Sukses


Macam-Macam Makanan yang Harus Dihindari saat Demam

Bola.com, Jakarta - Pada saat tubuh berada dalam kondisi demam, memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi menjadi krusial. Makanan tidak hanya memberikan nutrisi yang diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga dapat berpengaruh pada proses penyembuhan.

Pentingnya asupan makanan yang tepat selama demam tidak dapat dipandang sebelah mata.

Demam sering kali disertai dengan penurunan nafsu makan dan kelemahan tubuh sehingga penting untuk memilih makanan yang tidak hanya mudah dicerna, tetapi juga memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk memerangi infeksi.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari untuk membantu proses penyembuhan. Satu di antaranya adalah makanan pedas karena dapat membuat tubuh makin panas dan memperparah kondisi demam.

Untuk memahami lebih lanjut makanan apa saja yang perlu dihindari saat demam, Anda bisa menyimak artikel ini.

Berikut macam-macam makanan yang harus dihindari saat demam, Kamis (22/2/2024).

2 dari 3 halaman

Macam-Macam Makanan yang Harus Dihindari saat Demam

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi seperti fast food, gorengan, dan makanan tinggi lemak jenuh bisa menyebabkan perut terasa tidak nyaman saat demam.

Lemak yang tinggi dapat membuat pencernaan bekerja lebih keras sehingga membuat tubuh makin lelah. Selain itu, makanan berlemak tinggi juga dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, yang dapat memperparah gejala demam.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat meningkatkan suhu tubuh dan membuat kita berkeringat lebih banyak. Hal ini dapat membuat tubuh makin lelah dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, makanan pedas dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan perut, yang akan makin memperburuk kondisi saat demam.

3. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula seperti permen, cokelat, dan minuman manis dapat memengaruhi kadar gula darah dan energi tubuh. Saat demam, tubuh memerlukan asupan gizi yang seimbang untuk membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi.

Makanan tinggi gula hanya akan memberikan energi sementara dan juga dapat memengaruhi proses penyembuhan tubuh.

3 dari 3 halaman

Macam-Macam Makanan yang Harus Dihindari saat Demam

4. Makanan Tinggi Kafein

Makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sebaiknya dihindari saat demam. Kafein dapat meningkatkan denyut jantung dan membuat tubuh makin tidak stabil.

Selain itu, kafein dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperburuk gejala demam seperti sakit kepala, kelelahan, dan peningkatan suhu tubuh.

5. Makanan dan Minuman Dingin

Makanan dan minuman dingin dapat menyebabkan perut terasa tidak nyaman dan merangsang produksi lendir pada tenggorokan, yang dapat memperburuk gejala demam seperti batuk dan pilek.

Selain itu, makanan dan minuman dingin dapat menurunkan suhu tubuh secara tiba-tiba, yang dapat membuat tubuh makin kedinginan.

6. Makanan Olahan

Makanan olahan seperti sosis, nugget, dan makanan kalengan sebaiknya dihindari saat demam. Makanan olahan biasanya mengandung bahan pengawet dan tambahan kimia lainnya yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Saat demam, tubuh memerlukan asupan makanan segar dan alami yang dapat membantu proses penyembuhan.

 

Yuk, baca artikel macam-macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer