Sukses


VIDEO: 5 Pelatih yang Sukses Melatih Mantan Klubnya Termasuk Zinedine Zidane di Real Madrid

Bola.com, Jakarta Hampir setiap pemain sepak bola melanjutkan kariernya sebagai pelatih setelan memutuskan pensiun. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang melatih eks klub yang pernah dibelanya. Salah satunya Zinedine Zidane di Real Madrid.

Zinedine Zidane hanya mempersembahkan satu gelar La Liga dan satu trofi Liga Champions selama lima musim di Real Madrid sebagai pemain. Dia kembali ke Los Blancos sebagai penasihat khusus pada November 2010 dan menjadi direktur olahraga kurang dari setahun berselang.

Zidane, yang pernah jadi asisten pelatih Carlo Ancelotti, kemudian ditunjuk sebagai manajer Real Madrid B pada 2014. Dua tahun berselang Zidane akhirnya diangkat jadi pelatih Real Madrid, menggantikan Rafael Benitez. Selama membesut El Real, Zidane mempersembahkan tiga gelar Liga Champions secara beruntun. Dia kemudian mundur pada akhir musim 2017-2018.

Namun, Real Madrid kemudian mengalami krisis saat dipegang Julen Lopetegui dan Santiago Solari. Zidane akhirnya didaulat kembali menjadi pelatih Real Madrid pada Maret 2019. Pada musim 2019/2020, Zidane mengantar Real Madrid menjuarai La Liga.

Saat ini, ada beberapa yang masuk kategori itu. Sebut saja Frank Lampard di Chelsea, Mikel Arteta di Arsenal, dan Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Ada juga Simone Inzaghi di Lazio dan Diego Simeone di Atletico Madrid.

Saat masih menjadi pemain, sosok-sosok tersebut menorehkan berbagai prestasi bersama mantan klubnya. Namun, saat berganti peran menjadi pelatih tidak semuanya menuai kesuksesan. 

Berikut 5 pelatih yang sukses melatih mantan klubnya termasuk Zinedine Zidane di Real Madrid.

#Naskah Spotlight: Visiola Elianingtyas (*)

Video Populer

Foto Populer