Sukses


Contoh-Contoh Bentuk Kerja Sama di Kelas, Siswa Wajib Tahu

Bola.com, Jakarta - Kerja sama adalah bentuk usaha bersama antarindividu ataupun kelompok demi mencapai tujuan yang diinginkan. Kerja sama dapat tercipta apabila setiap individu tersebut akan saling bahu-membahu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, kerja sama adalah kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama.

Seperti diketahui, manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan. Maka itu, kerja sama menjadi sikap yang perlu dimiliki setiap orang.

Bahkan, samangat kerja sama perlu ditanamkan sejak dini oleh anak-anak saat berada di sekolah, terutama di kelas.

Bentuk kerja sama di kelas yang dimaksud di sini bukan kerja sama dalam kejelekan seperti meninggalkan kelas tanpa izin maupun menyontek, tapi kerja sama dalam hal positif.

Kerja sama dengan teman satu kelas sangat diperlukan untuk mempererat hubungan, memupuk rasa kebersamaan, dan pekerjaan terasa lebih ringan. Tujuan lain dari kerja sama adalah pekerjaan bisa lebih cepat diselesaikan dibandingkan jika dikerjakan sendiri.

Berikut ini beberapa contoh kerja sama yang bisa dipraktikkan siswa di kelas, dilansir dari Smadwiwarna.sch.id, Kamis (12/1/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

1. Mengerjakan Tugas Kelompok

Contoh kerja sama di kelas yang pertama adalah mengerjakan tugas kelompok. Tugas sekolah yang diberikan guru biasanya tidak hanya dalam bentuk tugas individu tetapi ada juga tugas kelompok.

Jika diberikan tugas kelompok berarti tugas tersebut harus diselesaikan bersama-sama. Supaya mendapatkan hasil maksimal maka butuh kerja sama tim yang solid untuk mengerjakannya.

Kegiatan ini cukup efektif dilakukan karena dalam satu kelompok terdiri dari beberapa orang sehingga bisa bertukar pikiran, berdiskusi, menyampaikan ide, dan pendapat.

3 dari 6 halaman

2. Membersihkan Ruangan Kelas

Sebagai seorang siswa kamu diharuskan untuk menjaga kebersihan ruang kelas. Ruang kelas yang bersih akan membuat siswa serta guru yang ada di dalamnya menjadi nyaman dan pastinya terhindar dari penyakit.

Cara untuk membersihkan ruang kelas adalah dengan membagi jadwal piket kelas. Dalam satu hari ada beberapa siswa yang mendapatkan jadwal untuk piket kelas.

Beberapa siswa tersebut secara tidak langsung sedang latihan kerja sama di kelas. Di mana mereka bertanggungjawab untuk membersihkan kelas secara bersama-sama.

 

4 dari 6 halaman

3. Mematuhi Peraturan yang Ada di Sekolah

Bentuk kerja sama di kelas selanjutnya adalah mematuhi peraturan yang ada di sekolah. Contoh peraturan di sekolah adalah datang tepat waktu.

Jika ada siswa yang datang terlambat ke sekolah tentu akan merugikan siswa lainnya karena bisa mengganggu kegiatan belajar mengajar yang sedang berlangsung.

Peraturan sekolah lainnya yang harus ditaati oleh semua siswa adalah tidak menimbulkan kegaduhan ketika proses belajar mengajar berlangsung.

Kegaduhan yang tercipta tidak hanya mengganggu teman sekelas lainnya tetapi juga bisa mengganggu siswa yang ada di kelas lainnya.

 

5 dari 6 halaman

4. Belajar Kelompok

Belajar kelompok merupakan satu di antara cara belajar efektif yang sedang dilakukan. Saat belajar kelompok kamu bisa bertanya kepada teman lainnya mengenai materi pelajaran yang belum dipahami.

Selain itu, saat belajar kelompok kamu bisa bertukar pikiran dengan teman lainnya sehingga akan menambah wawasan.

Tidak bisa dimungkiri jika belajar kelompok memiliki banyak manfaat. Belajar kelompok bisa dilakukan di dalam kelas ketika sedang jam kosong atau setelah jam sekolah selesai.

 

6 dari 6 halaman

5. Membantu Teman yang Sedang Kesusahan

Contoh kerja sama di kelas berikutnya adalah membantu teman yang sedang kesusahan. Jika ada teman sekolah yang sedang sakit, terkena musibah dan sebagainya maka kamu bersama teman lainnya harus membantunya.

Kerja sama ini akan melatih kamu untuk peduli kepada sesama. Kamu bisa mengoordinasi teman satu kelas untuk mengumpulkan uang sumbangan.

Uang yang dikumpulkan nantinya akan diberikan kepada teman yang sedang kesusahan. Meski hal ini sangat sederhana tetapi memberikan dampak yang besar bagi teman yang sedang kesusahan.

Sumber: Web SMA Dwiwarna Boarding School

Baca artikel seputar contoh lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer