Sukses


Buffon Menuju Rekor Baru Dalam Sejarah Serie A

Bola.com, Turin - Sosok Gianluigi Buffon menjadi pusat perhatian publik saat Juventus menekuk Atalanta, dalam lanjutan Serie A 2015-2016, Minggu (6/3/2016) malam WIB. Keberhasilan menjaga gawang tak kebobolan, membuat kiper timnas Italia tersebut tinggal selangkah lagi mencatat rekor baru dalam sejarah Liga Italia.

Juventus menuai kemenangan 2-0 atas Atalanta, di Stadion Atleti Azzurri d'Italia. Dua gol tim tamu dipersembahkan bek tengah Andrea Barzagli pada menit ke-24, dan gelandang muda Mario Lemina, empat menit sebelum akhir pertandingan. Hasil ini membuat Bianconeri berada di puncak klasemen sementara, berselisih tiga angka dari Napoli, yang ada di posisi kedua.

Momen kemenangan tersebut tak hanya milikJuventus semata. Secara khusus, publik memberikan apresiasi tinggi terhadap kinerja lini belakang sang juara bertahan, terutama aksi-aksiGianluigiBuffon.

Usai laga kontra Atalanta, Buffon tercatat berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan selama 836 menit. Artinya, kiper berusia 38 tahun ini melakoni 9 pertandingan terakhir di Serie A, tanpa ada gol yang bersarang.

Catatan tersebut membuat Buffon berada di peringkat ketiga. Catatan tak kebobolan terlama masih dimiliki kiper legendaris Italia, Dino Zoff pada periode musim 1972-1973. Saat itu, kiper Juventus ini mampu mencatat 903 menit tak memungut si kulit bundar dari dalam gawang.

Pada peringkat teratas ada mantan penjaga gawang AC Milan, Sebastiano Rossi. Eks timnas Italia ini mampu menjalani 929 menit partai dengan status jalanya perawan. Berbekal kondisi tersebut, Buffon bakal menjadi yang pertama jika pada laga kontra Sassuolo, pekan depan, ia dimainkan minimal 94 menit.

"Buffon selalu memberi ketenangan, dan caranya berkomunikasi membuat siapapun akan percaya diri kala ada di bawah mistar. Usianya sudah tak muda lagi, tapi dia memiliki segalanya yang memberi Juventus kenyamanan di lapangan," kata Leonardo Bonucci, bek tengah Juventus, di Tuttosport.it, Senin (7/3/2016).

Kali terakhir Buffon kebobolan terjadi saat Juventus bersua Sampdoria, Senin (11/1/2016). Bermain di Stadion Luigi Ferraris, Buffon takluk di kaki Antonio Cassano pada menit ke-64. Pada partai tersebut, Juventus unggul setelah Paul Pogba mencetak gol pada menit ke-17 dan Sami Khedira (46').

Setelah partai tersebut, berturut-turut Buffon tak kebobolan saat bersua Udinese (17/1/2016), AS Roma (25/1/2016), Chievo (31/12016), Genoa (4/2/2016), Frosinone (7/2/2016), Napoli (14/2/2016), Bologna (20/2/2016), Inter Milan (29/2/2016) dan Atalanta (6/3/2016).

Buffon sudah membela Juventus dalam 570 partai di semua ajang kompetisi. Rinciannya, 450 partai di Serie A, 12 laga di Coppa Italia, 102 partai di level Liga Champions, dan sisanya berasal dari partai persahabatan resmi.

Sumber: Juventus.com, Tuttosport.it

Saksikan cuplikan pertandingan dari Liga Inggris, Liga Italia, dan Liga Prancis dengan kualitas HD di sini

Inisialisasi Video

  • Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia
    Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia
    Serie A adalah sebuah divisi tertinggi liga sepak bola di Italia

    Serie A

  • Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016
    Serie-A adalah kasta tertinggi liga sepakbola di Italia yang dimulai pada Agustus 2016

    Liga Italia

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.
    Juventus adalah klub sepakbola asal Italia

    Juventus

  • Buffon merupakan kapten kedua untuk klub Serie A Juventus dan bermain di Tim Nasional Italia.
    Buffon merupakan kapten kedua untuk klub Serie A Juventus dan bermain di Tim Nasional Italia.
    Buffon merupakan kapten kedua untuk klub Serie A Juventus dan bermain di Tim Nasional Italia.

    Gianluigi Buffon

Video Populer

Foto Populer