Sukses


Marco van Basten Kembali Masuk Timnas Belanda

Bola.com, Amsterdam - Legenda Sepak bola Belanda, Marco van Basten resmi kembali ke tim nasional Belanda. Bedanya, kali ini Van Basten berperan sebagai asisten pelatih Danny Blind.

Van Basten yang meraih 54 caps untuk Belanda selama karier bermainnya itu sempat memegang posisi pelatih kepala der Oranje antara tahun 2004 dan 2008. Mantan penggawa Ajax Amsterdam dan AC Milan itu bahkan sempat membawa negaranya ke semifinal Euro 2008.

Sekarang, dia memilih untuk meninggalkan posisinya sebagai asisten pelatih di klub Eredivisie, AZ Alkmaar untuk bertugas di posisi barunya.

"Saya sudah tak sabar untuk memulai pekerjaan yang menarik ini dan juga berharap untuk bisa menjalin kolaborasi baru dengan Danny Blind," kata Van Basten seperti dilansir situs resmi Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB).

"Saya harus membuat pilihan yang sulit, karena peran di AZ sesuai dengan keinginan saya. Namun Blind meyakinkan saya untuk menerima tantangan dari tim nasional."

Prioritas utama van Basten bersama Blind adalah mengamankan tiket kualifikasi untuk Euro 2016, dengan Belanda berada di posisi ketiga di Grup A. Itu setelah Belanda hanya mampu meraih empat kemenangan dari 10 pertandingan. Sisanya, mereka lima kali menelan kekalahan dan sekali meraih hasil imbang.

Baca Juga:

De Boer: Tunjuk Hiddink Kesalahan Belanda Sejak Awal

Dimata Giggs, Van Gaal Seperti Sir Alex Ferguson

Giggs Ungkap Tantangan Terberat Jadi Asisten Van Gaal

Video Populer

Foto Populer