Sukses


Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek, Lengkap beserta Jawabannya

Bola.com, Jakarta - Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) telah menjadi bagian integral dari kehidupan manusia modern. Kemajuan iptek tidak hanya memengaruhi bidang ilmu pengetahuan, tetapi juga mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan belajar.

Iptek memiliki peran penting dalam kemajuan dan perkembangan masyarakat modern. Ilmu pengetahuan membantu kita memahami dunia di sekitar kita, mulai peristiwa alamiah seperti gerhana matahari, hingga struktur dasar materi di alam semesta.

Sementara itu, teknologi, menerjemahkan pengetahuan tersebut menjadi aplikasi yang berguna, misalnya dalam bidang komunikasi, transportasi, kesehatan, energi, dan lain-lain.

Sebagai contoh, ilmu pengetahuan fisika membantu kita memahami hukum-hukum gerak dan energi, sedangkan teknologi menghasilkan mobil, pesawat terbang, dan alat transportasi modern lainnya.

Iptek tidak hanya berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup manusia, tetapi juga menjadi landasan dalam menghadapi berbagai tantangan global seperti perubahan iklim, krisis energi, kesehatan masyarakat, dan keamanan pangan.

Dengan terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan menerapkan teknologi yang inovatif, kita dapat menciptakan solusi-solusi yang berkelanjutan dan membawa dampak positif bagi masyarakat secara luas.

Maka itu, pengembangan dan penerapan Iptek harus dilakukan secara bijaksana, bertanggung jawab, dan berkelanjutan.

Pemahaman yang mendalam tentang Iptek akan memberikan wawasan yang lebih baik tentang cara kerja dunia ini dan mempersiapkan kita untuk menghadapi masa depan yang penuh dengan perubahan dan tantangan.

Itulah sedikit penjelasan tentang Iptek. Untuk mengasah pengetahuan, kamu bisa membaca dan mencermati contoh soal tentang Iptek.

Berikut ini kumpulan contoh soal esai materi tentang Iptek lengkap beserta kunci jawabannya, dilansir dari Modul PPKn Kelas XII terbitan Kemdikbud, Senin (22/4/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek

1. Jelaskan pengertian iptek!

Jawaban:

Ilmu pengetahuan dan teknologi adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi.

2. Mengapa ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan!

Jawaban:

Ilmu dan teknologi tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu selalu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma yang secara sadar diperoleh melalui kegiatan ilmiah.

Sedangkan pengetahuan didapat melalui proses pemahaman di luar metode ilmiah.

Lantaran teknologi selalu berjalan sesuai ilmu pengetahuan selain itu juga teknologi juga merupakan hasil dari pemanfaatan teori dan rumusan-rumusan ilmu pengetahuan dapat menjadi hal yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, tidak heran ilmu pengetahuan selalu beriringan menyesuaikan zamannya (dinamis).

3 dari 7 halaman

Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek

3. Jelaskan tentang perkembangan iptek di dunia setelah abad ke-20!

Jawaban:

Satu di antara inovasi ada abad ke-20 adalah adanya transistor yang melahirkan era digital. Tanpa transistor, kita tidak akan memiliki komputer prbadi, pemutar DVD, mesin fax dan perangkat lainnya.

Lalu ditemukan juga serat optik, yang menjadi pengantar sinyal atau data elektronik yang baik sehingga menjadi sarana telekomunikasi yang handal.

Barulah kita masuk dunia komputer dimulai dari ENIAC (Numerical Integrator an Computer), komputer menggunakan transistor (UNIVAC) tahun 1953 IBM mengeluarkan komputer seri 650 dan 700.

Kemudian tahun 1981, IBM memperkenalkan komputer personal (PC/personal computer). Tiga tahun kemudian, Apple menghasilkan komputer Macintosh.

Sistem operasi windows hadir pada 1990-an dan terus meluas. Barulah revolusi teknologi internet muncul, melalui internet, informasi dunia dapat dengan mudah diraih, bahkan oleh penduduk di wilayah terpencil yang memiliki akses internet.

Perkembangan ide, gagasan, dan informasi dapat dengan mudah dan cepat tersebar.

4 dari 7 halaman

Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek

4. Jelaskan tentang perkembangan iptek di Indonesia sebelum abad ke-20!

Jawaban:

Nenek moyang Indonesia memulainya dibidang pertanian dengan penerapan terasering yang baik sehingga irigasi di sawah dapat berjalan dengan lancar. Sistem ini hadir pada abad ke-11.

Berkembang ke daerah Bali dengan sistem subaknya pada 1072 M yang membagi air secara adil dan merata terhadap masyarakat. Kemudian dibidang kelautan nenek moyang kita berhasil membangun perahu layar.

Satu di antara contohnya adalah perahu pinisi yang tahun 1986 melakukan pelayaran ke Vancouver, Kanada, untuk membuktikan klaim atas perahu tersebut.

Barulah masuk ke bidang busana, rakyat Indonesia mengenal teknologi membatik serta menenun yang kemudian menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Terus berkembang kebidang lainnya seperti arsitektur (rumah adat dengan candi-candi megah), contohnya Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

5 dari 7 halaman

Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek

5. Sebutkan pengaruh negatif iptek di bidang ekonomi!

Jawaban:

Pengaruh Negatif di Bidang Ekonomi

a. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.

b. Meningkatnya sifat konsumtif.

c. Kemajuan TIK juga akan semakin memperparah kesenjangan sosial yang terjadi di masyarakat antara orang kaya dengan orang miskin.

6. Sebutkan pengaruh positif di bidang pendidikan!

Jawaban:

Pengaruh Positif di bidang pendidikan

a. Pembelajaran Jarak Jauh dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa internet.

b. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu pusat pendidikan.

c. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

d. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di seluruh dunia.

e. Teknologi menawarkan media audio visual yang interaktif pada proses pembelajaran.

6 dari 7 halaman

Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek

7. Jelaskan makna Pasal 28C Ayat (1) dan Pasal 30 UUD NRI Tahun 1945!

Jawaban:

Dari dua pasal tersebut ada hak yang dapat kita peroleh untuk mengembangkan diri dalam kemajuan iptek, berarti semua orang punya hak yang sama.

Selain itu pemerintah punya kewajiban untuk memajukan iptek dengan menjunjung nilai agama dan persatuan bangsa.

8. Mengapa pelajar wajib mengetahui dan melaksanakan UU ITE Nomor 11 tahun 2008!

Jawaban:

Sebagai pelajar, ada beberapa butir yang sekiranya perlu mendapatkan perhatian lebih dari undang-undang tersebut yaitu agar kita dapat lebih bijaksana dalam menggunakan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi.

7 dari 7 halaman

Contoh Soal Esai Materi tentang Iptek

9. Sebutkan isi dari Pasal 29 UU ITE Nomor 11 tahun 2008!

Jawaban:

Pasal 29 UU No 11 Tahun 2008 Tentang ITE, "Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan infomasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi".

10. Mengapa Pancasila dijadikan pegangan dalam mengatasi pengaruh dari kemajuan iptek!

Jawaban:

Pancasila sebagai pegangan hidup bangsa. Dengan sikap tanggung jawab dan selektif yang berpegangan pada Pancasila, pengaruh-pengaruh negatif kemajuan iptek dapat kita hindari.

 

Sumber: Kemdikbud

Baca artikel seputar contoh soal lainnya lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer