Sukses


8 Cara Mengatasi Ketombe Kering yang Bisa Dicoba

Bola.com, Jakarta - Ketombe kering merupakan gangguan kulit pada kepala di mana terjadi pengelupasan sisik-sisik kering yang menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman.

Masalah ketombe ini dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi ketombe kering agar kondisi kulit kepala tetap sehat dan bebas dari ketombe.

Menjaga kebersihan kulit kepala adalah langkah pertama dalam mengatasi ketombe kering. Mandilah rambut secara teratur dengan menggunakan sampo khusus anti-ketombe. Sampo ini mengandung bahan aktif yang mampu menghilangkan ketombe serta menjaga kelembapan kulit kepala.

Pastikan juga untuk membilas rambut dan kulit kepala dengan bersih agar tidak ada sisa sampo yang tertinggal.

Selain menjaga kebersihan kulit kepala, menjaga kelembapan kulit kepala juga penting. Gunakan pelembap khusus kulit kepala yang mengandung bahan-bahan alami, seperti lidah buaya atau minyak kelapa.

Oleskan pelembap ini secara merata di kulit kepala setelah mandi, dan biarkan meresap dengan baik. Pelembap ini akan membantu mengurangi kekeringan pada kulit kepala dan mencegah terjadinya ketombe kering.

Dengan mengetahui cara mengatasi ketombe kering, kamu bisa menghindari permasalahan ini dan kulit rambut menjadi lebih sehat.

Berikut delapan cara mengatasi ketombe kering yang bisa dicoba, Kamis (16/5/2024).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ketombe Kering

1. Rajin membersihkan kulit kepala

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah rajin membersihkan kulit kepala dengan sampo yang mengandung bahan anti-ketombe.

Pastikan untuk membilas hingga bersih dan hindari penggunaan produk yang mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit kepala.

2. Menggunakan conditioner

Menggunakan kondisioner setelah keramas dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Pilihlah kondisioner yang tidak mengandung bahan kimia keras dan gunakan secara merata di seluruh rambut hingga ujung.

3. Menghindari penggunaan hair dryer secara berlebihan

Mengeringkan rambut dengan menggunakan hair dryer dapat membuat kulit kepala makin kering. Usahakan untuk mengeringkan rambut secara alami atau setidaknya menggunakan hair dryer pada suhu yang rendah.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ketombe Kering

4. Perbanyak minum air

Kekurangan asupan cairan dapat membuat kulit kepala menjadi lebih kering. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari agar kulit kepala dan rambut tetap terhidrasi dengan baik.

5. Jaga pola makan yang sehat

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti sayuran, buah-buahan, dan makanan tinggi protein dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Hindari makanan berlemak dan berminyak yang dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit kepala.

6. Hindari penggunaan bahan kimia berlebihan

Penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut, hairspray, atau produk styling yang berlebihan dapat membuat kulit kepala makin kering dan iritasi. Gunakan produk-produk ini dengan bijak dan hindari penggunaan yang berlebihan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Ketombe Kering

7. Menggunakan minyak rambut alami

Beberapa minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, atau minyak almond dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit kepala dan rambut.

Gosokkan beberapa tetes minyak alami pada kulit kepala sebelum tidur dan biarkan semalaman sebelum dibilas keesokan harinya.

8. Menghindari stres

Stres dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala dan meningkatkan risiko ketombe kering. Cari waktu untuk melakukan relaksasi, seperti meditasi, yoga, atau aktivitas fisik yang menyenangkan untuk mengurangi stres.

 

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer