Sukses


Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

Bola.com, Jakarta - Penyakit jantung merupakan satu di antara penyakit yang menjadi penyebab utama kematian di dunia. Dengan tingginya angka kejadian dan dampaknya yang serius terhadap kesehatan, pengetahuan tentang jenis-jenis penyakit jantung penting untuk diketahui.

Ada berbagai jenis penyakit jantung, dari penyakit jantung koroner, gagal jantung, penyakit katup jantung, hingga aritmia jantung.

Penyakit jantung koroner terjadi ketika pembuluh darah yang memasok darah ke jantung mengalami penyumbatan atau penyempitan. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung atau angina.

Sementara itu, gagal jantung terjadi ketika jantung tidak mampu memompa darah dengan efektif, menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru dan tubuh.

Semua jenis penyakit jantung memiliki gejala dan faktor risiko yang berbeda-beda sehingga pengetahuan tentang masing-masing jenis penyakit jantung penting untuk pencegahan, diagnosis, dan pengelolaan penyakit tersebut.

Untuk memahaminya lebih lanjut, Anda bisa menyimak artikel ini.

Berikut jenis-jenis penyakit jantung yang perlu diwaspadai, Senin (19/2/2024).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

1. Jantung Koroner

Penyakit yang disebabkan oleh penyempitan atau sumbatan pada pembuluh darah koroner, yang mengakibatkan gangguan aliran darah ke jantung. Gejalanya meliputi nyeri dada atau angina, sesak napas, dan serangan jantung.

2. Penyakit Jantung Hipertensi

Jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah karena tekanan darah tinggi. Hal ini dapat menyebabkan pembesaran jantung, gagal jantung, atau serangan jantung.

3. Gagal Jantung

Jantung tidak mampu memompa darah dengan efisien, menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru atau tubuh.

Gejala meliputi sesak napas, kelelahan, dan pembengkakan kaki.

4. Aritmia

Gangguan detak jantung yang dapat menyebabkan detak jantung terlalu cepat, terlalu lambat, atau tidak teratur. Hal ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, atau gagal jantung.

5. Penyakit Jantung Bawaan

Kelainan struktur jantung yang sudah ada sejak lahir, seperti lubang pada dinding jantung, masalah katup jantung, atau kelainan saluran darah.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

6. Endokarditis

Infeksi pada lapisan dalam jantung atau katup jantung, yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

7. Miokarditis

Peradangan pada otot jantung atau miokardium, yang bisa disebabkan oleh infeksi virus atau autoimun.

8. Kardiomiopati

Kelainan pada struktur atau fungsi otot jantung, yang dapat menyebabkan gagal jantung atau aritmia.

9. Penyakit Jantung Reumatik

Komplikasi dari infeksi tenggorokan yang tidak diobati, yang dapat merusak katup jantung dan menyebabkan gangguan jantung.

10. Sindrom X-Syndrome

Kondisi di mana pasien mengalami gejala penyakit jantung, tetapi pemeriksaan tidak menunjukkan adanya penyakit arteri koroner yang jelas.

Gejala meliputi nyeri dada dan iskemia jantung.

 

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer