Sukses


Macam-Macam Tanda Seseorang Terkena Anemia

Bola.com, Jakarta - Anemia merupakan kondisi medis yang sering terjadi, tetapi sering kali terabaikan. Kondisi ini terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin yang penting untuk memasok oksigen ke seluruh tubuh.

Anemia dapat memengaruhi siapa saja, dari berbagai kelompok usia dan latar belakang. Meski umum terjadi, sering kali tanda-tanda awal anemia tidak terlalu spesifik dan bisa diabaikan.

Maka itu, penting bagi kita mengetahui gejala anemia sebagai langkah awal dalam merawat kesehatan diri.

Gejala umum anemia seperti kelelahan yang berlebihan, kulit pucat hingga sering merasa lemah dan sesak napas.

Untuk lebih jelasnya, berikut macam-macam tanda seseorang terkena anemia, seperti dilansir dari Healthline, Rabu (29/11/2023)

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tanda Seseorang Terkena Anemia

1. Jantung Berdebar-debar

Detak jantung yang terlalu sering frekuensinya, juga dikenal sebagai jantung berdebar, bisa menjadi gejala lain dari anemia. 

Hubungan antara kekurangan zat besi, anemia, dan masalah jantung mungkin terkait dengan suplai oksigen yang dialirkan oleh darah ke seluruh tubuh dan jantung.

Hemoglobin adalah protein dalam sel darah merah yang membantu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Pada anemia kadar hemoglobin yang rendah berarti jantung harus bekerja ekstra keras untuk membawa oksigen.

Hal ini dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur atau perasaan bahwa jantungmu berdetak sangat cepat. Dalam kasus yang ekstrem, dapat menyebabkan pembesaran jantung, murmur jantung, atau gagal jantung.

2. Nyeri Dada

Ketika sering mengalami nyeri di bagian dada, bisa saja itu mengartikan kamu memiliki anemia atau kadar hemoglobin berada di bawah normal.

Jantung membutuhkan oksigen untuk berfungsi dengan baik. Tanpa memiliki oksigen dan hemoglobin yang cukup, jaringan pada jantung akan menganggap tubuh mengalami gangguan aliran darah.

Pada penderita anemia yang cukup parah, hal ini dapat menyebabkan infark miokard atau yang lebih dikenal sebagai serangan jantung.

3 dari 4 halaman

Tanda Seseorang Terkena Anemia

3. Sesak Napas

Jika kamu merasa tidak dapat mengatur napas, terutama saat berolahraga, saat menaiki tangga atau ketika kamu mengangkat beban, hal itu berarti tubuhmu tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan.

Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah membantu tubuh untuk menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika kadar hemoglobin rendah di mana terjadi pada pengidap anemia, kadar oksigen dalam tubuh juga akan ikut rendah.

4. Sakit Kepala

Jika sering mengalami sakit kepala, mungkin saja hal tersebut adalah tanda kamu memiliki anemia. Kekurangan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh dapat menyebabkan otak kekurangan asupan oksigen dan hal tersebut dapat menyebabkan sakit kepala.

5. Kulit Pucat

Ketika jantung dan otak yang merupakan dua organ tubuh paling penting tidak mendapatkan cukup oksigen, tubuh akan mengirimkan banyak darah ke dua organ tersebut, dan mengurangi asupan darah ke bagian tubuh yang lain.

Ketika darah yang mengalir ke kulitmu hanya sedikit, kemungkinan kamu akan kehilangan sebagian besar warna kulit, dan jika anemia telah cukup parah akan membuat kulit berubah menjadi abu-abu atau pucat.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Tanda Seseorang Terkena Anemia

6. Kekebalan Tubuh Menurun

Ketika kamu sering kelelahan dan memiliki energi yang sangat sedikit, kekebalan atau kemampuan tubuh dalam melawan penyakit akan berkurang.

Hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit karena tubuh tidak dapat melawannya dengan maksimal sehingga kamu akan mudah sakit dan kelelahan.

7. Mudah Merasa Lelah

Mudah merasa lelah adalah tanda paling umum bagi mereka yang terkena anemia atau kekurangan zat besi. Hal tersebut memengaruhi sebagian besar pengidap anemia.

Hal tersebut terjadi karena tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat protein yang disebut hemoglobin, yang ditemukan dalam sel darah merah. Hemoglobin membantu darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Kondisi di mana tubuh kamu tidak memiliki kadar hemoglobin yang tidak cukup, dapat menyebabkan lebih sedikit oksigen yang mencapai sel dan otot sehingga tubuh mudah merasa lelah.

Selain itu, jantung harus bekerja lebih keras untuk memindahkan lebih banyak darah yang kaya oksigen ke seluruh tubuh, yang dapat membuatmu mengeluarkan energi ekstra dan menyebabkan kelelahan.

 

Sumber: Healthline

Yuk, baca juga artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Sepak Bola Indonesia

Video Populer

Foto Populer