Sukses


3 Berita Hoax Valentino Rossi dan Marc Marquez pada Akhir 2015

Bola.com, Jakarta - Awal pekan ini diwarnai sejumlah berita mengejutkan dari dunia MotoGP yang melibatkan Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Berita-berita tersebut antara lain tentang kelanjutan perseteruan Rossi dengan Marquez, masa depan The Doctor di Yamaha, serta sebuah pengakuan besar yang diungkapkan Marquez.

Namun semua berita tersebut ternyata tidaklah benar, hanya bagian dari lelucon Dia de Los Santos Inocentes yang biasanya dirayakan publik Spanyol tiap 28 Desember, sama seperti April Mop yang dirayakan masyarakat dunia pada 1 April.

Lucunya, media-media setempat ikut melakukan tradisi 'kebohongan' serupa sehingga banyak dari masyarakat yang langsung saja mempercayai kebenaran kabar tersebut. 

Lantas berita hoax apa saja yang berhasil menghebohkan para fans MotoGP itu?

2 dari 4 halaman

1

1. Rossi bakal berlabuh ke Suzuki pada 2017.

Pada Senin (28/12/2015), media Spanyol, Motociclismo membuat fans Rossi geger dengan memuat berita yang menyebutkan pebalap asal Italia itu bakal menjadi rider Suzuki pada 2017 selepas kontraknya di Yamaha berakhir pada 2016.

Untuk menambah keyakinan pembaca, Motociclismo juga memakai nama Dani Pedrosa sebagai calon tandem Rossi di Suzuki.

Berita itu 'sukses' mendatangkan beragam komentar dari para penggemar Rossi.

"Menarik sekali kalau Valentino Rossi bisa berduet dengan Pedrosa di Suzuki," komentar salah seorang fans Rossi di Twitter.

"Jadi mending musim depan Rossi pindah ke Suzuki, di mana dia akan dihargai seperti dulu saat pindah ke Yamaha yang waktu itu tidak ada apa-apanya," sahut netizen lainnya.

"Apa? Saya pikir Rossi merasa bahagia di Yamaha," tulis komentar fans lainnya.

3 dari 4 halaman

2

2. Rossi dan Marquez menggelar perdamaian di Andorra.

Situs Tuttomotoriweb, Selasa (29/12/2015), memberitakan Rossi dan The Baby Alien bakal membicarakan perdamaian di Andorra, pertemuan ini disebut difasilitasi secara langsung oleh CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta.

Beberapa media bahkan menambahkan info secara detail. Rossi dikabarkan bakal naik pesawat dari Florence ke Barcelona, kemudian melanjutkan perjalanan ke Andorra menumpang helikopter didampingi Ezpeleta. Setelah itu dia bertemu dengan Baby Alien.

Namun, kabar tersebut segera dibantah pengamat MotoGP sekaligus mantan manajer Valentino Rossi, Carlo Pernat.

“Semua itu bohong, karena Valentino sedang berada di Quarry (Italia) bersama sejumlah pebalap lain (anggota VR46 Riders Academy). Saya yakin sejumlah kabar lain akan beredar, termasuk di koran dan situs-situs besar,” ucap Pernat.

4 dari 4 halaman

3

3. Aksi backflip Marquez menggunakan motorcross.

Pebalap berusia 22 tahun itu menunjukkan kemampuannya melakukan aksi ekstrem dengan gaya backflip dengan motorcross. Video aksinya tersebut kemudian diunggah Marquez pada Senin (28/12/2015).

Vidoe itu cukup menghebohkan karena ditonton sekitar 90.000 orang dan mendapat pujian dari para penggemar Marquez. Namun, para penggemar tentu akan kecewa berat setelah pengakuan sang idola soal aksi akrobatiknya itu.

Seperti dilansir Motorplus, video tersebut merupakan hasil rekayasa digital. MM93 cuma berperan sebagai model. Sedangkan yang melakukan backflip bukanlah dirinya.

Di awal video, terlihat juara dunia dua kali itu menggunakan Honda CRF450 yang disokong mesin 4-tak dua silinder dengan dua knalpot di bagian buritan.

Jika dilihat lebih teliti, saat gerakan backflip motornya berubah. Pemeran pengganti menggunakan motor bermesin 2-tak. Hal tersebut terlihat dari perut knalpot yang besar dan silincer yang di buritan juga cuma satu.

Marquez pada Selasa (29/12/2015) mengakui aksinya itu memang merupakan tipuan belaka untuk menyemarakkan Dia de Los Santos Inocentes.

"Menipu! Backflip kemarin tidak nyata, Anda harus melakukan banyak lompatan bersama @danytorres71 :) terima kasih @redbullESP," demikian pengakuan Marquez di akun Twitternya

Video Populer

Foto Populer