Sukses


5 Pemain Serep jika Barcelona Gagal Datangkan Lautaro Martinez dan Miralem Pjanic

Bola.com, Jakarta - Barcelona tidak pernah sepi dari manuver di bursa transfer. Hampir dalam setiap jendela jual-beli pemain, tim berjulukan Azulgrana itu membuat gebrakan dengan mendatangkan pemain bintang.

Pada awal musim lalu, misalnya. Barcelona berhasil mendaratkan penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann. Azulgrana merogoh kocek hingga 120 jua euro atau setara dengan Rp1,9 triliun demi mendapatkan tanda tangan pemain Timnas Prancis itu.

Menjelang bursa transfer musim panas, Barcelona kembali dikait-kaitkan dengan sejumlah pemain top. Armada Quique Setien tertarik dengan striker andalan Inter Milan, Lautaro Martinez dan gelandang Juventus, Miralem Pjanic.

Namun, Barcelona mengalami hambatan untuk memboyong keduanya. Inter meminta Azulgrana menebus Lautaro sesuai klausul penjualan yang mencapai 111 juta euro (Rp1,8 triliun).

Sementara itu, Barcelona ingin memboyong Pjanic dengan skema tukar guling. Juventus sudah setuju. Namun, pemain yang dilibatkan dalam pertukaran ini, Arthur, menolak.

Jika gagal menghadirkan Lautaro dan Pjanic, Barcelona harus menyiapkan opsi lain. Lima pemain ini layak untuk berbaju Azulgrana pada musim depan.

2 dari 7 halaman

Timo Werner

Barcelona bisa menjadikan penyerang RB Leipzig, Timo Werner, sebagai alternatif Lautaro Martinez. Namun, Azulgrana harus bersaing dengan Liverpool.

Harga Werner lebih murah dari Lautaro. Menurut Transfermarkt, nilai pasarnya hanya 64 juta euro (Rp1 triliun). Hampir setengah dari banderol Lautaro.

Werner juga lebih tajam dari Lautaro di musim ini. Penyerang asal Jerman itu membukukan 24 gol dari 28 penampilan Bundesliga bersama RB Leipzig. Sedangkan Lautaro, hanya mencetak 11 gol dari 22 laganya di Serie A.

3 dari 7 halaman

Erling Haaland

Jika Barcelona masih mau menggunakan tenaga Luis Suarez minimal semusim lagi, maka membeli Erling Haaland sebagai penerusnya bisa menjadi keputusan yang tepat.

Haaland, 19 tahun, baru bergabung dengan Borussia Dortmund pada bursa transfer musim dingin lalu. Namun, penyerang asal Norwegia ini telah mampu mengemas sepuluh gol dari 11 pertandingannya di Bundesliga.

Haaland adalah striker muda dengan prospek paling menjanjikan di Eropa. Maklum, eks pemain RB Salzburg ini berhasil produktif di usia yang masih sangat hijau.

Merujuk Transfermarkt, banderol Haaland dihargai sebesar 72 juta euro (Rp1,1 triliun). Dengan nilai segitu, tentu biaya pembelian Haaland masih berada dalam jangkauan Azulgrana.

4 dari 7 halaman

Sergio Aguero

Sergio Aguero bisa menjadi proyek jangka pendek Barcelona jika masih ngebet mendatangkan penyerang untuk musim depan. Kontrak penyerang asal Argentina itu bersama Manchester City tinggal tersisa semusim lagi.

Aguero, striker berusia 31 tahun, masih lebih muda dua tahun dibandingkan Luiz Suares. Paling tidak, produktivitasnya masih akan terjaga hingga dua musim ke depan.

Harga Aguero juga jauh lebih murah dibanding Lautaro, Werner, dan Haaland. Mantan pemain Atletico Madrid ini dihargai Transfermarkt sebesar 52 juta euro (Rp847 miliar).

Namun, dengan kontraknya yang masih tersisa semusim lagi, tentu Manchester City tidak akan mematok harga Aguero setara dengan nilai pasarnya di Transfermarkt. Cukup dengan setengah harga, Barcelona diyakini bisa memboyong penyerang Timnas Argentina itu ke Camp Nou.

5 dari 7 halaman

Marco Verratti

Transfer Pjanic ke Barcelona masih berlangsung alot. Arthur, yang diajukan Juventus sebagai pemulus tukar guling, menolak untuk berpindah klub.

Juventus dikabarkan meminta Frenkie de Jong sebagai pengganti Arthur. Namun, Barcelona enggan melepas gelandang asal Belanda yang baru bergabung pada awal musim ini.

Setelah penampilan Ivan Rakitic mulai menurun dan dimakan usia, Barcelona harus menambah pemain berkualitas di lini tengah. Jika Pjanic urung merapat, Azulgrana bisa mengalihkan bidikan kepada gelandang Paris Saint-Germain (PSG), Marco Verratti.

Verratti sudah terlalu lama berkostum PSG sejak 2012 lalu. Barcelona bisa mengiming-iminigi gelandang Timnas Italia ini dengan suasana dan tantangan baru.

Menurut Transfermarkt, banderol Verratti mencapai 60 juta euro (Rp976 miliar). PSG diperkirakan akan bersedia melepas sang pemain jika Barcelona memenuhi nilai tersebut.

6 dari 7 halaman

Nabil Fekir

Satu lagi pemain yang mesti dipertimbangkan Barcelona sebagai alternatif Pjanic. Nabil Fekir, gelandang Real Betis, yang tampil memukau di musim ini.

Fekir baru bergabung dengan Real Betis pada awal musim ini dari Olympique Lyon dengan harga murah, 19,75 juta euro (Rp321 miliar). Padahal ketika itu, nilai pasarnya mencapai 60 juta euro (Rp978 miliar). Namun, Lyon terpaksa menjualnya karena sang pemain sering berkutat dengan cedera.

Karakteristik Nabil Fekir sebagai gelandang serang akan cocok untuk Barcelona. Pasalnya, Azulgrana telah banyak dihuni oleh gelandang bertahan dan box to box semisal Sergio Busquets, Arthur serta Frenkie de Jong.

Cukup di kisaran 32 juta euro (Rp520 miliar), sesuai dengan nilai pasarnya di Transfermarkt, Barcelona bisa memindahkan Fekir ke Camp Nou. Namun, melihat rekam jejaknya yang kerap cedera, akan rentan bagi Azulgrana untuk memboyongnya.

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer