Sukses


Macam-Macam Kebutuhan Manusia, Lengkap beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan sangat bermacam-macam. Kebutuhan manusia merupakan hal yang harus dipenuhi untuk bertahan hidup atau hanya sekadar untuk memuaskan suatu hasrat yang muncul.

Kebutuhan manusia digolongkan menjadi lima bagian, yaitu kebutuhan yang terkait dengan masalah intensitas, waktu, sifat, dan subjek.

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda satu sama lainnya. Kebutuhan tersebut sangat berguna untuk kelangsungan hidup setiap orang.

Maka itu, penting untuk memahami masing-masing dari macam-macam kebutuhan manusia.

Dengan memahaminya, Anda dapat memilah apakah kebutuhan tersebut sesuai dengan kehidupan Anda.

Berikut macam-macam kebutuhan manusia beserta contohnya, disadur dari Liputan6, Jumat (29/7/2022).

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Intensitas

Macam-macam kebutuhan manusia yang pertama adalah kebutuhan berdasarkan intensitasnya. Kebutuhan ini dipandang dari mendesak atau tidaknya suatu kebutuhan.

Kebutuhan menurut intensitas atau tingkat kepentingannya ini terbagi menjadi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Berikut penjelasan dari masing-masing kebutuhan manusia menurut intensitasnya:

Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama atau kebutuhan pokok yang harus segera dipenuhi untuk bisa bertahan hidup. Kata primer berasal dari kata "primus", yang berarti pertama.

Kebutuhan primer muncul secara alami atau biasa disebut sebagai kebutuhan alamiah. Contoh kebutuhan primer terdiri atas pangan, sandang, dan papan atau makanan, pakaian, dan rumah.

Bisa dibayangkan tanpa segera terpenuhinya kebutuhan makanan, pakaian, dan rumah, tentu akan membuat manusia mengalami masalah dalam hidup.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan kedua yang perlu dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kata sekunder berasal dari kata "scundus", yang berarti kedua.

Kebutuhan sekunder timbul setelah kebutuhan primernya tercukupi. Kebutuhan sekunder untuk setiap orang berbeda-beda. Tergantung dari penghasilan yang didapatnya.

Contoh dari kebutuhan sekunder seperti meja, kursi, lemari, sepatu, tas, buku, pensil, televisi, radio, tempat tidur, kendaraan, dan lain sebagainya.

Pentingnya memenuhi kebutahan sekunder ini untuk mengaktualisasikan dirinya sebagai makhluk sosial yang berbudaya.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan ketiga yang bisa dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kata tersier berasal dari kata "teritius", dengan arti ketiga.

Kebutuhan tersier disebut sebagai kebutuhan mewah atau lux. Kebutuhan ini umumnya dipenuhi oleh orang yang berpendapatan tinggi dan dilakukan untuk meningkatkan kebanggaan di mata masyarakat.

Contoh dari kebutuhan tersier seperti pakaian mewah, tas mewah, rumah mewah, bahkan memiliki kapal pesiar.

Pembagian-pembagian kebutuhan berdasarkan intensitas ini ditentukan oleh kondisi masing-masing orang di suatu wilayah. Misalnya bagi penduduk suatu daerah atau negara yang masih tertinggal, akan menganggap kebutuhan motor atau mobil sebagai kebutuhan mewah.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Sifat

Kebutuhan menurut sifat termasuk macam-macam kebutuhan manusia yang terdiri dari kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Berikut masing-masing penjelasannya:

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau tubuh. Contoh kebutuhan jasmani biasanya dalam bentuk barang seperti pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, vitamin, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada kebutuhan jasmani dalam bentuk jasa seperti kebutuhan rekreasi, mendengarkan musik, dan menonton televisi atau bioskop.

Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang diperlukan untuk rohani atau jiwa. Beberapa contoh kebutuhan rohani di antaranya seperti untuk menyegarkan pikiran, seseorang memerlukan hiburan.

Selain itu, untuk menguatkan iman, seseorang butuh siraman rohani berupa petunjuk dan nasihat keagamaan. Sedangkan untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, seseorang memerlukan pendidikan.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Bentuk

Kebutuhan menurut bentuknya termasuk macam-macam kebutuhan manusia yang perlu terpenuhi. Kebutuhan bentuk ini terdiri atas kebutuhan material dan kebutuhan immaterial. Berikut masing-masing penjelasannya:

Kebutuhan Material

Kebutuhan material yakni kebutuhan yang berbentuk benda material atau benda berwujud, seperti tas, makanan, rumah, pakaian, dan lain sebagainya.

Kebutuhan Immaterial

Kebutuhan immaterial merupakan kebutuhan yang berbentuk benda immaterial atau benda yang tak berwujud, seperti nasihat ulama, penjelasan guru, hiburan, dan lain sebagainya.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Waktu

Kebutuhan menurut waktu terdiri atas kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa depan. Berikut masing-masing penjelasan dan contohnya:

Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang yaitu kebutuhan yang pemenuhannya tidak dapat ditunda dan harus dipenuhi saat kebutuhan tersebut dirasakan. Contoh kebutuhan sekarang seperti kebutuhan makan bagi yang lapar dan kebutuhan akan obat bagi yang sakit.

Kebutuhan Masa Depan

Kebutuhan masa depan merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat ditunda karena baru dibutuhkan pada saat yang akan datang.

Contoh kebutuhan masa depan seperti kebutuhan tempat tidur untuk anak bayi bagi ibu yang sedang hamil dan kebutuhan biaya kuliah bagi anak yang masih bersekolah.

Intinya, seseorang perlu mempersiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan masa depan, satu di antara caranya dengan menabung.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjek

Macam-macam kebutuhan manusia adalah kebutuhan menurut subjek. Kebutuhan ini tediri atas kebutuhan individu dan kebutuhan kualitatif/bersama.

Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi secara individu atau perorangan. Contoh kebutuhan ini seperti makan, minum, pakaian, sepatu, dan sikat gigi.

Kebutuhan individu setiap orang berbeda-beda. Misalnya seorang pelajar akan butuh buku-buku pelajaran, pulpen, jangka, pensil, dan sebagainya.

Sedangkan seorang tukang kayu membutuhkan gergaji, palu, paku, bor, serut kayu, dan pensil untuk melakukan berbagai aktivitas pekerjaannya.

Kebutuhan Bersama

Kebutuhan kolektif adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kepentingan bersama dan dilakukan secara bersama-sama. Kebutuhan bersama yang berwujud misalnya jalan, jembatan, listrik, dan angkutan umum.

Kebutuhan kelompok yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, kebersihan umum, dan menang dalam pertandingan.

Berbagai kebutuhan kelompok biasanya dilakukan secara umum, dengan jalan usaha bersama atau bisa dibiayai oleh pemerintah dari uang hasil pajak.

 

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis: Nisa Mutia Sari, Editor Rizky Mandasari. Published: 21/10/2019)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer