Sukses


12 Contoh Kata-Kata Perkenalan Diri yang Bagus dan Menarik Disampaikan

Bola.com, Jakarta - Ketika kamu berada di suatu lingkungan baru, tentunya kamu harus perkenalkan diri terlebih dahulu. Entah perkenalkan diri secara tatap muka satu per satu maupun di depan banyak orang dalam suatu ruangan.

Perkenalkan diri adalah langkah awal serta adab yang baik ketika kamu ingin berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang baru.

Hal ini supaya orang yang ada di sekitar bisa mengenal dirimu dengan baik dan mereka merasa senang dengan kehadiranmu. Selain itu, sejalan dengan pepatah yang mungkin sudah sering kita dengar berkali-kali di kehidupan sehari-hari, yaitu 'tak kenal maka tak sayang'.

Perkenalan diri ini biasanya menyampaikan informasi mengenai nama, asal, umur, nama panggilan, dan informasi lain yang memang diperlukan.

Namun, saat kamu memperkenalkan diri pilihlah kata-kata yang baik dan sopan. Hanya, masih ada orang yang bingung merangkai kata-kata ketika perkenalan diri.

Berikut ini 12 contoh kata-kata perkenalan diri yang bagus dan menarik disampaikan, dikutip dari laman Ukulele dan Misbahuddindarusalam, Senin (3/7/2023).

2 dari 5 halaman

Contoh Kata-Kata Perkenalan Diri

1. "Halo teman-teman, aku ingin memperkenalkan diri. Namaku Siti Nurhaliza. Aku lahir di Bandung dan sekarang sedang pindah ke Jakarta untuk bekerja. Senang bertemu kalian."

2. "Halo nama saya Reza Gautama. Kalian boleh memanggil saya Reza. Saya berasal dari SMA 3 Pamekasan. Saya masuk ke perguruan tinggi ini lewat jalur SNMPTN. Saya adalah orang yang pandai bergaul sehingga saya harap bisa berteman dengan kalian semua. Terima kasih."

3. "Halo, Pak, saya ingin memperkenalkan diri. Nama saya Sarah Gunawan dan Anda bisa memanggil saya Sarah. Saya memiliki pengalaman PKL sebagai HSE di PT. Japfa. Selama kuliah, saya menjadi asisten laboratorium dosen di mikrobiologi lingkungan dan ekologi umum dan sekarang saya menjadi dosen selama dua tahun. Terima kasih."

4. "Halo, selamat siang. Saya di sini untuk memperkenalkan diri. Nama saya Budi Satrio. Nama pendek saya adalah Satrio. Saya adalah karyawan baru yang direkrut dua hari yang lalu. Saya bekerja di divisi administrasi bagian staf input data. Saya akan berkontribusi baik dalam perusahaan. Saya mohon bantuan dan bimbingan kepada rekan kerja semua. Terima kasih."

3 dari 5 halaman

Contoh Kata-Kata Perkenalan Diri

5. "Untuk semua teman-temanku, izinkan aku untuk memperkenalkan diri. Nama lengkapku adalah Siti Aisyah atau bisa dipanggil Aisyah. Aku adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Aku lahir di Madura, pada 19 Juli 2000. Hobiku adalah berenang dan pernah mengikuti kejuaraan renang bergengsi. Terima kasih atas perhatiannya."

6. "Halo teman-teman, namaku Triska Megawati atau biasa dipanggil Triska. Aku masuk ke kelas ini karena dari dulu memiliki ketertarikan dengan sains. Cita-citaku adalah menjadi guru sehingga aku ingin masuk kelas sains untuk mengembangkan skill dan bakat yang aku miliki. Semoga kita bisa berteman. Terima kasih."

7. "Halo, saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Kartika Susiawati dengan NIM 0183749. Saya dari kelompok sembilan, akan mempresentasikan tugas akhir dari mata kuliah mikrobiologi untuk topik mikroba tanah."

8. "Selamat pagi, perkenalkan nama saya dokter Bobby. Saya bertugas di rumah sakit swasta yang ada di Kota Bandung. Selain bekerja, saya memiliki hobby untuk bermain musik. Bersama teman saya mendirikan band pulang kerja bernama 'The Dokter'."

4 dari 5 halaman

Contoh Kata-Kata Perkenalan Diri

9. "Selamat siang semua, perkenalkan nama saya Ilham Badarudin. Saya berasal dari Kuningan dan saat ini berusia 27 tahun. Saat ini saya menggeluti dunia kepenulisan sebagai penulis novel. Karya saya bisa ditemukan di platform baca novel online, storial.com. Sebagai penulis novel, saya dituntut untuk terus berpikiran kreatif serta mencari ide segar untuk membuat cerita yang relate dengan para pembaca. Jika kamu punya cerita menarik, boleh sharing dengan saya, siapa tahu bisa jadi novel, loh. Sekian perkenalan diri saya, salam kenal semuanya."

10. "Halo, Bu, selamat pagi. Nama saya adalah Margarth Sans. Ibu bisa memanggil saya Sans atau Margareth. Saya berasal dari Jakarta dan saya tinggal di Jl. Untung Suropati No 3.  Saya lahir di Jakarta pada 1 Desember 1998. Di sini saya tinggal bersama nenek saya, namanya adalah Bu Hariati. Nenek saya adalah seorang petani. Mungkin itu dulu dari saya, saya senang dapat bertemu dengan Anda guru. Saya berharap kita dapat bekerja sama dengan baik. Terima kasih."

5 dari 5 halaman

Contoh Kata-Kata Perkenalan Diri

11. "Selamat pagi semuanya. Saya ingin memperkenalkan diri saya. Nama saya Fatmah, kalian bisa memanggil saya Bechy. Saya lahir di Maros pada 24 April 1999. Saya senang pelajaran kimia dan saya suka warna pink. Saya tinggal bersama orang tua saya. Saya mempunyai dua sadara perempuan dan saya adalah anak terakhir. Ayah saya adalah seorang polisi dan ibu saya adalah seorang ibu rumah tangga biasa. Saya sangat mencintai keluarga saya lebih dari apa pun. Baiklah itu saja perkenalan dari saya kali ini."

12. "Nama saya Putri Lestari. Saya berumur 28 tahun. Saya telah menyelesaikan program sarjana Psikologi di Universitas Indonesia. Saya melamar untuk posisi departemen sumber daya manusia. Saya percaya saya layak untuk posisi ini karena saya memiliki keterampilan yang baik dalam komunikasi dan managerial. Selain itu, saya fasih dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin, yang dapat membantu pekerjaan saya."

 

Sumber: Ukulele, Misbahuddindarusalam

Dapatkan artikel contoh berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer