Sukses


Macam-Macam Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

Bola.com, Jakarta - Olahraga merupakan aktivitas yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Namun, masih banyak orang yang lalai atau melakukan kesalahan dalam olahraga.

Bukannya mendatangkan manfaat, olahraga yang dilakukan sembarangan justru berisiko membahayakan diri Anda sendiri.

Anda harus mempersiapkan diri dengan baik sebelum atau setelah olahraga, mulai aspek fisik, asupan makanan hingga istirahat.

Mengenali berbagai teknik dalam pelaksanaan olahraga penting untuk Anda ketahui agar terhindar dari cedera.

Kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga bisa menyebabkan cedera. Padahal, tujuan utama seseorang berolahraga tentunya adalah untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Lantas, apa saja kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang saat olahraga dan perlu kita hindari?

Berikut macam-macam kesalahan yang sering dilakukan saat olahraga, seperti disadur dari Klikdokter, Rabu (14/9/2022).

2 dari 4 halaman

Macam-macam Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

1. Melewatkan Pemanasan

Supaya otot lebih fleksibel sebelum ditempa, Anda perlu melakukan pemanasan. Sebab, otot dan tendon yang sudah "dipanaskan" tidak akan robek dengan mudah. Hal ini berarti jika sudah melakukan pemanasan, risiko cedera dapat berkurang.

Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan yang meliputi peregangan otot dan berjalan di tempat.

Pemanasan dilakukan agar peredaran darah, suhu tubuh, dan oksigen mengalir ke otot lebih banyak. Tindakan ini akan mempersiapkan otot untuk perubahan yang akan terjadi ketika berolahraga.

2. Tidak Konsisten Berolahraga

Melakukan olahraga hanya di akhir pekan kurang efektif bila dibandingkan dengan yang dilakukan secara rutin beberapa kali seminggu. Memadatkan porsi olahraga seminggu ke dalam satu hari akan meningkatkan risiko mengalami cedera.

Lakukan olahraga aerobik 20-30 menit per harinya sebanyak lima kali seminggu. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai 150 menit olahraga intensitas sedang. Tambahkan dengan latihan penguatan otot sebanyak dua kali seminggu.

3. Mengangkat Beban Berlebihan

Ini merupakan satu di antara kesalahan dalam olahraga yang perlu Anda waspadai. Mengangkat beban yang begitu berat dan terlalu cepat akan meningkatkan risiko cedera. Apa lagi jika Anda sudah lama tidak berolahraga.

Hal tersebut akan memudahkan robeknya otot maupun struktur penunjang di sekitarnya. Mulailah dengan menggunakan beban yang ringan dan angkat beberapa kali terlebih dahulu.

Setelah terbiasa, barulah perlahan tingkatkan dengan beban yang lebih berat secara bertahap, sesuai kemampuan.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

4. Tidak Memberi Otot Kesempatan untuk Beristirahat

Hindarilah melakukan olahraga secara berlebihan sampai membuat otot tidak berhenti bekerja. Ingat, melakukan latihan penguatan pada suatu kelompok otot butuh jeda selama 48 jam. Hal ini berarti Anda sebaiknya melakukannya dua hari sekali.

Jeda berguna untuk membangun kembali otot yang telah dilatih dan membuang produk sisa.

Sebagai contoh, apabila olahraga untuk melatih bahu dan lengan dilakukan pada hari Selasa dan Kamis, Anda bisa melatih otot bokong dan paha di hari Rabu dan Jumat.

5. Kurangnya Hidrasi

Tidak cukup minum juga menjadi satu di antara kesalahan dalam berolahraga. Mengapa demikian? Olahraga membuat tubuh mengalami penurunan kadar cairan serta elektrolit karena Anda berkeringat. Akibatnya, asam laktat menumpuk pada otot serta dapat memicu kram otot. 

Cara untuk mencegahnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Air akan memberi bantalan pada sendi sekaligus menstabilkan tekanan darah dan detak jantung.

Orang yang sehat membutuhkan 6-8 gelas cairan per hari. Kebutuhan ini akan meningkat ketika berolahraga.

Maka itu, air putih saja terkadang tidak cukup. Jika perlu, minuman olahraga bisa Anda konsumsi untuk menggantikan elektrolit yang terbuang.

6. Postur yang Buruk

Kesalahan olahraga berikutnya berkaitan dengan postur tubuh ketika latihan. Berhati-hatilah jika Anda kerap kali mengabaikan hal ini.

Berolahraga dengan postur membungkuk dan rounded shoulder memberi Anda risiko terhadap cedera punggung dan bahu, seperti robeknya tendon pada bahu.

Jadi ketika berolahraga, cek postur Anda di cermin. Jaga punggung tetap lurus dan sejajar dengan kepala. Bila perlu, minta pelatih untuk memperhatikan serta membetulkan postur Anda.

4 dari 4 halaman

Macam-macam Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Olahraga

7. Nutrisi yang Salah

Usai berolahraga, apakah Anda memperhatikan asupan makanan setelahnya? Banyak yang berpikir bahwa olahraga intensitas berat saja dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, nyatanya nutrisi yang menyertainya pun memegang peran penting.

Tidak hanya untuk mengontrol berat badan Anda, nutrisi dari makanan akan membantu agar massa tubuh berasal dari otot, bukan lemak.

8. Mementingkan Kuantitas Dibandingkan Kualitas

Tidak sedikit orang yang berpikir bahwa durasi memegang peran penting untuk mencapai target latihan. Perlu diketahui, berjam-jam di tempat Anda berolahraga belum tentu menjamin menurunnya massa lemak dan meningkatnya massa otot.

Waktu yang berkualitas ketika berolahraga ditentukan oleh setidaknya tiga hal, yakni:

  • Intensitas, atau seberapa ringan beratnya Anda berolahraga.
  • Jenis latihan yang Anda lakukan.
  • Progresivitas, yakni menambah volume latihan yang Anda lakukan secara bertahap.

Konsultasikan kepada pelatih olahraga untuk mendapatkan waktu olahraga yang berkualitas dan cocok untuk Anda.

9. Tidak Memiliki Rencana

Sering kali pemula melakukan olahraga secara asal, tanpa menyesuaikannya dengan tujuan berolahraga. Disadari atau tidak, ini merupakan satu di antara kesalahan olahraga.

Tak hanya tujuan yang tidak tercapai, Anda juga akan kehilangan waktu dan kesempatan untuk memahami dan menguasai suatu latihan.

Tetapkan tujuan Anda berolahraga. Setelahnya, pilihlah latihan yang sesuai dengan tujuan Anda tersebut. Kemudian, lakukan dengan rutin.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 8/3/2022)

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer