Sukses


Jenis-Jenis Sampah Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Sampah merupakan masalah lingkungan yang terus meningkat di seluruh dunia. Dengan makin banyaknya jenis sampah yang dihasilkan, penting bagi kita untuk memahami berbagai jenis sampah yang ada dan dampaknya terhadap lingkungan.

Satu di antara jenis sampah yang biasa kita temui adalah sampah organik, sampah ini biasa berupa sisa makanan dan daun yang bisa diurai secara alami. Jenis sampah ini memiliki potensi untuk dijadikan pupuk organik yang bermanfaat bagi tanaman.

Dengan pemahaman yang lebih baik tentang jenis-jenis sampah, diharapkan kita dapat lebih sadar akan pentingnya pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Dengan demikian, kita dapat berperan aktif dalam menjaga lingkungan dan menciptakan planet yang lebih bersih dan berkelanjutan untuk generasi mendatang.

Berikut jenis-jenis sampah beserta penjelasannya yang perlu dipahami, Kamis (29/2/2024).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Sampah Beserta Penjelasannya

1. Sampah organik

Sampah organik adalah jenis sampah yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti sisa makanan, daun, atau potongan tanaman.

Sampah ini mudah terurai dan dapat diolah kembali menjadi kompos.

2. Sampah anorganik

Sampah anorganik adalah jenis sampah yang berasal dari bahan-bahan non-biologis, seperti plastik, kaca, logam, dan kertas.

Sampah ini sulit terurai dan sulit untuk didaur ulang.

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)

Sampah B3 adalah jenis sampah yang mengandung bahan-bahan beracun, berbahaya, dan beracun, seperti baterai, lampu pijar, minyak bekas, dan obat-obatan.

Sampah ini memerlukan penanganan khusus untuk menghindari dampak negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia.

4. Sampah elektronik (E-waste)

Sampah elektronik adalah jenis sampah yang berasal dari perangkat elektronik yang sudah tidak terpakai lagi, seperti handphone, komputer, dan perangkat elektronik lainnya.

Sampah ini mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri dan timbal.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Sampah Beserta Penjelasannya

5. Sampah medis

Sampah medis adalah jenis sampah yang berasal dari aktivitas medis, seperti jarum suntik, perban bekas, dan obat-obatan kadaluwarsa.

Sampah ini memerlukan penanganan khusus karena dapat menimbulkan risiko penularan penyakit.

6. Sampah plastik

Sampah plastik adalah jenis sampah yang berasal dari produk-produk plastik, seperti kantong plastik, botol minuman, dan kemasan makanan.

Sampah plastik sulit terurai dan menjadi satu di antara masalah lingkungan yang serius.

7. Sampah kota

Sampah kota adalah jenis sampah yang berasal dari aktivitas perkotaan, seperti limbah rumah tangga, limbah komersial, dan limbah industri kecil.

Sampah ini memerlukan pengelolaan yang baik agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan dan kesehatan.

 

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer