Sukses


Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Penyakit kulit merupakan masalah kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Penyakit kulit merupakan kondisi di mana kulit mengalami berbagai perubahan yang tidak normal, seperti ruam, kemerahan, gatal, dan perubahan tekstur kulit.

Penyakit kulit dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk infeksi bakteri, virus, atau jamur, reaksi alergi terhadap bahan kimia atau zat alergen, gangguan autoimun, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta faktor genetik dan lingkungan.

Penyebab umum dari penyakit kulit adalah infeksi bakteri atau jamur, yang dapat menyebabkan berbagai kondisi seperti jerawat, eksim, dan kurap. Selain itu, reaksi alergi terhadap bahan kimia seperti sabun, deterjen, atau kosmetik menjadi penyebab umum dari penyakit kulit.

Gangguan autoimun seperti psoriasis dan lupus juga menjadi faktor penyebab utama dari penyakit kulit. Selain itu, paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan berbagai kondisi kulit seperti penuaan dini dan kanker kulit.

Dengan banyaknya faktor penyebab, penting bagi individu untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulitnya serta menghindari paparan zat-zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi.

Berkonsultasi dengan dokter kulit juga penting untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan menghindari komplikasi yang lebih serius.

Dengan pemahaman yang baik mengenai penyebab penyakit kulit, diharapkan individu dapat mencegah dan mengatasi kondisi kulit yang tidak diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis penyakit kulit, Minggu (25/2/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diketahui

Jerawat

Merupakan kondisi umum yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati, menyebabkan pembentukan komedo dan jerawat.

Eksim (Dermatitis Atopik)

Suatu kondisi kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan meradang. Eksim sering kali terkait dengan reaksi alergi.

Psoriasis

Penyakit kulit yang menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang cepat, menyebabkan kulit menjadi tebal, merah, dan bersisik.

Kutil

Disebabkan oleh virus papiloma manusia (HPV) dan sering muncul sebagai benjolan kecil yang kasar di kulit atau selaput lendir.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diketahui

Kurap (Ringworm)

Sebenarnya bukan cacing, tetapi infeksi jamur pada kulit yang dapat menyebabkan bercak merah atau lingkaran pada kulit.

Urtikaria (Biduran)

Reaksi alergi yang menyebabkan bengkak merah gatal pada kulit, sering kali akibat paparan alergen tertentu.

Lichen Planus

Kondisi kulit yang menyebabkan bercak-bercak ungu atau putih, bersisik, dan gatal.

Rosacea

Kondisi kulit yang menyebabkan kemerahan dan pembengkakan di wajah, sering kali memengaruhi area pipi, hidung, dagu, dan dahi.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang Perlu Diketahui

Vitiligo

Kondisi di mana sel-sel yang memberikan warna pada kulit (melanosit) dihancurkan, menyebabkan kehilangan warna pada kulit dan rambut.

Dermatitis Kontak

Reaksi kulit terhadap zat tertentu, baik karena alergi atau iritasi.

Skabies (Kudis)

Penyakit kulit yang disebabkan oleh tungau kecil yang menggali ke dalam kulit, menyebabkan gatal intens.

Luka Bakar Matahari (Sunburn)

Kemerahan dan peradangan kulit akibat paparan sinar UV dari matahari.

Herpes Simpleks

Infeksi virus yang menyebabkan pembentukan lepuh kecil dan nyeri, sering kali di sekitar mulut atau kelamin.

 

Yuk, baca artikel jenis lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer