Sukses


Jenis-Jenis Ekosistem yang Ada di Darat dan Air

Bola.com, Jakarta - Ekosistem merupakan lingkungan yang terbentuk oleh interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.

Dalam lingkungan ini terdapat berbagai jenis ekosistem yang begitu beragam dan unik. Jenis-jenis ekosistem ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti iklim, topografi, dan vegetasi yang ada di dalamnya.

Satu di antara jenis ekosistem yang dikenal adalah hutan hujan tropis. Hutan ini terletak di daerah tropis yang memiliki curah hujan tinggi sepanjang tahun. 

Selain hutan hujan tropis, ada juga ekosistem gurun yang sangat berbeda dengan hutan hujan. Ekosistem gurun terbentuk di daerah yang memiliki curah hujan yang sangat rendah dan kondisi iklim yang ekstrem.

Masih ada berbagai jenis ekosistem lainnya, untuk mempelajarinya lebih lanjut kamu bisa mencermatinya di bawa ini.

Berikut ini jenis-jenis ekosistem yang ada di darat dan air, yang bisa kamu pelajari, Selasa (5/3/2024).

2 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Ekosistem yang Ada di Darat dan Air

1. Hutan Hujan Tropis

Ekosistem ini terdapat di daerah tropis dengan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Ekosistem ini kaya akan keanekaragaman hayati, dengan pepohonan besar dan tajuk yang rapat.

2. Ekosistem Padang Rumput

Umumnya ditemukan di daerah yang memiliki iklim kering dengan hujan yang jarang dan tanah yang miskin nutrisi. Ekosistem ini didominasi oleh rerumputan dan tumbuhan semak.

3. Ekosistem Gurun

Ekosistem ini ditemukan di daerah dengan curah hujan yang sangat rendah dan temperatur yang tinggi. Tanaman dan hewan yang hidup di sini memiliki adaptasi khusus untuk mengatasi kondisi yang keras, seperti kemampuan menyimpan air dalam jangka waktu yang lama.

4. Ekosistem Laut

Ekosistem ini meliputi lautan dan semua makhluk hidup di dalamnya. Ekosistem ini sangat luas dan terdiri dari berbagai habitat seperti terumbu karang, laut dalam, dan litoral.

5. Ekosistem Sungai

Terdapat di sepanjang aliran air tawar seperti sungai, danau, atau rawa. Ekosistem ini dapat mendukung kehidupan banyak organisme air seperti ikan, amfibi, dan hewan air lainnya.

3 dari 3 halaman

Jenis-Jenis Ekosistem yang Ada di Darat dan Air

6. Ekosistem Gunung

Ekosistem ini terdapat di daerah pegunungan dengan curah hujan yang tinggi. Ekosistem ini memiliki kondisi lingkungan yang ekstrem dengan perbedaan suhu yang besar, tingkat oksigen yang rendah, dan kondisi gravitasi yang berbeda.

7. Ekosistem Hutan Mangrove

Terdapat di daerah pesisir dengan kisaran pasang surut air laut yang tinggi. Ekosistem ini penting karena fungsi perlindungan pesisir dan menjadi habitat bagi banyak spesies, termasuk ikan, burung, dan hewan kecil lainnya.

8. Ekosistem Danau

Lingkungan perairan tawar yang dalam dan luas yang mendukung kehidupan organisme air seperti ikan, burung air, dan plankton.

9. Ekosistem Terumbu Karang

Terumbu karang adalah ekosistem laut yang terdiri dari koloni hewan karang yang hidup dalam hubungan simbiosis dengan alga. Terumbu karang memberikan tempat berlindung dan makan bagi banyak spesies ikan dan hewan laut lainnya.

 

Yuk, baca artikel jenis-jenis lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer