Sukses


Apa Itu Interpretasi Data? Yuk, Pahami Penjelasan dan Contohnya

Bola.com, Jakarta - Interpretasi data adalah proses meninjau data sampai pada kesimpulan yang relevan dengan menggunakan berbagai metode analisis.

Analisis data membantu peneliti dalam mengategorikan, memanipulasi, dan meringkas data untuk menjawab pertanyaan kritis.

Dalam istilah bisnis, interpretasi data adalah pelaksanaan berbagai proses.

Proses ini menganalisis dan merevisi data untuk mendapatkan wawasan dan mengenali pola dan perilaku yang muncul.

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang interpretasi data, dilansir dari lp2m.uma.ac.id, Senin (25/9/2023).

2 dari 3 halaman

Langkah-Langkah dalam Menginterpretasikan Data

1. Kumpulkan datanya

Langkah pertama dalam interpretasi data adalah mengumpulkan semua data yang relevan. Kamu dapat melakukan ini dengan terlebih dahulu memvisualisasikannya dalam batang, grafik, atau diagram lingkaran.

Langkah ini bertujuan untuk menganalisis data secara akurat dan tanpa bias. Berikut adalah dua pola pertanyaan yang akan membantu kamu memahami lebih baik.

  • Apakah ada kekurangan atau perubahan yang terjadi selama proses pendataan?
  • Sudahkah kamu menyimpan catatan atau indikator observatorium?

Kamu dapat melanjutkan ke tahap berikutnya ketika kamu memiliki semua data kamu.

2. Kembangkan penemuan kamu

Pada bagian ini berisi ringkasan dari temuanmu. Di sini, kamu memeriksa data secara menyeluruh untuk mengidentifikasi tren, pola, atau perilaku.

Jika kamu meneliti sekelompok orang menggunakan populasi sampel, ini adalah bagian di mana kamu memeriksa pola perilaku.

Kamu dapat membandingkan pengurangan ini dengan kumpulan data sebelumnya, kumpulan data serupa, atau hipotesis umum di industri kamu. Tujuan langkah ini adalah untuk membandingkan deduksi ini sebelum menarik kesimpulan apa pun.

3. Menarik Kesimpulan

Setelah mengembangkan temuan dari kumpulan data, kamu dapat menarik kesimpulan berdasarkan tren yang kamu temukan.

Temuanmu harus menjawab pertanyaan yang mendorong penelitianmu. Jika mereka tidak menjawab, tanyakan alasannya; mungkin menghasilkan penelitian atau pertanyaan tambahan.

4. Berikan rekomendasi

Prosedur interpretasi data berakhir dengan tahap ini. Setiap kesimpulan penelitian harus menyertakan rekomendasi.

Hal itu karena rekomendasi adalah ringkasan dari temuan dan kesimpulanmu. Rekomendasi itu harus singkat. Hanya ada dua pilihan untuk rekomendasi; kamu dapat merekomendasikan tindakan atau menyarankan penelitian tambahan.

3 dari 3 halaman

Contoh interpretasi data

Contoh 1

Katakanlah penggunamu termasuk empat kelompok usia. Jadi, perusahaan dapat melihat kelompok usia mana yang menyukai konten atau produk mereka.

Berdasarkan diagram batang atau diagram lingkaran, mereka dapat mengembangkan strategi pemasaran untuk menjangkau kelompok yang tidak terlibat atau strategi penjangkauan untuk menumbuhkan basis pengguna inti mereka.

Contoh 2

Contoh lain dari analisis data adalah penggunaan CRM rekrutmen oleh bisnis. Mereka menggunakannya untuk menemukan kandidat, melacak kemajuan mereka, dan mengelola seluruh proses perekrutan mereka untuk menentukan bagaimana mereka dapat mengotomatiskan alur kerja mereka dengan lebih baik.

 

Sumber: Lp2m.uma.ac.id

Yuk, baca artikel edukasi lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer