Sukses


13 Manfaat Nanas untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Nanas, buah tropis yang dikenal dengan rasa manis dan sedikit asamnya, bukan hanya enak untuk disantap tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa.

Buah ini dikenal dengan kulitnya yang keras dan berduri serta daging buahnya yang berwarna kuning cerah dan berair.

Nanas biasanya dikonsumsi segar, tetapi juga sering diolah menjadi jus, selai, atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai hidangan.

Selain rasanya yang menyegarkan, nanas juga kaya akan nutrisi penting. Buah ini mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi.

Secara keseluruhan, nanas adalah buah yang lezat dan bergizi yang menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Apa saja manfaat dari buah nanas untuk kesehatan?

Berikut manfaat buah nanas untuk kesehatan yang perlu diketahui, disadur dari Klikdokter, Kamis (27/6/2024).

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

1. Baik untuk Pencernaan

Makan buah nanas baik untuk sistem pencernaanmu. Sebab, nanas mengandung bromelin yang merupakan enzim proteolitik.

Enzim ini berfungsi untuk melunakkan makanan dan memecah protein di lambung, sehingga membantu tubuh kamu dalam mencerna dan menyerap nutrisi pada makanan.

Karena itu, menyantap satu potong nanas setelah makan dapat membantu sistem pencernaan tubuh secara keseluruhan, seperti mengurangi produksi gas, mencegah kembung, mual, sembelit, dan masalah pada usus besar.

2. Membantu Menaikkan Sistem Imun

Manfaat makan nanas berikutnya adalah menaikkan imun tubuh. Nanas kaya akan antioksidan, yakni molekul yang dapat membantu tubuh mengatasi stres oksidatif sehingga mampu menaikkan sistem imun.

Antioksidan yang terdapat dalam nanas berupa flavonoid dan fenolik. Penelitian yang melibatkan dua tikus menemukan bahwa antioksidan yang terdapat di dalam nanas memiliki efek proteksi untuk penyakit jantung.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Tahukah kamu, salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah dapat menurunkan risiko kanker?

Penyakit kanker disebabkan oleh munculnya perkembangan sel yang tidak terkontrol. Ada berbagai faktor yang dapat membuat seseorang terkena kanker, mulai dari riwayat kesehatan keluarga hingga gaya hidup.

Beberapa penelitian menemukan bahwa nanas mengandung komponen bromelain yang dapat menurunkan risiko kanker dengan mengurangi peradangan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada sel manusia.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

4. Mengurangi Peradangan

Sebuah penelitian dilakukan terhadap 40 orang dewasa yang memiliki sinusitis kronis. Mereka diminta untuk mengonsumsi 500 mg bromelain, dan hasilnya radang mereka terbukti berkurang.

Karena efek antiperadangan tersebut, makan nanas juga bermanfaat untuk melawan rasa nyeri serta mengurangi pembengkakan.

5. Meredakan Gejala Arthritis

Bromelain dapat mengurangi peradangan pada radang sendi. Sebuah penelitian menemukan bahwa suplemen bromelain mampu mengurangi osteoarthritis pada punggung bawah.

Namun, untuk menangani kondisi osteoarthritis, tentunya tidak hanya dengan konsumsi nanas. Kamu juga perlu menerapkan gaya hidup sehat serta memeriksakan diri ke dokter.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Konsumsi buah nanas bisa berkhasiat untuk kesehatan kulitmu. Itu berkat kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

Vitamin C dapat membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, sehingga membuat kulitmu tampak lebih segar.

Selain dikonsumsi secara langsung, kamu juga dapat membuat masker nanas untuk digunakan pada kulit.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

7. Mempercepat Penyembuhan Operasi

Bromelain yang terkandung dalam nanas mampu mengurangi ketidaknyamanan, rasa sakit, dan bengkak setelah operasi. Lebih lanjut, bromelain dapat meningkatkan pemulihan setelah prosedur bedah kulit.

Di sisi lain, bromelain dapat menaikkan risiko perdarahan pascaoperasi. Karena itu, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum kamu mengonsumsi bromelain, khususnya bagi kamu yang baru menjalani operasi.

8. Mengatasi Anemia

Kandungan vitamin C di dalam nanas sangat tinggi. Vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.

Nanas juga berperan dalam produksi hemoglobin di dalam tubuh. Oleh karena itu, salah satu manfaat buah nanas untuk kesehatan adalah dapat mencegah dan mengatasi kondisi anemia.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kamu mungkin pernah dengar bahwa nanas dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Meski belum banyak penelitian yang membuktikan hal ini, nanas dapat menjadi pilihan camilan yang sehat karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral penting, serta tidak termasuk lemak jenuh atau lemak trans.

Sebenarnya tidak ada buah tertentu yang secara langsung menyebabkan penurunan berat badan. Namun, mereka akan membantumu merasa kenyang tanpa menambahkan kalori ke dalam tubuhmu.

 

5 dari 5 halaman

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

10. Bagus untuk Kesehatan Tulang

Sama pentingnya dengan kalsium, mineral mangan sangat penting untuk menjaga tulang yang kuat.

Nanas adalah salah satu sumber makanan yang tinggi mineral. Satu cangkir nanas mengandung sekitar 76 persen nilai mangan harian yang direkomendasikan.

Mangan dapat membantu mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

11. Memperkuat Gusi dan Gigi

Makan buah nanas dipercaya bermanfaat untuk memperkuat gusi dan menjaga kesehatan gigi. Gigi dan tulangmu terdiri dari kalsium, dan nanas memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Selain itu, nanas mengandung mangan yang juga baik untuk gigi.

12. Mencegah Asma

Risiko terkena asma lebih rendah pada orang yang mengonsumsi nutrisi tertentu dalam jumlah tinggi. Satu di antara nutrisi tersebut adalah beta-karoten. Ini ditemukan dalam makanan nabati berwarna oranye, kuning, dan hijau tua.

Contohnya nanas, mangga, pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu, dan wortel. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa bromelain dapat berkontribusi untuk mengurangi gejala asma.

13. Menjaga Kesehatan Jantung

Nanas mengandung serat dan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta mencegah penyakit kardiovaskular.

 

Disadur dari: Klikdokter (Published: 6/3/2024)

Baca artikel seputar manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer