Sukses


28 Kata-Kata Ucapan Hari Bela Negara 2023, Mengandung Semangat Patriotisme

Bola.com, Jakarta - Hari Bela Negara diperingati pada 19 Desember setiap tahunnya. Tahun 2023, Hari Bela Negara memasuki peringatan ke-75 sejak kali pertama diperingati pada 1948.

Tanggal 19 Desember dipilih sebagai Hari Bela Negara bermula dari sejarah peristiwa Agresi Militer Belanda II pada 1948.

Peringatan Hari Bela Negara bertujuan untuk mengenang perjuangan para pahlawan, serta menjadi refleksi untuk menanamkan semangat persatuan dan patriotisme bagi warga Indonesia.

Nah, sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita perlu menyambut hari bersejarah ini. Satu di antara cara menyiapkan dan membagikan kata-kata ucapan Hari Bela Negara 2023.

Kata-kata ucapan Hari Bela Negara 2023 ini mengandung semangat patriotisme sehingga cocok untuk kamu unggah di media sosial.

Berikut 28 kata-kata ucapan Hari Bela Negara 2023, disadur dari Merdeka, Selasa (5/12/2023).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Bela Negara 2023

1. "Patriotisme modern, patriotisme sejati, satu-satunya patriotisme rasional adalah kesetiaan kepada bangsa sepanjang waktu, kesetiaan kepada Negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara."

2. "Jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untuk kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara."

3. "Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan bangsa dan negara merupakan indikator kita cinta negara. Selamat Hari Bela Negara."

4. "Apabila ingin negara terus merdeka, mari junjung tinggi persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2023!"

5. "Seorang patriot sejati akan berjuang untuk tanah airnya. Selamat Hari Bela Negara."

6. "Indonesia indah, negeri yang kaya, tempat kita mengejar asa yang dimerdekakan para pejuang bangsa. Kita wajib bela segenap hati dan tenaga. Mari peringati Hari Bela Negara 19 Desember 2023."

7. Satu di antara hak dan kewajiban saya, kamu, kalian, kita warga negara Indonesia ialah membela tanah airnya. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2023."

3 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Bela Negara 2023

8. "Tanamkan bahwa seorang pahlawan sebagai seseorang yang memahami tingkat tanggung jawab yang datang dengan kemerdekaannya."

9. "Tak perlu keluar darah, cukup keringat dan pikiran untuk menjadi bermanfaat. Selamat Hari Bela Negara."

10. "Menegakkan dan mematuhi hukum di tengah ketakadilan yang tampak jelas adalah bagian dari bela negara. Karena bela negara tak harus dengan angkat senjata. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2023."

11. "Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Selamat Hari Bela Negara."

12. "Seseorang mencintai negara mereka bukan karena negara itu hebat, tetapi karena itu adalah milik mereka sendiri. Selamat Hari Bela Negara."

13. "Orang baik orang yang bijak juga pemberani telah berbaring di jalur sejarah dan itu adalah pahlawan. Kini sejarah bukan sekedar kata-kata, tetapi harus dimaknai lebih dari sekadar mengatakan, tapi bahu-membahu memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang telah ada. Selamat Hari Bela Negara!"

14. "Berada di garda terdepan tak membuat para patriot bangsa gentar. Maju dan berperang telah merasuk ke dalam nadi hingga akhir hayat. Selamat Hari Bela Negara."

4 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Bela Negara 2023

15. "Patriotisme adalah keyakinan Anda bahwa negara ini lebih unggul dari semua negara lain karena Anda dilahirkan di dalamnya. Selamat Hari Bela Negara."

16. "Pada awal suatu perubahan, patriot adalah orang yang langka, berani, dan dibenci. Namun, ketika perjuangannya berhasil, hanya taburan doa menghiasi mutiara perjuangannya. Selamat Hari Bela Negara."

17. "Teman-teman Indonesiaku, jangan tanyakan apa yang bisa negara lakukan untuk kita, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk negara Indonesia. Selamat Hari Bela Negara."

18. "Sementara hanya satu hari dalam setahun yang didedikasikan sepenuhnya untuk menghormati para pahlawan kita, Bangsa Indonesia tidak boleh melupakan pengorbanan yang telah dilakukan oleh para pejuang untuk membela negara dan melindungi kemerdekaan Bangsa ini. Selamat Hari Bela Negara."

19. "Warisan para pahlawan adalah ingatan nama besar dan pewarisan contoh yang bagus untuk seluruh bangsa Indonesia. Selamat Hari Bela Negara."

20. "Gantungkan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang. Selamat Hari Bela Negara."

21. Indonesia indah, negeri yang kaya, tempat kita mengejar asa yang dimerdekakan para pejuang bangsa, kita wajib bela segenap hati dan tenaga. Mari peringati Hari Bela Negara 19 Desember 2023."

5 dari 5 halaman

Kata-Kata Ucapan Hari Bela Negara 2023

22. Selamat Hari Bela Negara, semoga kita semua dapat terus memperkuat semangat patriotisme dan nasionalisme di tengah-tengah tuntutan zaman yang makin kompleks."

23. "Marilah kita sama-sama mengenang pejuang dan pengorbanan para pejuang kemerdekaan Indonesia pada Hari Bela Negara ini, serta terus memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang bersatu dan berdaulat."

24. "Pada Hari Bela Negara ini, marilah kita sama-sama bersyukur atas kemerdekaan Indonesia yang telah dicapai berkat perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kemerdekaan. Semoga terus maju dan sejahtera."

25. "Selamat Hari Bela Negara, semoga kita semua dapat menjadi warga negara yang setia dan taat kepada negara Indonesia."

26. "Pada Hari Bela Negara ini, marilah kita sama-sama bersikap patriotik dan selalu memperjuangkan kepentingan bersama bangsa Indonesia. Selamat Hari Bela Negara."

27. "Bersedia mengorbankan waktu dan pikiran untuk kemajuan bangsa dan negara merupakan indikator kita cinta negara. Selamat Hari Bela Negara."

28. "Mari membela dan menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, pertebal rasa cinta tanah air dan berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai tugas dan profesi masing-masing. Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2023."

 

Disadur dari: Merdeka.com

Dapatkan artikel kata-kata dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer