tulang, dan mengurangi berbagai risiko penyakit kronis.

Jenis olahraga memang beragam. Saat sedang menjalankan program diet, pilihlah olahraga yang mampu membakar kalori dengan cepat.

Berikut ini jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan saat sedang diet, disadur dari Liputan6, Selasa (28/6/2022).

2 dari 5 halaman

1. Zumba

Zumba dilakukan dengan memadukan antara tarian serta olahraga. Olahraga ini banyak membutuhkan tenaga yang mampu membakar kalori dalam jumlah besar.

Pada umumnya, zumba dilakukan selama satu jam, olahraga ini mampu membakar 400 hingga 700 kalori.

3 dari 5 halaman

2. Lari

Berlari mudah dilakukan dan efektif dibanding olahraga lainnya. Berlari sejauh satu kilometer dapat membantu membakar 100 kalori. Lalu, tambahan kilometer berikutnya dapat membakar kalori lebih banyak. 

Aktivitas fisik yang satu ini dapat melepaskan stres setelah bekerja sepanjang hari, mencegah penuaan, meningkatkan kepadatan tulang, dan membantu menurunkan berat badan.

4 dari 5 halaman

3. Tinju

Tinju merupakan aktivitas fisik yang melatih otot lengan atas agar lebih kuat. Tinju juga sering dianggap sebagai aktivitas atau olahraga yang seru, menantang, dan efektif.

Terlebih lagi, tinju bagus untuk membantu menurunkan berat badan karena melibatkan gerakan-gerakan tubuh dalam tempo yang cepat.

Bertinju membutuhkan tenaga dan kekuatan dari seluruh tubuh. Olahraga ini dapat membakar sekitar 800-1000 kalori pada satu sesi yang jauh lebih tinggi dibanding olahraga lain.

Selain itu, olahraga tinju mampu membakar lemak pada bagian bawah lengan.

5 dari 5 halaman

4. Bersepeda

Saat diet, bersepeda tepat menjadi pilihan olahraga. Saat mengayuh sepeda pasti menggunakan hampir semua kelompok otot utama pada tubuh. Dengan bersepeda, pernapasan dan otot-otot tubuh Anda akan terlatih.

Bersepeda dapat mengencangkan dan menggerakkan perut bagian bawah, cara ini berdampak pada seluruh tubuh yang membakar kalori dalam jumlah sangat tinggi.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis : Alicia Salsabila, Editor: Fitri Syarifah. Published: 10/10/2021)

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer