Sukses


Cara Membuat Resume Buku yang Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Resume buku adalah suatu dokumen yang mengandung ringkasan pengalaman, pendidikan, keahlian, dan pencapaian seseorang dalam sebuah cerita.

Resume buku juga bisa diartikan sebagai sebuah ringkasan atau rangkuman yang mengambil bagian dari inti atau pokok dari suatu tulisan dalam bentuk yang panjang, termasuk pada buku.

Resume buku biasanya mengambil isi atau gagasan pokok pada suatu buku.

Setelah diambil kemudian disusun secara lebih singkat, di dalamnya juga dituliskan lengkap mengenai identitas buku, tujuan dari penulisan buku, kelebihan dari buku, kekurangan dari buku, serta kesimpulan dari resume yang dilakukan.

Agar lebih paham, berikut cara membuat resume buku, dilansir dari laman Deepublishstore, Senin (5/6/2023).

2 dari 3 halaman

Cara Membuat Resume Buku

1. Membaca Buku Secara Menyeluruh

Sebelum melakukan resume buku, pastikan membaca buku yang akan diresume secara menyeluruh. Kamu perlu memahami isi dari buku tersebut sebelum melakukan resume buku.

Membaca buku secara menyeluruh akan mempermudah kamu dalam memahami maksud dan tujuan penulis yang disampaikan ke dalam buku tersebut.

2. Menemukan Gagasan Utama

Setelah membaca keseluruhan isi buku secara berulang-ulang dan bahkan mengetahui isi dari buku tersebut, tahap selanjutnya adalah menemukan gagasan utama dari buku tersebut.

Setelah membaca dan memahami, kamu perlu mencatat gagasan utama dari buku yang sudah kamu baca sebelum membuat ringkasan yang tepat.

Pada dasarnya, tidak semua paragraf yang ada di dalam buku tersebut mengandung gagasan utama. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk dapat menemukan gagasan utama atau ide pokok di dalam buku tersebut, sebagai batasan dalam menulis resume buku.

3. Mulai Menulis Resume

Setelah itu, gunakan catatan gagasan buku yang sudah didapatkan tadi untuk pegangan dan gambaran umum menulis resume buku. Tulislah gambaran umum mengenai isi buku secara menyeluruh ke dalam resume buku yang kamu tulis.

Tuliskan juga bagaimana hasil pencatatan dari gagasan utama di dalam resume buku yang kamu tulis.

Menulis resume buku adalah dengan cara membuat resume dengan bentuk paragraf demi paragraf yang dapat menjelaskan mengenai isi buku secara lengkap dan sederhana.

4. Membaca Kembali Resume yang Dibuat

Terakhir, setelah menulis resume buku, pastikan kamu kembali membaca resume buku yang sudah kamu buat tersebut. Hal ini penting untuk membantu kamu memastikan bahwa tidak ada kekeliruan dan kesalahan dalam menulis resume buku tadi.

Kamu harus memeriksa secara terperinci penulisan, pemilihan kata, dan lain sebagainya agar tulisan kamu berkualitas dan dapat dipahami pembaca.

3 dari 3 halaman

Perbedaan Resume dan Meringkas

Resume dan ringkasan adalah dua hal yang berbeda. Perbedaan utamanya terletak pada cara penulisannya. Resume tidak harus ditulis secara berurutan sesuai teks atau tulisan aslinya.

Sementara itu, ringkasan harus ditulis secara berurutan, teratur, dan sistematis sesuai teks atau tulisan aslinya. Selain itu, resume biasanya mencantumkan kekurangan dan kelebihan serta analisis mengenai suatu tulisan termasuk buku. 

Sedangkan meringkas hanya menuliskan rangkuman dari buku tanpa memperhatikan adanya kekurangan dan juga kelebihan di dalam buku tersebut.

 

Sumber: Deepublishstore

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer