Sukses


5 Hal yang Membuat Argentina Bisa Menjadi Juara Copa America 2015

Bola.com, Santiago - Argentina memastikan tempat di final Copa America 2015 setelah menang telak 6-1 atas Paraguay dalam laga semifinal Rabu (1/7). Angel di Maria mencetak dua gol dan Lionel Messi menjadi Man of the Match di partai Argentina vs Paraguay itu. Tim Tango akan menghadapi tuan rumah Cile di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Santiago, Minggu (5/7) dinihari WIB.

Tim asuhan Gerardo Martino itu setidaknya punya lima alasan yang membuat mereka bisa meraih trofi Copa America 2015. Inilah lima hal yang menjadi modal Argentina sebelum melakoni laga final:

1. Faktor Lionel Messi.
Kapten sekaligus inspirator tim Argentina ini menjalankan peran yang sedikit berbeda dibanding ketika ia bermain buat Barcelona. Hal yang paling terlihat adalah soal produktivitas. Sepanjang gelaran Copa America 2015, Messi tampil lima kali dan hanya mencetak satu gol. Itupun lewat titik penalti di laga pembuka lawan Paraguay. Meski tak banyak mencetak gol, Messi mendapat empat penghargaan sebagai Man of the Match. Hal tersebut memperlihatkan betapa pentingnya peran pemain berusia 28 tahun itu.

2. Tak Perlu Messi Buat Mencetak Gol.
Minimnya produktivitas gol Messi membuat Argentina lepas dari ketergantungan pada pemain berjuluk La Pulga itu, setidaknya untuk urusan mencetak gol. Hal ini membuat Argentina tak khawatir soal macetnya gol meski Messi tak banyak menjebol gawang lawan. Ada lima pemain yang sudah mencetak gol selain Messi. Mereka adalah Sergio Aguero (3), Gonzalo Higuain (2), Angel di Maria (2), Marcos Rojo (1) dan Javier Pastore (1).

3. Formasi yang Konsisten.
Pelatih Gerardo "Tata" Martino memilih untuk tak banyak mengubah formasi dan susunan starter. Tata memakai pakem 4-3-3 sejak awal turnamen. Kalau tak ada yang cedera atau terkena akumulasi kartu, formasi dan starter baku Argentina adalah Sergio Romero (kiper), Marcos Rojo (bek kiri), Nicolas Otamendi, Ezequiel Garay (bek tengah), Pablo Zabaleta (bek kanan), Javier Mascherano, Javier Pastore, Lucas Biglia (gelandang tengah) dan Lionel Messi (penyerang kanan), Sergio Aguero (penyerang tengah), Angel di Maria (penyerang kiri).

4. Terbiasa Menghadapi Tekanan.
Skuad Argentina saat ini terdiri dari pemain yang sudah terbiasa menghadapi tekanan di level tinggi. Mayoritas pemain di Copa America 2015 adalah anggota tim finalis Piala Dunia 2014. Mereka melaju ke final tapi kalah 0-1 lewat gol Mario Goetze di perpanjangan waktu. Sebelum menjejak final di Copa America 2015, Argentina sudah melewati babak adu penalti lawan Kolombia di babak perempatfinal. Messi dkk. juga melewati berbagai laga sarat tekanan di level klub. Hal ini membuat mental mereka makin tertempa buat pertandingan final lawan Cile, yang sudah pasti akan didukung suporter tuan rumah.

5. Lawan Terberat Cile.
Argentina adalah lawan terberat Cile. Tuan rumah hanya menghadapi tim level kedua di Amerika Selatan dalam perjalanan ke final. Cile sempat meladeni juara bertahan Uruguay di perempatfinal. Tapi yang harus diingat, Uruguay tampil tanpa Luis Suarez yang jadi nyawa tim. Mereka juga kehilangan Edinson Cavani yang diganjar kartu merah wasit.

Jika bisa memanfaatkan lima keunggulan ini, Argentina berpeluang besar untuk meraih trofi Copa America 2015. Saat ini Argentina sudah merasakan gelar tersebut sebanyak 14 kali. Terakhir kali tim Tango merengkuh gelar tertinggi di Amerika Selatan ini adalah pada tahun 1993.

Baca Juga:

"Ibrahimovic Lebih Baik Ketimbang Lionel Messi"

Inilah 'Kado' yang Diminta Lionel Messi ke Barcelona

Ultah ke-28, Ini Dia Lima Rahasia Terpendam Lionel Messi

 

Video Populer

Foto Populer