Sukses


Arti Komersial beserta Jenis dan Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Komersial adalah suatu yang memiliki nilai niaga atau jual beli yang tinggi. Kegiatan ini berkaitan erat dengan perdagangan dalam sebuah bisnis kecil maupun skala besar.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komersial adalah yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan atau dimaksudkan untuk diperdagangkan.

Sederhananya, komersial adalah sesuatu yang memungkinkan seseorang untuk menarik keuntungan dari produk si pencipta.

Komersial berkaitan dengan pembelian dan penjualan barang maupun jasa. Maka itu, ada banyak produk saat ini yang bisa dikatakan sebagai komersial.

Agar lebih paham lagi, berikut penjelasan lanjutan tentang komersil, disadur dari Merdeka, Kamis (2/2/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Komersial

Komersial adalah suatu hal yang terkait dengan pembelian dan penjualan barang maupun jasa. Biasanya, cara kerja pemasaran melibatkan berbagai aspek dan aktivitas yang berbeda-beda. Komersial terbagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang menyampaikan pesan kepada pendengar terkait suatu produk atau jasa. Iklan ini berusaha untuk memengaruhi audiens agar tertarik untuk membeli produk yang diiklankan.

Iklan komersial merupakan iklan yang dibuat untuk mempromosikan atau menawarkan sebuah produk dan jasa dari produsen.

Contoh iklan komersial: air mineral, produk mi instan, dan lainnya.

Perangkat Lunak Komersial

Perangkat lunak komersial adalah perangkat komputer yang dijual secara komersial di mana untuk menginstal dan menggunakannya harus membeli lisensinya terlebih dahulu, seperti software keluaran Microsoft.

Paper Komersial

Jenis komersial ini merupakan suatu sekuritas pasar yang berupa surat promise yang tanpa jaminan atau unsecure debt yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan besar. Umumnya, tingkat return atau imbal balik dari paper komersial ini cukup rendah.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Komersial

Bank Komersial

Bank komersial adalah nama lain dari bank umum yang orentiasinya adalah mencari laba dan menyediakan berbagai jasa keuangan seperti pembuatan deposito, tabungan, pinjaman kredit usaha, dan produk-produk investasi dasar lainnya.

Barter Komersial

Barter komersial adalah hal yang berkaitan dengan uang, barang, jasa, maupun sukarela yang menghasilkan keuntungan.

Contoh barter komersial: bank, mall, dan masih banyak lagi.

Siaran Komersial

Jenis-jenis komersial selanjutnya, yaitu siaran komersial. Jenis komersial ini berkaitan dengan uang, barang, jas, maupun sukarela yang menghasilkan keuntungan.

Contoh siaran komersial: radio, TV, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Tujuan Komersial

Komersial juga bisa diartikan segala sesuatu yang bernilai ekonomis atau memiliki nilai lebih sehingga bisa diambil keuntungan darinya, apa pun barangnya itu yang berpotensi dibuat menjadi komersial.

Adapun beberapa tujuan komersial adalah sebagai berikut:

1. Memengaruhi orang lain atau membujuk orang lain agar mereka mau membeli barang jasa yang telah kita iklankan untuk mereka.

2. Membagi sebuah informasi kepada masyarakat tentang suatu produk, barang, jasa, dan perusahaan yang bergerak di bidang tertentu.

3. Mendapatkan keuntungan.

 

Sumber: Merdeka.com (Penulis: Jevi Nugraha. Published: 22/7/2022)

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer