Sukses


Jenis-Jenis Pencitraan beserta Tujuannya

Bola.com, Jakarta - Pencitraan berasal dari kata dasar "citra", yang bisa berbeda makna ketika digunakan untuk topik yang berbeda.

Dalam kajian sastra, pencitraan menjadi rasa yang dimunculkan oleh sebuah karya. Di mana citra menjadi jiwa di dalam karya yang menjadi tafsir atau interpretasi sebuah realita.

Pencitraan juga sering dikonotasikan sebagai sebuah usaha untuk menonjolkan citra terbaik seseorang atau sesuatu di mata publik.

Kegiatan ini biasanya hanya berlangsung sesaat karena tujuannya memang untuk mengubah persepsi orang.

Value sebuah pencitraan dianggap tidak jelas atau bahkan cenderung "kosong", sebab hanya "membungkus diri" sesuai gambaran yang disukai publik dan dilakukan untuk suatu waktu tertentu.

Berikut tujuan dan jenis-jenis pencitraan, dilansir dari laman Maxmanroe, Kamis (8/6/2023).

2 dari 3 halaman

Tujuan Pencitraan

1. Memberikan Ide atau Wawasan

Setiap pencitraan yang dilakukan oleh seseorang akan mengingatkannya pada suatu wawasan penting, atau memberi suatu ide kepada orang lain.

2. Meningkatkan Kemampuan

Pencitraan juga dapat membantu seseorang untuk meningkatkan kemampuannya dengan cara memvisualisasikan dirinya melakukan suatu tindakan sehingga mengarahkannya pada tindakan tersebut.

3. Memprediksi Hasil

Pencitraan yang dilakukan akan membantu penalaran dan pemecahan masalah, yaitu dengan memberikan kesanggupan pada seseorang untuk memprediksi hasil suatu tindakan. Misalnya, seseorang yang melihat isi rumah berantakan, ia segera paham bagaimana cara merapikannya.

4. Menalar Konsep Abstrak

Dengan pencitraan maka seseorang dapat menalar konsep-konsep abstrak dengan cara memvisualisasi simbol-simbol, misalnya diagram atau grafik tentang suatu hal.

5. Mendeskripsikan Situasi

Pencitraan dapat membantu seseorang dalam memberikan deskripsi verbal mengenai sesuatu atau seseorang.

6. Mengingatkan Kembali

Pencitraan bisa digunakan untuk mengingat kembali informasi visual atau spasial. Misalnya, seseorang yang mencoba mengingat kembali makan malam yang dihidangkan kemarin malam.

7. Menghapal Informasi

Melalui pencitraan, seseorang dapat menghapal suatu informasi. Misalnya, ingatan seseorang akan meningkat tajam ketika ia memvisualisasikan berbagai objek yang diberinama seolah nama objek tersebut berinteraksi.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Pencitraan

1. Citraan penglihatan

Citraan penglihatan adalah jenis pencitraan yang timbul karena adanya sarana penglihatan.

2. Citraan pendengaran

Citraan pendengaran adalah jenis pencitraan yang timbul melalui pendengaran untuk membangkitkan suasana tertentu.

3. Citraan penciuman

Jenis pencitraan ini timbul melalui indra penciuman dengan melukiskan ide abstrak menjadi konkret.

4. Citraan rasaan

Jenis pencitraan ini timbul melalui rangsangan emosi untuk mengarahkan imajinasi seseorang seolah-olah indra pengecapnya merasakan sesuatu.

5. Citraan rabaan

Citraan rabaan adalah jenis pencitraan yang timbul melalui rabaan sehingga seseorang dapat merasa seolah-olah tersentuh atau apa pun yang melibatkan efektivitas indera kulitnya.

6. Citraan gerak

Jenis pencitraan ini bertujuan untuk membuat suatu gambaran lebih hidup dengan melukiskan sesuatu yang diam seolah-olah bergerak.

 

Sumber: Maxmanroe

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer