Sukses


Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Mengecilkan Paha, Mudah Dilakukan di Rumah

Bola.com, Jakarta - Memiliki paha besar dapat menimbulkan masalah, terutama bagi wanita. Sebab, mempunyai paha besar dianggap dapat mengganggu penampilan, terutama jika ingin mengenakan celana atau rok pendek.

Alhasil, memiliki ukuran paha yang kecil pastinya jadi impian para wanita. Untuk memiliki paha kecil terkadang membutuhkan usaha ekstra.

Nyatanya, tidak sedikit wanita cukup kesulitan untuk mengecilkan bagian tubuh ini. Apakah Anda satu di antara yang memiliki permasalahan ini?

Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan paha. Jenis-jenis olahraga ini ampuh mengecilkan paha bahkan mudah dilakukan di rumah.

Berikut ini jenis olahraga yang ampuh untuk mengecilkan paha, dikutip dari laman Healthline dan Everydayhealth, Jumat (15/7/2022).

2 dari 4 halaman

Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Mengecilkan Paha

1. Lompat Tali

Olahraga lompat tali dapat membantu mengencangkan otot paha dan betis sehingga tampak lebih ramping. Anda bisa melakukannya dengan bantuan skipping.

Untuk permulaan, Anda bisa melakukan lompat tali selama 20 detik tanpa putus. Setelah terbiasa, coba tingkatkan menjadi satu menit.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan satu di antara jenis olahraga yang bisa menghilangkan lemak di paha. Gerakan mengayuh saat bersepeda membuat otot-otot di paha depan (quadriceps) Anda bekerja keras.

Tak hanya itu, otot hamstring yang terletak di belakang paha pun mengencang. Dengan demikian, tampilan paha Anda akan jadi lebih ramping.

Anda bisa mencoba bersepeda indoor (menggunakan sepeda statis) ataupun di luar ruangan. Sebuah studi dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness menyebutkan ada penurunan berat badan dan jumlah lemak tubuh pada wanita yang kelebihan berat badan setelah melakukan 24 kali sesi latihan bersepeda indoor.

3. Squat

Squat merupakan satu di antara latihan fisik yang baik untuk mengecilkan paha. Bahkan, bagi Anda yang sakit punggung bawah, squat termasuk olahraga yang aman. Sebab, Anda tidak perlu mengangkat beban berat yang akan membebani punggung.

3 dari 4 halaman

Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Mengecilkan Paha

4. Jogging

Jogging atau berlari santai menjadi satu di antara pilihan olahraga yang murah dan siapa saja bisa melakukannya. Anda cukup menggunakan pakaian olahraga dan sepatu olahraga, lalu berlari santai di sekitar kompleks tempat tinggal.

Selain membakar lemak tubuh akibat peningkatan detak jantung dan laju pernapasan, aktivitas joging rutin bisa membantu Anda mengecilkan bentuk paha. Pasalnya, olahraga kardio ini mengandalkan kekuatan otot kaki Anda.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, orang dewasa dengan berat badan 70 kg, mampu membakar sekitar 216 kalori setelah berlari santai selama 30 menit. Anda bisa meningkatkan pembakaran kalori dengan meningkatkan kecepatan dan durasi selama berlari.

5. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga bisa jadi satu di antara olahraga mengecilkan paha yang sederhana dan mudah. Olahraga ini membuat Anda menggunakan otot-otot di paha dan kaki. Setiap anak tangga yang Anda daki akan membantu membakar lemak di paha dan membentuk ototnya.

6. Jump Squat

Tidak hanya squat, Anda bisa melakukan jump squat. Sebenarnya tekniknya mirip dengan teknik sebelumnya. Bedanya pada gerakan ini, jump yang berarti lompatan, akan membuat teknik yang dilakukan semakin sulit dan melelahkan.

Ssaat melakukan olahraga ini, Anda diharapkan berhati-hatilah ketika Anda menapak ke permukaan setelah melompat agar terhindar dari cedera.

4 dari 4 halaman

Jenis Olahraga yang Ampuh untuk Mengecilkan Paha

7. Bridge Butterfly

Jika malas, berbaring pun bisa menjadi pilihan olahraga untuk mengecilkan paha. Gerakan ini dikenal dengan nama bridge butterfly. Selain baik untuk paha, gerakan ini baik untuk otot perut Anda.

8. Side Lunges

Olahraga untuk mengecilkan paha lainnya adalah side lunges. Gerakan workout ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Posisikan tubuh berdiri tegak dengan kedua kaki terbuka selebar bahu.
  • Lakukan gerakan lunge ke arah kanan tempat kaki kanan menekuk, sedangkan kaki kiri dalam posisi lurus.
  • Perlahan-lahan kembali ke posisi semula, lalu ulangi lagi pada kaki kiri.

9. Sumo Squat

Berikutnya ada gerakan sumo squat, yang tidak hanya dapat mengecilkan paha, tetapi juga dapat mengencangkan dan membentuk otot-otot paha. Cara melakukannya:

  • Atur kaki lebar-lebar, atur jari-jari kaki agar mengarah ke posisi jam 10:00 dan 2:00. Pegang dumbell untuk menambah resistansi.
  • Jaga agar dada berada pada posisi tetap tinggi saat sedang menekuk lutut, dan tetap posisikan lutut agar lebih maju atau lebih di depan dibandingkan dengan jari-jari kaki.
  • Lakukan dua set dengan 12-15 repetisi.

 

Sumber: Healthline, Everydayhealth

Dapatkan kumpulan artikel olahraga lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer