Sukses


Luis Suarez dan 6 Penyerang Terbaik Barcelona Sepanjang Masa

Bola.com, Jakarta - Barcelona merupakan satu di antara klub yang meraih banyak prestasi di berbagai ajang. Seperti dilansir dari situs resmi klub, Barcelona tercatat sudah lebih dari 135 trofi yang direngkuh klub asal Catalan tersebut.

Banyak yang mengatakan Barcelona begitu menikmati kejayaannya sejak bursa transfer 2010-an. El Barca mampu memenangi tujuh gelar La Liga, lima trofi Copa del Rey, dan dua kali juara Liga Champions.

Untuk gelar Liga Champions, Los Cules sudah mengoleksi lima trofi. Catatan tersebut menjadikan Barcelona sebagai pengoleksi terbanyak keempat setelah Real Madrid, AC Milan, dan Liverpool.

Sederet prestasi yang direngkuh El Barca tersebut tentunya tak lepas dari peran penyerang dan pelatih. Berstatus sebagai klub besar, banyak penyerang dunia yang ingin berkarier bersama klub yang bermarkas di Camp Nou itu.

Banyak penyerang berlabel bintang yang sudah merasakan bermain di Barcelona. Meski begitu, tak semua pemain penghuni lini serang tersebut berhasil bersinar di Camp Nou.

Namun, ada pula yang mampu menampilkan sinar terangnya hingga masuk daftar deretan penyerang terbaik yang dimiliki Barcelona sepanjang masa.

Siapa saja pemain tersebut? Berikut ini Bola.com merangkumnya dari Squawka, Senin (23/3/2020), tujuh penyerang terbaik Barcelona sepanjang masa.

2 dari 8 halaman

7. Neymar (2013-2017)

Nama Neymar bisa dibilang tak asing buat penggemar Barcelona. Ia didatangkan El Barca dari Santos FC dengan banderol sekitar 88 juta euro (Rp1,37 triliun) pada awal musim 2013-2014.

Selama memperkuat Los Cules, Neymar mencatatkan 105 gol dalam 186 penampilan. Meski terbilang sukses, Neymar justru memutuskan hengkang pada musim panas 2017 ke Paris Saint-Germain (PSG).

PSG memboyong Neymar dengan harga 222 juta euro (Rp3,46 triliun). Hingga saat ini, Neymar masih berkostum klub asal Paris tersebut.

3 dari 8 halaman

6. Pedro (2007-2016)

Pedro mungkin bukan sosok yang memiliki skill khusus. Namun, daya juangnya di sisi kiri penyerangan tak bisa dianggap remeh.

Pedro menjadi bagian yang jarang diketahui, namun ia ternyata memiliki peran sentral saat Barcelona meraih treble pada era Pep Guardiola. 

Pedro dikenal tak kenal kompromi saat berada di lapangan. Ia mengoleksi 99 gol dari 321 pertandingan bersama Blaugrana.

Namun, saat ini Pedro tak lagi menjadi bagian Barcelona. Kini pemain asal Spanyol itu memperkuat klub Premier League, Chelsea.

4 dari 8 halaman

5. David Villa (2010-2013)

David Villa sempat mengalami cedera serius pada musim keduanya di Barcelona. Kendati demikian, Villa sukses memenangi delapan trofi bersama Barcelona.

Selama berkostum El Barca, Villa mencatatkan 119 penampilan dengan mengemas 48 gol dan 24 assist. Saat ini, Villa tak lagi aktif sebagai pemain profesional.

Pemain asal Spanyol itu sudah memutuskan pensiun sebagai pemain bola profesional. Klub terakhir yang ia bela ialah klub Jepang, Vissel Kobe.

5 dari 8 halaman

4. Samuel Eto'o (2004-2009)

Samuel Eto'o merupakan satu di antara predator mematikan yang dimiliki Barcelona. Pemain asal Kamerun itu memiliki kecepatan serta penyelesaian akhir yang sangat baik.

Kala itu, hampir tak ada rekan satu timnya di Barcelona yang bisa menandingi kemampuannya. Barcelona era Frank Rijkaard merasa kehilangan saat Eto'o sering absen karena cedera.

Selama lima musim berkostum El Barca, Eto'o mencatatkan 199 penampilan dengan menyumbang 130 gol di berbagai kompetisi.

6 dari 8 halaman

3. Luis Suarez (2014-...)

Luis Suarez merupakan satu di antara bomber paling berbahaya di dunia saat ini. Pada awal kariernya di Barcelona, Suarez kerap absen karena mendapat sanksi larangan bermain selama beberapa bulan.

Kemudian pada musim kedua, Suarez baru bisa menunjukkan kualitasnya dalam menjebol gawang lawan. Hal itu dibuktikan dengan torehan 59 gol sepanjang musim 2015-2016.

Kepiawaiannya di depan gawang membuat Suarez dianggap sebagai penyerang yang komplet. Suarez merupakan sosok yang tak hanya bagus dalam mencetak gol, tetapi juga bisa memberi umpan.

Hingga kini Luis Suarez tercatat sudah mengemas 191 gol dari 270 penampilan bersama Barcelona.

7 dari 8 halaman

2. Ronaldinho (2003-2008)

Saat menjalani karier sebagai pemain, Ronaldinho dikenal sebagai pesepak bola yang piawai memainkan si kulit bundar. Pemain berkebangsaan Brasil itu kerap memperlihatkan skill menawan saat melewati pemain lawan.

Selain itu, Ronaldinho bagus dalam urusan mencetak gol. Bersama Barcelona, Ronaldinho mampu mengemas 94 gol dari 207 penampilan di berbagai ajang.

8 dari 8 halaman

1. Lionel Messi (2004-...)

Tak bisa dimungkiri Lionel Messi merupakan satu di antara pemain terbaik di dunia saat ini. Pemain berjulukan La Pulga itu telah tampil mengesankan sejak masih muda.

Buktinya, hampir semua gelar di level klub dan individu sudah pernah direngkuhnya. Sejak bermain untuk skuat utama Barcelona pada 2004, Messi sudah mengemas 627 gol dari 718 penampilan.

Video Populer

Foto Populer