Sukses


7 Penyebab Terjadinya Gangguan Pendengaran

Bola.com, Jakarta - Gangguan pendengaran merupakan suatu kondisi yang dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam mendengarkan dan memahami suara dengan jelas.

Penyebab terjadinya gangguan pendengaran dapat bervariasi, dari faktor genetik hingga faktor lingkungan yang dapat merusak sistem pendengaran seseorang.

Satu di antara penyebab utama gangguan pendengaran adalah paparan terlalu lama dan terlalu keras terhadap suara yang berlebihan.

Kondisi ini biasa terjadi pada mereka yang bekerja di industri atau lingkungan di mana terdapat suara bising yang terus-menerus.

Selain itu, faktor usia menjadi penyebab utama gangguan pendengaran. Makin bertambahnya usia seseorang, sistem pendengarannya cenderung mengalami penurunan kualitas dan kepekaannya terhadap suara.

Hal ini disebabkan oleh faktor degenerasi dan perubahan pada sel-sel pendengaran yang terdapat di dalam telinga.

Selain faktor-faktor tersebut, ada faktor lain yang dapat menyebabkan gangguan pendengaran, mempelajarinya akan membuat Anda bisa menanggulangi sejak dini hal yang dapat merusak pendenagran.

Berikut beberapa penyebab terjadinya gangguan pendengaran, Selasa (14/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Penyebab Terjadinya Gangguan Pendengaran

1. Penuaan

Proses penuaan alami dapat menyebabkan kerusakan pada bagian dalam telinga yang menghasilkan gangguan pendengaran.

Penuaan menyebabkan kerusakan pada sel-sel rambut pada koklea (saluran pendengaran dalam telinga) yang bertanggung jawab untuk menerima dan mengubah suara menjadi sinyal listrik yang dapat dipahami oleh otak.

2. Paparan suara keras

Paparan berulang atau terus-menerus terhadap suara keras atau bising, seperti di area konstruksi, klub malam, atau konser bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Suara yang sangat keras dapat merusak sel-sel rambut di koklea dan menyebabkan kerusakan permanen pada pendengaran.

3. Infeksi telinga

Infeksi telinga seperti otitis media atau infeksi telinga tengah dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara atau permanen.

Infeksi ini dapat merusak bagian-bagian dalam telinga yang bertanggung jawab untuk menghantarkan suara ke otak.

3 dari 4 halaman

Penyebab Terjadinya Gangguan Pendengaran

4. Trauma kepala

Cedera pada kepala atau telinga dapat menyebabkan kerusakan pada struktur internal telinga dan saraf pendengaran.

Contohnya, kecelakaan mobil atau benturan keras pada kepala dapat merusak atau menyebabkan kerusakan permanen pada telinga.

5. Penggunaan obat tertentu

Beberapa obat, terutama antibiotik yang disebut aminoglikosida, dapat memiliki efek samping yang merusak pendengaran.

Penggunaan jangka panjang atau dosis yang tinggi dari obat-obatan ini dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

4 dari 4 halaman

Penyebab Terjadinya Gangguan Pendengaran

6. Kelainan bawaan

Beberapa orang dilahirkan dengan kelainan genetik yang menyebabkan gangguan pendengaran. Misalnya, kondisi seperti sindrom down, sindrom usher, atau kelainan bawaan lainnya dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

7. Faktor lingkungan

Lingkungan yang tidak sehat seperti paparan polusi udara, zat beracun, atau produk kimia tertentu juga dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

Paparan terhadap zat berbahaya ini dapat merusak organ pendengaran dan memengaruhi kemampuan seseorang untuk mendengar dengan jelas.

 

Yuk, baca artikel penyebab lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer